--> Skip to main content

Cara Cerdas Menentukan Produk yang akan dijual di Toko Online

Tak bisa dipungkiri bisnis online dengan segala kelebihannya masih menjadi daya tarik bagi para wirausaha untuk menekuninya salah satu jenisnya  bisnis toko online.Bagaimana tidak dengan modal yang tidak terlalu besar siapapun bisa membuka toko online produk yang dijualpun banyak ragamnya.Namun masalah yang terkadang muncul akibat banyaknya pilihan produk yang akan dijual ditoko online yaitu menentukan produk yang tepat.Bagi pemula hal ini tentu sangat membingungkan akhirnya hanya sebatas menjadi rencana-rencana yang tak kunjung terealisasi.Jika anda termasuk orang yang masih bingung menentukan produk yang akan dijual ditoko online informasi berikut ini bisa membantu anda untuk menemukan produk yang tepat.

Cara Bisnis Online
Produk yang mudah dijumpai dipasaran

1.Uji Pasar terlebih dahulu.Sebelum membuat sebuah toko online yang profesional sebaiknya tes pasar terlebih dahulu dilapak online gratisan seperti di tokopedia,kaskus,olx coba amati sambutan konsumen jika responnya bagus atau banyak peminatnya baru anda membagun sebuah toko online.Dengan cara ini anda bisa menghindari kerugian akibat sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membuat toko online namun hasilnya kurang memuaskan.

2.Amati persaingan.Jumlah toko online semakin hari semakin meningkat namun terkadang produk yang dijual tidak jauh berbeda sehingga menimbulkan persaingan yang ketat.Inovasi perlu dilakukan agar produk anda  terlihat lebih menarik dibandingkan dengan produk sejenis.

3.Produk Unik.Umumnya alasan konsumen membeli barang secara online karena produknya  tidak mudah ditemukan di pasar offline.Riset kecil-kecilan bisa anda lakukan berdasarkan pengalaman pribadi atau tetangga misalnya Anda akan membeli suatu produk namun setelah mencari kemana-mana tak kunjung ditemukan.Bahkan jika perlu anda bisa memproduksi produk sendiri sehingga lebih mudah menentukan desainnya misalnya kostum bola,seragam kantor,Kaos Oblong dan lain-lain.

4.Perhatikan Ongkos Kirim.Pemasaran secara online akan sangat mengandalkan jasa pengiriman dan saat ini cukup mudah untuk menemukan jasa pengiriman misalnya PT.Pos,JNE ,TIKI atau DHL.Biasanya jasa pengiriman menerapkan tarif per Kg dan jarak tempuh ke konsumen semakin berat produk atau semakin jauh alamat yang dituju otomatis ongkos kirimnya semakin mahal.Jika harga barang dibandingkan dengan ongkos kirimnya selisihnya sedikit misalnya harganya Rp.50.000 ongkos kirimnya Rp.25.000 tentu konsumen akan merasa keberatan.

5.Hindari menjual barang yang harganya murah.Setiap konsumen yang membeli produk secara online pasti mengharapkan produk yang berkualitas dan tentunya harga menjadi acuan semakin mahal semakin berkulitas walaupun tidak selamanya benar.Oleh karena itu anda perlu riset harga pasaran terlebih dahulu jangan sampai produk yang anda tawarkan harganya jauh dari harga pasaran.

6.Pilih Produk yang tidak menimbulkan banyak pertanyaan.Jualan secara online membutuhkan proses yang serba cepat jangan sampai ketika konsumen sudah tertarik dengan produk yang anda tawarkan batal membeli hanya karena spesifikasi produknya tidak jelas atau masih banyak menimbulkan pertanyaan. Bayangkan betapa repotnya anda jika setiap konsumen yang akan membeli selalu bertanya ini dan itu.

Bagaimana sekarang apakah anda sudah memiliki gambaran produk mana yang akan anda pilih?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar