Thursday, July 23, 2015

Materi Belajar Elektronika Dasar untuk Pemula

author photo
Materi Belajar Elektronika Dasar untuk Pemula-Saat ini belajar elektronika dasar bukanlah perkara yang sulit jika dulu sebelum jaringan internet mudah diakses harus kursus elektronika dulu atau jika mau otodidak harus membeli buku-buku panduan tapi sekarang semua materi belajar elektronika dasar dengan mudah ditemukan diinternet dari yang berupa tutorial,video atau ebook bahkan bisa diperoleh secara gratis.Jika Anda berniat belajar elektronika dasar secara otodidak agar proses belajarnya lebih terarah dan lebih fokus alangkah baiknya mencari materi-materi elektronika dasar yang pokok terlebih dahulu setelah itu baru mempelajari materi yang lebih rumit.Berdasarkan pengalaman belajar elektronika di sekolah ataupun kursus paling tidak ada 6 materi belajar elektronika dasar yang wajib dikuasai untuk pemula.Berikut ini materi belajar elektronika dasar selengkapnya:

Komponen Eleketronika
Komponen elektronika
1.Teori dasar listrik.
Materi ini mempelajari dasar-dasar listrik seperti arus listrik,sumber-sumbernya,penggunaannya,penghantar listrik,kuat arus,hambatan,tegangan listrik,arus searah(DC) dan arus bolak balik(AC).Materi ini harus dikuasai karena dalam prakteknya belajar elektronika dasar akan selalu berhubungan dengan listrik sebagai sumber dayanya untuk menghidupkan rangkaian elektronika.

2.Peralatan kerja
Materi ini membahas tentang peralatan kerja yang dipergunakan untuk praktek seperti multimeter,solder,tang,obeng,Desoldering.Dalam prakteknya perlatan kerja perannya sangat penting karena mempermudah pekerjaan tanpa peralatan kerja yang memadai belajar elektronika khususnya praktek merangkai komponen akan menemui banyak kesulitan.Baca juga : Miliki 5 Peralatan Kerja ini Jika Ingin Belajar Elektronika

3.Komponen elektronika
.
Sebuah perangkat elektronik misalnya amplifier pada dasarnya merupakan perpaduan antara beberapa komponen elektronika yang dirangkai menjadi satu oleh karena itu jika akan belajar elektronika wajib mengetahui komponen-komponen elektronika yang ada.Komponen-komponen tersebut adalah Resistor,Kondensator,Transistor,Dioda,IC.Pengetahuan yang perlu dipelajari diantaranya bahan pembuatnya,prinsip kerjanya,simbolnya bagaimana,fungsinya untuk apa atau jenis-jenisnya apa saja.Baca juga : Komponen Elektronika yang Paling Sering Dipakai dalam Praktek

4.Menguji dan mengukur komponen elektronika.
Hal yang sangat penting dilakukan sebelum merangkai sebuah proyek elektronika(rangkaian) adalah menguji dan mengukur komponen terlebih dahulu apakah kondisinya masih bagus dan besarnya sesuai dengan kebutuhan karena jika ada salah satu komponen rusak maka rangkaian tersebut tidak akan bekerja dengan baik.Untuk menguji dan mengukur komponen elektronika diperlukan sebuah alat yang bernama multimeter(AVO meter).Oleh karenanya jika anda akan belajar elektronika wajib mempelajari cara menggunakan multimeter untuk menguji dan mengukur komponen elektronika.

5.Rangkaian Elektronika Sederhana
.
Inti dari belajar elektronika dasar adalah anda mampu merakit dan memperbaiki sebuah rangkaian elektronika namun untuk pemula sebaiknya diawali dengan rangkaian yang mudah terlebih dahulu jika sudah tahu dasar-dasarnya barulah mencoba rangkaiana yang lebih komplek.Contoh rangkaian yang sederhana adalah Lampu flip flop,Bel,Sirine.

6.Mengenal PCB.
Untuk membuat sebuah proyek elektronika selain membutuhkan komponen dibutuhkan juga metode konstruksinya atau media untuk merangkai komponennya.Media yang paling umum digunakan adalah PCB(Printed Circuit Board/Papan rangkaian tercetak) oleh karena itu Anda juga harus mempelajari PCB,Bahan baku PCB terbuat dari pertinaks yang dilapisi degnan tembaga tipis.Dipasaran sendiri tersedia PCB siap pakai untuk berbagai proyek elektronika misalnya amplifier,tone control,radio,pre amp Mic,Pemancar,power supply dan lain lain.Meskipun PCB yang sudah jadi ada anda perlu juga mempelajari cara membaut PCB sendiri karena adakalanya anda harus membuat PCB sendiri.

Setelah Anda menguasai semua materi belajar elektronika dasar diatas langkah selanjutnya adalah memperbanyak praktek membuat rangkaian-rangkaian yang lebih rumit sehingga lama kelamaan Anda akan semakin mahir dan alangkah baiknya jika anda bergaul dengan orang-orang yang sudah ahli dalam elektronika sehingga jika ada kesulitan Anda bisa berkonsultasi.

This post have 15 komentar

avatar
Nathalia Diana Pitaloka delete July 23, 2015 at 10:38 AM

klo pny anak doyan elektronika, bisa belajar sendiri di rumah ya

Reply
avatar
Mbah dinan delete July 23, 2015 at 2:03 PM

dari dulu saya belajar masalah elektronik....kayaknya hanya bisa bagian dasar aja mas...dan lumayanlah bisa utak-atik dikit hp dan instal listrik juga....heheheeee. minimal bergunaka buat keluarga....makasih mas pembelajarannya. ,saya pelajari dulu dan salam sahabat blogger.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 23, 2015 at 2:25 PM

Lumayan biar cuma dasarnya asal mau berlatih bisa mahir mas

Reply
avatar
Wong Crewchild delete July 23, 2015 at 11:34 PM

belajar dari dasar, mengingatkan kembali jaman stm :)

Reply
avatar
Blogger Tere Liye delete July 24, 2015 at 12:24 AM

dapat ilmu tentang elektro ini saat masih sekolah SMP dulu, ada dipelajaran fisika.. ingat waktuitu buat bel rumah.. kalau sekarang sudah 100% lupa.. hehee

Reply
avatar
suta igede delete July 24, 2015 at 12:52 AM

Waktu SMP pernah juga diajar membuat rangkaian elektronik sederhana yaitu lampu flipflop. Walaupun sangat sederhana tapi proses pembuatannya lumayan rumit, yang paling sulit waktu itu menyambung arus dengan timah (mungkin tembaga) panas karena jika terkait dengan arus lainnya bisa korslet jadinya. Makasih materinya Kang.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete July 24, 2015 at 8:16 AM

Bagi yang kurang minat pada elektro memang kelihatannya susah padahal sebenarnya mudah

Reply
avatar
Samsudin Syamsu delete November 10, 2015 at 11:42 AM

Mantap tuh elconya,,,jadi teringat kondensator elektronik yang njebluk,,,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 10, 2015 at 12:01 PM

Masih mending mas,,cuma njeblug saja saya pernah kesetrum elco TV mas,sampai meriang....

Reply
avatar
kang dudi delete September 15, 2016 at 11:54 AM

AsLAmuALAIikum,gan,terimakasih,untuk unilmunya,bermaanfaat buat sy,yg baru belajar tengtang tehnik elektronika,ijin share dan copy pastenya,ya,ini unttuk sy ,disimpan, dikomputer sy,terimakasih,kebetulan sy sedang belajar servuce, hp,dan playstasion, begitu,oke AsALAmuALAIkum

Reply
avatar
Muhammad Amoy delete February 25, 2017 at 5:30 PM

mas boleh nanyak gak??
aku kan ada power supply mesin tatto tapi trafonya terbakar itu trafonya bisa diganti gak mas?

Reply
avatar
Muhammad Amoy delete February 25, 2017 at 5:31 PM

mas boleh nanyak gak??
aku kan ada power supply tapi trafonya kebakar itu trafonya bisa diganti gak mas??

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 25, 2017 at 6:47 PM

Bisa cuma jenis trafonya apa dulu yang inti besi atau inti ferit kalau intiferit ( Contoh charger HP)rada susah nyarinya

Reply
avatar
Cari Rejeki delete December 11, 2017 at 1:53 AM

saya mau anak saya belajar elektronika sekalian penerapan fisika bisa dimana ya saya tinggal di tangerang selatan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 11, 2017 at 8:26 AM

ikut Kursus saja atau pelatihan lebih cepat....

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement