--> Skip to main content

Hati-hati Mencari Backlink Utamakan yang Berkualitas

Bagi seorang blogger mencari backlink berkualitas merupakan keharusan terutama jika blognya masih baru dan menurut saya kegiatan mencari backlink sangat membutuhkan konsistensi tidak hanya sekali atau dua kali tapi berkesinambungan sehingga cukup menyita waktu.Ada berberapa cara untuk mendapatkan backlink diantaranya mensubmit artikel ke social bookmark,membuat link profil/Guest post,backlink dari web 2.0,backlink dari social media atau komentar di blog do follow.Cara-cara tersebut sering direkomendasikan oleh para blogger profesional.Baca juga : 10 Cara Mendatangkan Traffik Non Organik
 
Namun terkadang karena ingin serba cepat sebagian blogger lebih memilih jalan pintas misalnya membeli backlink atau menggunakan backlink generator hasilnya mungkin cepat terlihat namun pertanyaannya apakah berkualitas? Sebab berdasarkan informasi yang saya baca search engine(terutama google) kini lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas oleh sebab itu backlink yang memiliki nilai lebih dimata google hanyalah backlink yang relevan,kontekstual dan berasal dari authority site.

backlink berkualitas
Pernah mencoba backlink generator? Kabarnya merupakan salah satu cara instan untuk mendapatkan ribuan backlink.Saya termasuk orang yang penasaran untuk mencoba backlink generator tersebut pertimbangannya katanya cara tersebut aman dan cukup mudah tinggal masukkan url kemudian klik generate.Akhirnya saya lakukan cara mendapatkan backlink tersebut.Bagaimana hasilnya? Beberapa hari setelah menggunakan backlink generator tersebut saya cek ke webmasters ternyata belum menampakkan hasil semenjak itu saya tidak berusaha untuk mengecek jumlah backlink lagi.

Beberapa hari yang lalu ketika saya mengecek perkembangan blog melalui dashboard blogger mulai tampak adanya keanehan yaitu ketika saya mengecek sumber lalu lintas blog ini.Hal itu ditandai dengan adanya URL perujuk yang tidak saya kenal karena biasanya URL perujuk berasal dari Google,Google plus atau blog berplatform Wordpress yang saya kunjungi(Blog walking) karena pada fitur komentarnya menggunakan name/URL.Karena penasaran saya coba cek URL tersebut dan hasilnya sungguh diluar dugaan bahkan mengerikan ternyata beberapa URL tersebut merupakan situs pornografi Astaghfirullah…Gumam saya.


Dalam pikiran saya waktu itu wah bisa gawat nih kalau dibiarkan akan mengancam kelangsungan blog  saya dan akun adsense juga bisa terancam.Dipikir-pikir kok bisa?Padahal selama ini yang saya lakukan untuk mencari backlink hanya dengan blog walking pernah melalui facebook tapi pas awal-awal saja setelah diterima adsense tidak saya lakukan lagi.Akhirnya saya teringat pernah mensubmit URL blog ke backlink generator dugaan saya langsung mengarah kesana.

Sebelum semuanya terlambat terutama untuk keamanan akun adsense saya akhirnya saya memutuskan untuk menganti domain baca selengkapnya: Domain baru semangat baru,Welcome to Mediakompilasi.com walaupun saya sebenarnya sudah lama merencanakan mengganti domain yaitu sejak  blog ini diterima google adsense namun keputusan finalnya setelah saya mengalami kejadian tersebut.

Kesimpulannya mencari backlink sebanyak banyaknya boleh-boleh saja namun dengan catatan carilah cara yang aman yang telah drekomendasikan blogger yang lebih berpengalaman salah satu caranya dengan mendaftarkan blog ke web directory (Direktori web gratis).Hindari cara-cara yang tidak lazim atau tidak banyak dilakukan oleh blogger professional terutama  jika anda publisher adsense harus teliti.Mudah kok untuk mengetahuinya anda tinggal mengunjungi blognya para master karena sudah banyak yang membahasnya atau bisa juga bertanya langsung ke forum forum perbloggingan.Lebih baik sedikit tapi berkualitas dari pada banyak tapi abal-abal,Setuju?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar