Tutorial, Review, Tips&Trik

Lulus SMP Melanjutkan Kemana SMU atau SMK?

Sebentar lagi adik-adik kita di SMP akan lulus sekolah dan sebagian besar siswanya pasti menginginkan bisa melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi lagi.Disinilah yang sering membuat kebimbangan bagi sianak apalagi orang tua murid.Bagi sianak tentunya belum memiliki gambaran yang jelas sekolah mana yang terbaik bagi dia.Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing/mengarahkan sekolah yang tepat bagi anaknya.Jangan sampai hanya berdasarkan kemauan sianak saja bisa saja anak tak berpikir panjang yang penting sekolah apalagi hanya sekedar ikut-ikutan teman-temannya saja tanpa pertimbangan yang matang.

Lantas bagaimanakah sebenarnya langkah yang bijak dari orang tua untuk menentukan sekolah yang tepat bagi anaknya? Penjelasan singkat berikut ini bisa dijadikan acuan.

1 . Perhatikan  kemampuan finansial anda apakah cukup memadai untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang kuliah untuk anak anda atau tidak.Jika memang kemampuannya hanya sampai SLTA.Berdasarkan pengalaman saya lebih baik anak anda melanjutkan ke SMK karena lulusan SMK merupakan tenaga terampil siap pakai dan siap kerja.Jika anda memaksakan diri untuk menyekolahkan anaknya ke SMU kemudian tidak bisa kuliah dan memilih bekerja maka lapangan kerjanya sangat terbatas karena tidak memiliki keahlian paling-paling ditempatkan dibagian operator produksi dan lebih repotnya lagi perusahaan-perusahaan sekarang ini banyak menerapkan sistem kerja kontrak(outsourching) sehingga tidak bisa diandalkan bahkan tak jarang setelah kontrak nya habis tak kunjung menemukan pekerjaan baru.

Berbeda jika anak anda sekolah di SMK misalnya jurusan teknik mesin kemudian bekerja kemungkinan akan mendapatkan posisi yang sesuai dengan keahliannya bahkan tak jarang jika anak anda bekerja diperusahaan asal Jepang kemudian prestasinya bagus akan mendapat kesempatan untuk dikirim ke Jepang.Namun jika memang anak anda belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai diperusahaan peluang usaha lain masih terbuka misalnya buka bengkel atau bekerja di usaha perorangan.

2 Jika memang kemampuan finansial anda bagus maka melanjutkan ke SMU tentu akan lebih baik karena lulusan SMU memang dipersiapkan untuk melanjutkan kuliah.Bagaimanapun juga jika anak anda bisa kuliah lapangan pekerjaannya lebih luas dan baik dibandingkan dengan lulusan SMK apalagi jika jurusan mata kuliah yang diambil merupakan jurusan favorit misalnya tehnik sipil,tehnik kimia,tehnik informatika lapangan kerjanya semakin terbuka.

Semoga saja anda bisa menentukan sekolah yang tepat untuk anak anda selepas lulus SMP nanti.

2 comments:

  1. lebih baik ke smk sih, soalnya sma sama smk pas keluar mudahan lulusan smk dalam mencari kerja.tapi tergantung rejeki juga sih.hehe

    ReplyDelete
  2. meski saya lulusan SMA namun saya merekomendasikan untuk smk karena dilatih untuk siap bekerja

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB