Thursday, June 25, 2015

Ngabuburit Ala Warga Perumahan

author photo
Ngabuburit Ala Warga Perumahan-Tradisi dibulan Ramadhan yang sampai saat ini masih melekat khusunya bagi warga Jawa Barat adalah tradisi ngabuburit.Istilah ngabuburit sendiri berasal dari bahasa sunda yang kurang lebih artinya menanti datangnya waktu magrib.Biasanya ngabuburit dilakukan dengan cara keluar rumah atau jalan jalan sore baik perorangan maupun berkelompok menuju alun-alun atau pusat-pusat keramaian.

Terlepas apaun istilahnya kegiatan menunggu datangnya waktu maghrib menjadi pemandangan sehari-hari selama bulan ramadhan.Hanya saja setiap daerah tentu berbeda-beda tujuan ngabuburitnya jika dekat dengan alun-alun tentu akan pergi kesana.Saya jadi teringat ketika masih tinggal di Bandung saya paling suka pergi ke Lapangan Gazibu tempatnya asyik banget baik untuk sekedar nongkrong atau berburu kuliner khas Bandung.

Berbeda lagi untuk warga yang tinggal diperumahan padat pendunduk seperti yang sekarang saya tempati praktis ruang terbuka untuk publik sudah sangat terbatas sekali boro-boro ada alun-alun sekedar taman saja sudah cukup sulit untuk dijumpai.Namun karena keinginan ngabuburit dari warga perumahan apapun bisa dilakukan salah satu caranya dengan berkeliling perumahan menggunakan motor.Kebetulan perumahan kami memiliki akses jalan menuju gerbang perumahan yang lumayan panjang dan disamping itu terdapat pusat keramaian jadi sekali putaran bisa memakan waktu 15-20 menit.Menariknya dipusat keramaian itu jika dibulan puasa Ramadhan diadakan bazar Tajil Ramadhan.Baca selengkapnya :  Video Ramainya Bazar Tajil Ramadhan On The Road

Wajar saja jika kemudian ketika menjelang waktu berbuka puasa jalan-jalan menjadi padat terutama dipusat keramaian karena banyak yang berhenti disitu untuk berburu tajil ramadhan sehingga terlihat ramai tidak seperti hari-hari biasa.Saya sempat mengabadikan momen-momen keramaian ngabuburit ala warga perumahan tersebut menggunakan kamera.Bagi saya peristiwa tersebut sayang untuk dilewatkan begitu saja karena hanya terjadi setahun sekali.

Bagaimana suasana ngabuburit didaerah anda apakah cukup meriah?

pengertian ngabuburit
Pusat keramaian tempat warga perumahan berburu tajil Ramadan

Pengertian Ngabuburit
Jalanan penuh sesak oleh kendaraan bermotor menjelang waktu berbuka

This post have 18 komentar

avatar
Hendra Alfarisi delete June 25, 2015 at 10:00 AM

Itulah hebatnya suasana saat sore hari selama Ramadhan. Kalo hari biasa sepi, jadi nggak seru lagi kalo sore. Tempat saya juga rame banget Mas Dwi, tapi belum sempat saya posting...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 25, 2015 at 10:21 AM

Ayo Mas dibikin postingan jangan sampai lewat.Tadinya saya juga asal jeprat jepret kamera dari pada disimpan doang mending ditampilin diblog itung itung tempatnya jadi populer

Reply
avatar
hendri hendriyana delete June 25, 2015 at 10:31 AM

bulan ramadhan kayanya cocok banget buat jualan,soalnya liat keramaian gtu pikirannya ke dagang :D

Reply
avatar
Alya Dewina Maryam delete June 25, 2015 at 10:44 AM

yups, itu yang paling saya tunggu saat ramadhan, berburu ta'jil dan ngabuburit sambil cuci mata *astagfirulloh* hihi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 25, 2015 at 11:03 AM

Wajar berpikiran seperti itu mas namanya juga orang dagang pasti bisnis melulu yang dipikiriin

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 25, 2015 at 11:04 AM

Kagak ada bosannya ya mba padahal tiap tahun ada namanya juga tradisi nggak enak kalau nggak dikerjain

Reply
avatar
Hajir ™ delete June 25, 2015 at 12:35 PM

suasana ramadhan memang paling menyenangkan, sorenya bukan lagi buat santai santai tapi buat berburu tajil di pasar ramadhan

Reply
avatar
Defa Ramadhani delete June 25, 2015 at 1:25 PM

kalo di daerah saya, pasti saja rame pengunjung di taman bermain sama di alun2,
yang paling banyak itu jualan makanan pas sore2, pokonya hal yang paling seru saat ramadhan berburu makanan, sama solat tarawih dan shaur, ramadhan memang indah

Reply
avatar
Reo Adam delete June 25, 2015 at 11:06 PM

kalo saya ngabuburit paling asyik ya jalan ke bazar ramadhan,pemandangan beraneka jenis makanan yang menggoda iman itu yang jadi daya tarik.

Reply
avatar
Defi Purnama delete June 26, 2015 at 12:50 AM

Ngabuburit memang telah menjadi tradisi saat bulan ramadhan ya mas, jalan-jalan atau sekadar membeli makanan untuk berbuka

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 26, 2015 at 9:02 AM

Sudah menjadi tradisi dimana-mana ya mas setiap mau buka puasa banyak yang ngabuburit sambil berburu tajil

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 26, 2015 at 9:04 AM

Pasti asyik dong dekat dengan alun alun bisa ngabuburit disitu apalagi banyak yang jualan makanan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 26, 2015 at 9:06 AM

Kalau lagi puasa lihat makanan yang enak enak jadi hilang lemesnya ya mas apalagi menjelang berbuka

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete June 26, 2015 at 9:08 AM

Iya mas suasananya jadi berbeda dengan hari hari biasa

Reply
avatar
hendri hendriyana delete June 26, 2015 at 9:51 AM

cuman bulan ramadhan aja yang kaya gini ramenya.beres bulan ramadhan biasa lagi.ga seru..

Reply
avatar
Dewii Ainul Mardhiah delete June 26, 2015 at 12:55 PM

kalau bertemu bulan ramadhan, paling gaa bisa diem dirumah kalau ga ngebuburit sambil nyari makanan yang aneh buat berbuka puasa :)

Reply
avatar
Ipah Kholipah delete June 26, 2015 at 3:56 PM

biasanya aku ngabuburit ke taman sambil nungguin magrib hehe

Reply
avatar
aank pudin delete November 13, 2015 at 4:28 PM

Di dekat tempat tinggal saya waktu ngabuburit sepanjang jalan selalu ramai orang yang hendak berburu tajil untuk berbuka

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement