Tuesday, March 17, 2015

8 Barang Toko Kelontong yang Tahan Lama

author photo
8 Barang Toko Kelontong yang Tahan Lama-Salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh seorang yang akan memulai sebuah bisnis adalah faktor resiko jika resikonya kecil  dan hasilnya menjanjikan inilah yang paling cook untuk dirintis namun jika resikonya besar misalnya saja menyebabkan habisnya modal tentu bisnis seperti ini wajib dihindari.Salah satu bisnis yang resikonya kecil namun cukup menjanjikan yaitu bisnis toko kelontong bagaiman tidak caranya yang relatif cukup mudah dan barang-barang yang dijual ditoko kelontong hampir sebagian besar merupakan barang kebutuhan sehari-hari artinya banyak dibutuhkan orang sebut saja seperti beras,telor,minyak,gula pasir,sabun,gas dan lain-lain.

Bisnis Toko kelontong
Barang yang sering dicari pembeli

Itulah salah satu alasan mengapa orang mudah tertarik untuk menekuni bisnis toko kelontong dan fakta dilapangan menunjukkan semakin hari semakin bertambah jumlah pelaku bisnis ini. Bahkan tak jarang lokasi antar pelaku bisnis ini saling berdekatan sehingga menimbulkan aroma persaingan yang sangat ketat.Meskipun bisnis ini mudah dilakukan oleh siapa saja namun bukan berarti pelaku bisnis ini bisa semaunya artinya tetap dibutuhkan strategi yang tepat agar terhindar dari kerugian.Salah satu strategi yang patut diperhatikan yaitu pemilihan barang toko kelontong anda tidak boleh asal belanja,memangnya kenapa?bukannya semakin lengkap semakin bagus?memang betul namun yang menjadi pertanyaan apakah semua barang barang toko kelontong tersebut tahan lama?Perlu anda ketahui ada barang-barang yang bersifat tahan lama ada pula yang sebaliknya mudah rusak.Untuk barang barang yang tahan lama tentu tidak menjadi masalah namun jika yang mudah rusak tentu harus anda perhitungkan ketika berbelanja.

Tulisan ini terinspirasi dari tetangga saya yang baru saja merintis toko kelontong saya amati tokonya lumayan lengkap namun ada yang menurut saya kurang tepat yaitu tetangga saya tersebut menyediakan barang barang yang cepat rusak dalam jumlah yang besar misalnya telor sampai 3 peti,beras sampai berkarung-karung,gula merah,terigu.Penjelasannya seperti ini misalnya saja telor jika lebih dari seminggu kondisinya jadi kurang bagus hal tersebut ditandai dengan kuning telor yang sudah encer jika tak kunjung laku akan menjadi rusak/bau kemudian beras jika tidak cepat laku akan berkutu kemudian terigu juga demikian akan berkutu lalu gula merah akan menjadi lembek.

Jika anda ingin membuka toko kelontong  cara yang aman adalah menyediakan barang barang toko kelontong yang tahan lama terlebih dahulu jika toko anda sudah dikenal/sudah berjalan baru sedikit demi sedikit anda menyediakan barang barang yang tidak tahan lama.Dengan menerapkan strategi ini toko anda akan terhindar dari resiko kerugian yang cukup besar.Pertanyaannya barang-barang toko kelontong apa sajakah yang bisa tahan  lama?berikut ini informasi selengkapanya:

1.Gas Elpiji.
Barang ini termasuk barang yang paling dicari pembeli terutama yang ukuran 3 Kg apalagi sejak konversi minyak tanah ke gas otomatis tidak ada pilihan bahan bakar lain selain gas elpiji.Jika anda ingin berjualan gas elpiji anda harus beli tabung kosongnya terlebih dahulu harganya kurang lebih Rp.135.000/tabung yang bisa anda dapatkan dipangkalan gas elpiji 3 kg.Untuk pasokannya bisa anda dapatkan langsung dari pangkalan atau sub pangkalan/grossir namun untuk harga yang termurah sebaiknya langsung ke pangkalan.Meskipun barang ini cepat laku namun bukan tanpa masalah berdasarkan pengalaman saya menekuni bisnis toko kelontong ada kalanya pasokan gas elpiji 3 kg terhambat sehingga stoknya menjadi langka Baca : Untung Rugi Bisnis Gas Elpiji 3 kg.

2.Aqua Galon.
Barang ini juga sering dicari pembeli khususnya didaerah perkotaan apalagi didaerah yang air tanahnya jelek otomatis kebutuhan air minum sangat tergantung pada air kemasan galon meskipun saat ini banyak bertebaran Depot air minum isi ulang namun aqua galon masih menjadi pilihan utama untuk kebutuhan air minum.Sama seperti gas elpiji 3 kg untuk bisa berjualan aqua galon harus memiliki galon kosong dulu harga tidak mahal sekitar Rp.30000/galon.Untuk pasokan bisa anda peroleh langsung keagen resmi atau bisa juga ke grosir.Meskipun barang ini tahan lama namun bukan berarti tidak ada batasan waktu seperti makanan/minuman kemasan pada umumya yang memiliki masa expired aqua galon juga mempunyai masa kadaluarsa hanya saja jangka waktunya cukup lama bisa mencapai 2 tahun.

3.Minuman kemasan.
Dipasaran banyak tersedia berbagi jenis dan merk minuman kemasan dari air mineral kemasan sampai minuman rasa misalnya teh,buah,isotonik,penyegar dan lain-lain.Meskipun ada masa kadaluarsanya namun cukup lama misalnya minuman rasa teh bisa mencapai 9 bulan apalagi untuk air mineral bisa mencapai 2 tahun.Meskipun demikian ada juga minuman kemasan yang masa kadaluarsanya cukup singkat biasanya untuk minuman yang mengandung susu contoh kopi susu granita tidak lebih dari 3 bulan.

4.Kebutuhan MCK(Mandi Cuci Kakus)
Barang ini merupakan barang kebutuhan sehari-hari mulai dari sabun mandi,shampo,sabun colek,deterjen,pewangi hingga pasta gigi.Meskipun bukan makanan jangan salah ada beberapa jenis barang yang mencantumkan masa kadaluarsa seperti sabun mandi tapi tenang saja panjang masa pakainya bisa mencapai 2 tahun.Rata-rata barang tersebut mudah ditemukan diagen toko kelontong sehingga anda tidak akan  menemui kesulitan untuk mendapatkannya.

5.Alat-alat tulis.
Jika dilokasi anda berdekatan dengan sekolah atau banyak anak-anak usia sekolah tidak ada salahnya untuk menyediakan alat alat tulis seperti buku tulis,buku gambar,pensil,penghapus,pulpen ataupun penggaris.Meskipun barang barang ini tahan lama namun yang perlu anda perhatikan adalah cara penyimpannnya hindarkan dari sinar matahari langsung atau diletakkan ditempat yang tertutup misalnya dietalase sehingga tidak kotor kena debu.Cara mendapatkannya agak sedikit susah karena tidak semua agen toko kelontong menyediakan jika memang demikian keadaanya silahkan anda mencari grosir alat alat tulis.

6.Alat-alat listrik.
Toko kelontong menjual alat-alat listrik bukanlah sesuatu yang baru banyak toko kelontong yang menjual alat-alat listrik hanya saja tidak selengkap ditoko listrik.Biasanya yang disediakan hanya lampu hemat atau bohlam.Meskipun bukan kebutuhan pokok namun ada saja yang membutuhkannya.Untuk mendapatkannya biasanya tersedia di agen toko kelontong namun hanya sebatas lampu hemat bila anda menginginkan yang lengkap anda bisa mencari ke grosir khusus alat-alat listrik.

7.Sandal jepit.
Barang ini banyak digunakan untuk aktifitas sehari-hari dirumah karena harganya yang murah dan enak untuk dipakai baik untuk anak anak sampai orang tua.Biasanya kalau penggunaannya wajar sandal jepit lumayan awet namun masalah yang timbul sehingga harus ganti yang baru yaitu terkadang hilang atau tertukar ketika dipakai ke masjid.Terutama untuk anak-anak terkadang sering hilang atau mudah rusak karena dipakai untuk lari-lari.Barang ini agak susah untuk mendapatkannya karena jarang-jarang agen toko kelontong menyediakan sandal jepit.Anda bisa langsung berbelanja ke grosir khusus sandal.

8.Pulsa Elektrik.
Saat ini pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok oleh karena itu rugi jika tidak menyediakan karena selain bisa digunakan untuk mengisi pulsa handphone pulsa elektrik bisa juga digunakan untuk mengisi pulsa listrik PLN/token.Caranya juga mudah anda tinggal mendaftar ke distributor pulsa kemudia deposit sejumlah uang selanjutnya anda sudah bisa berjualan pulsa.Baca : Cara mendapatkan pulsa murah.Meskipun menggunakan sistem deposit jangan kuatir jika pulsanya tak kunjung habis karena tidak akan hangus.

Sampai disini dulu Informasi tentang 8 Barang toko kelontong yang tahan lama mudah-mudahan bermanfaat untuk bisnis anda.Jika anda ingin menambahkan silahkan komentar.

This post have 26 komentar

avatar
Suhendri Mr delete March 18, 2015 at 3:15 AM

nice artikel. dengan tahu salah satu barang toko kelontongan yang tahan lama seperti sobat posting ini, kiranya masyarakatpun bisa mensikapi sampah terkait agar tidak mengganggu lingkungan

Reply
avatar
Wida Zee delete March 18, 2015 at 8:49 AM

Sekarang malah gas elpiji yang ukuran 3 kilo malah jarang ada di warung atau toko kelontongan dan makin mahal pula x____x

Reply
avatar
Hary Wardiansyah delete March 18, 2015 at 1:10 PM

Aqua galon sama pulsa elektrik bisa dikatakan lebih efektif deh buat bkin toko kelontongan kang, rasanya utk gas elpiji apalgi yg 3kg sekarang malah tambah susah dan mahal aja

Reply
avatar
Ibrahim M.Pd.I delete March 18, 2015 at 1:36 PM

kalau pulsa elektrik itu menurut saya tergantung pemakaian ya mbak, sebab kalau saya biasanya sering habis tu karena keasyikan nelpon heehee

Reply
avatar
denny aditia delete March 18, 2015 at 1:42 PM

iya mba agak susah cari si melon sekarang di tokok kelontongan di tempat saya naik 5ribu dah

Reply
avatar
Wahab Saputra delete March 18, 2015 at 1:49 PM

sendal jepit emang selalu eksis...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 18, 2015 at 2:54 PM

Bener mas disini juga masih susah padahal barangnya cepet laku

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 18, 2015 at 2:56 PM

pulsa elektrik nggak ada matinya mas ada aja yang beli

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 18, 2015 at 3:04 PM

Betul mas eksis habis bahkan ada satu merk yang sudah ada sejak saya masih kecil

Reply
avatar
Hary Wardiansyah delete March 18, 2015 at 3:46 PM

sudah jadi kebutuhan pokok kali mas :D.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 18, 2015 at 4:23 PM

Wadeuh...foto saya kurang macho kali ya,,,100%cowok tulen wkkkwkk

Reply
avatar
denny aditia delete March 18, 2015 at 5:07 PM

kira" knp ya kok gitu apa disuruh beli yg 12kg kali

Reply
avatar
Rianda Prayoga delete March 18, 2015 at 5:24 PM

Gas elpiji sekarang uda gak tahan lama. Blum sempat majang di toko, gasnya uda habis..

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 18, 2015 at 7:42 PM

Kok bisa gitu bocor kali mas...

Reply
avatar
Devy Indriyani delete March 19, 2015 at 8:38 AM

benar-benar...ke-8 barang-barang diatas tidak ada batasan kadaluarsa ya mas, gak kepikiran kesan, artikelnya unik juga tetapi sangat meng-inspirasi.
jadi tidak takut rugi kalau barang gak laku atau lama laku, barang tidak akan menurun kualitasnya dan tidak expiredate

Reply
avatar
Sucipto Kuncoro delete March 19, 2015 at 8:49 AM

bener banget nih, bisa dicoba buat yang mau buka warung.. :)

Reply
avatar
Em Albar delete March 19, 2015 at 9:31 AM

nah besok kita buat warung yang begituan, hahahaha

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 19, 2015 at 11:29 AM

Begitulah mba kalau menerapakan cara ini tidak perlu kuatir barangnya akan rusak

Reply
avatar
Marnes Kliker delete March 19, 2015 at 11:39 AM

wah sendal jepit termasuk juga ya, saya selalu setia menggunakan sendal jepit :D

Reply
avatar
Marnes Kliker delete March 19, 2015 at 11:40 AM

yang begituan yang gimane coba?

Reply
avatar
Achmad Fazri delete March 19, 2015 at 2:50 PM

Kalo usaha Galon sama elpiji bukannya di Pinjemin oleh pihak distributornya ya mas, Kalo harus beli tabung dan galon, berarti butuh modal yg besar ya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 19, 2015 at 3:27 PM

Umumnya harus beli dulu mas kecuali gas 3 kg kadang ada yang berani minjemin teruama untuk pangkalann yang baru

Reply
avatar
Achmad Fazri delete March 19, 2015 at 4:20 PM

Oh gitu ya, berarti harus punya kenalan dekat, supaya ada yang mau minjemin tabung gas. Saya Pengen usaha sampingan yang penghasilannya tidak apa apa sedikit tapi laku setiap hari. apalagi banyak pelanggan.

Reply
avatar
Abdullah Al Pinrany delete March 23, 2015 at 10:40 AM

wah sandal jepit itu tahan paling lama tapi dah beli begitu pake langsung lenyap

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement