Tutorial, Review, Tips&Trik

Pentingnya Menyusun Jadwal Ngeblog yang Efektif

Pentingnya Menyusun Jadwal Ngeblog yang Efektif-Inti dari aktivitas ngeblog tak lain tak bukan adalah menulis artikel sehingga ngeblog sangat identik dengan kegiatan menulis.Namun terkadang menulis artikel justru terabaikan oleh blogger itu sendiri,kok bisa?hal ini bisa terjadi karena kegiatan ngeblog tidak didasari dengan jadwal yang efektif mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dilakukan belakangan contoh ketika anda pertama kali menghidupkan komputer yang anda lakukan pertama kali membuka facebook terlebih dahulu saya yakin anda akan terlena tidak terasa ternyata waktu terlewat begitu cepat akibatnya ketuka anda akan menulis artikel anda sudah merasa bosan duluan atau malas untuk menulis.

Jadwal Blogging

Jika anda menginginkan kegiatan ngeblog anda bisa berjalan dengan efektif anda perlu menyusun jadwal ngeblog dan anda harus berkomitmen untuk melakukannya sesuai dengan jadwal yang sudah anda susun.Jika anda melakukan kegiatan ngeblog sesuai jadwal saya yakin anda akan produktif menulis.Saya sendiri selalu berusaha menepati jadwal yang sudah saya susun dan terbukti bisa lebih produktif dalam menulis dan bila saya mengabaikannya saya sering kesulitan untuk membuat artikel.Lalu bagaimana cara menusun jadwal ngeblog yang efektif?Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1.Dahulukan menulis artikel saat pertama kali menghidupkan komputer.
Hal ini perlu dilakukan karena pikiran masih fresh belum terpengaruh hal- hal lain sehingga menulis jadi lebih mudah jangan buka browser terlebih dahulu.Jika anda ingin mencari referensi diinternet sebaiknya dilakukan sebelum menulis artikel sehingga anda bisa lebih fokus menulis dan lebih hemat kuota internet.Setelah artikel selesai dibuat baru kemudian buka dashboard blogger segera terbitkan.Baca Juga : Temukan Waktu Produktif Menulis Anda Sekarang Juga!

2.Membalas komentar pengunjung blog.
Bagaimanapun juga komentar memiliki arti penting bagi kemajuan blog anda oleh karena itu setelah anda menerbitkan artikel usahakan selalu membalas komentar apalagi jika komentar tersebut berupa pertanyaan wajib untuk dijawab karena jika tidak pengunjung akan kecewa dan bisa saja jadi enggan untuk berkunjung kembali.Dengan membalas komentar menandakan anda aktif dalam ngeblog sehingga blog anda layak untuk dikunjungi.Baca Juga : Tak Mau Komentar Balik Termasuk Blogger Sombong?

3.Blogwalking
.
Sudah menjadi aturan tak tertulis jika ada blogger yang berkomentar diblog anda maka sebaiknya anda berkunjung balik ke blog tersebut jika tidak jangan harap blogger tersebut akan berkunjung kembali.Blog walking bisa anda lakukan setelah anda membalas komentar.Bagaimanapun juga anda tetap membutuhkan sosialisasi dengan blogger lain apalagi jika blog anda masih baru.Contohlah blogger-blogger yang sudah sukses seperti kang jumanto atau Ibrahim Lubis mereka masih tetap melakukan blogwalking

4.Buka facebook/social,cek statistik,email.
Setelah anda melakukan ke-3 hal diatas barulah anda melakukan hal-hal lainnya seperti buka social media,cek statistik blog,cek earning,cek email masuk,cari referensi artikel atau bisa juga mengunjungi blog-blog otoritas untuk meningkatkan kemampuan ngeblog anda

Demikian informasi tentang Pentingnya Menyusun Jadwal Ngeblog yang Efektif yang berdasarkan pengalaman pribadi dan mungkin saja keadaannya berbeda dengan anda.Punya pengalaman lain?senamg sekali jika anda mau berbagi disini.

19 comments:

  1. Saya si tidak ada jadwal pasti Mas Dwi, saya masih pake prinsip alon-alon asal kelakon. Tapi nyari ide nda pake jadwal tetep rajin hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alon alon boleh sih mas tapi jangan terlalu ya tar gak posting posting deh :)

      Delete
  2. Kalau saya sih gak ada jadwal yang pasti, sesuai kehendak hati aja, maklum blog pribadi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sih dibiasakan terjadwal mas biarpun blog pribadi tetap saja harus diurus.Justru blog pribadi harus serius mas karena menyangkut personal branding

      Delete
  3. saya biasanya buka blog dulu kang. lihat komentar jawab. abis itu berkunjung lagi. tapi belum terjadwal. masih se enaknya udel aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih pengin bebas ya mas nggak mau terikat.It's your choice :)

      Delete
  4. kalau sudah dijadwal akan jadi lebih mudah ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas blogging jadi lebih efektif arahnya jelas

      Delete
  5. Kalo pertama browsing, saya langsung blogger Mas, soalnya saya jarang banget buka sosmed lewat PC. Seperti biasa, saya nulis blog di application bloggeroid di hape, kalo mau editing banyak atau publish artikel, baru biasanya lewat PC.

    Saya juga pernah blogwalking ke beberapa blog, ada yang mereka kunjungan balik ke blog saya, ada juga yang nggak. Bahkan komentar saya aja nggak dibalas di blog tersebut. Saya jadi malas blogwalking ke blog itu lagi. Sorry Mas, malah curhat.

    Tapi memang benar, blogwalking itu the spirit of blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih efektif kalau langsung posting ya mas :) jadi lebih produktif

      Delete
  6. kalau saya ndak pernah terjadwal, tp kalau buka pc pasti yang saya tuju blog terlebih dahulu sebelum ke sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum mungkin selalu sibuk di offline ya mas

      Delete
  7. Yang tidak pernah saya lupakan itu adalah blogwalking mas, sebab itu perlu bagi saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau urusan Blogwalking Percaya deh sama mas Ibrahim :) komentarnya ada dimana-mana dan nggak pilah pilih

      Delete
  8. Saya pribadi setiap hari biasa mendahulukan dulu membalas komentar terus bikin posting setelah itu blogwalking sampai kepala puyeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya berarti lebih mengutamakan membalas komentar ya mba.Salut deh perlu dicontoh

      Delete
  9. Sepertinya saya perlu menjadwal update posting supaya lebih terencana dengan baik. Ada 2 blog Untuk blog baru lebih banyak update untuk blog lama seminggu sekali aja.

    ReplyDelete
  10. belum bisa membuat jadwal untuk sekarang karena jadwal di dunia nyatanya lagi padat jadi kadang pulang kerja udah ngantuk dan malas buat buka laptop atau nyalain komputer

    ReplyDelete
  11. Ini saya mau menjadwal ngeblog, sekalian juga jadwal temanya, nemu tulisan mas di google. TFS

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB