Senin, 27 Juli 2015

Tahun Ajaran Baru Orang Tua Kelimpungan Cari Barang Aneh

author photo
Tahun Ajaran Baru Orang Tua Kelimpungan Cari Barang Aneh-Kegiatan MOS(Masa Orientasi Siswa) merupakan tradisi pendidikan di Indonesia yang sampai saat ini masih eksis disekolah menengah pertama(SMP) atau SMU/SMK atau bahkan kuliah.Kebetulan rumah saya dekat dengan sebuah SMP Negeri sehingga tahu betul kegiatan ini.Kegiatan MOS ini bertujuan agar siswa baru lebih mengenal lingkungan sekolah mereka yang baru,program baru,cara belajar,penanaman konsep pengenalan diri siswa serta kepramukaan.MOS berlangung selama 3 atau 5 hari.Namun yang membuat kegiatan tersebut unik adalah setiap siswanya pada hari pertama masuk sekolah harus membawa /memakai barang-barang tertentu yang susah menemukan dipasaran jika tidak dipenuhi konsekuensinya akan menerima hukuman (bahasa halusnya hadiah)dari kakak kelas mereka.

mos
Suasana didepan pintu masuk sebuah SMP
Kebetulan saya punya toko sembako sehingga setiap tahun ajaran baru ada saja para orang tua yang sibuk mencari barang-barang tersebut ketoko saya dan tentu saja karena barangnya aneh saya tidak menjualnya terkadang saya sampai males melayani mereka karena memang barangya tidak ada.Seperti tahun ajaran baru tahun ini yang akan dimulai hari Senin 26 juli 2015 begitu ada orang yang mencari barang-barang yang aneh saya langsung menebak pasti buat keperluan MOS dan benar saja ketika saya tanyakan kepada pembeli tersebut ternyata memang benar untuk keperluan MOS.Biasanya yang repot para orang tua murid karena merekalah yang mencari barang-barang tersebut.

Mos
Tukang Balon kecipratan rezeki
Kemarin saya bersilaturahmi dalam rangka hari lebaran kekeluarga kakak dan kebetulan anaknya(Keponakan) menjadi siswa baru disebuah SMU Negeri sekalian saja saya bertanya kepada keponakan disuruh bawa barang yang aneh-aneh tidak?jawabnya Ya sambil memberikan surat yang berisi barang-barang apa saja yang harus dibawa.Ternyata barang yang harus dibawa kesekolah untuk kegiatan MOS tersebut tidak disebutkan secara spesifik namun berupa pertanyaan semacam tebakan contohnya seperti ini:

  1. MASAKAN YANG MEMAKAI ES
  2. COKLAT MICHAEL JACKSON
  3. SNACK TIDAK BOLEH DIPEGANG
  4. SAYUR PAKAI ES
  5. PERMEN ANGIN TOPAN
  6. MAKANAN BUKAN RAHASIA
  7. PERMEN RATU PERAK
  8. DODOL DAGING SAPI
  9. GERGAJI DEWI PERSIK
  10. KERIPIK ASBES
Mos
Topi Unik dan Tas dari tempat sampah
Coba tebak apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas?Hitung-hitung membantu para orang tua murid menemukan barang yang dimaksud,Ditunggu ya? Jika bingung saya kasih bocoran jawaban pertanyaan yang pertama : MASAKAN YANG MEMAKAI ES? Jawabnya SOP(Sayur) Kok SOP? Huruf awalnya kan S.Baca Juga : Lulus SMP melanjutkan kemana SMU atau SMK?

This post have 18 komentar

avatar
suta igede delete 27 Juli 2015 09.29

Pertanyaan semacam itu memang sering digunakan pada saat MOS kang, alasannya si buat meningkatkan daya atau pola pikir dan kepatuhan siswa baru, tapi sebenernya cuman akal-akalan senior doang biar ada kerjaan dan yang dikerjain. Masa orientasi siswa memang sudah membudaya mas dan bahkan ada yang memanfaatkan kesempatan yang demikian untuk kepentingan pribadi atau kelompok walaupun tidak semuanya seperti itu.

Reply
avatar
Mangs Aduls delete 27 Juli 2015 09.41

susah juga carinya yah. bawa aja yang di suka jgn lupa banyak-banyak kalo senionya marah. ajak botram aja sekalian. hehehe
kalo marah mohon maaf lahir dan batin aja mungpung masih lebaran

Reply
avatar
Desa Seibaru delete 27 Juli 2015 10.58

waduh saya g tau nih disuruh bawa apa itu siswa. yang penting bawa nasi dan air minum.

Reply
avatar
hanibi abna delete 27 Juli 2015 13.12

Masak masih ada yang kyk gitu mas, sekarang kan MOS diharapkan lebih mendidik .. hemm perlu di interogasi tuh, hehehe

Reply
avatar
Renggo Starr delete 27 Juli 2015 13.35

Parah ya, Kang. Kegiatan seperti itu gak mendidik sama sekali..

Reply
avatar
Renggo Starr delete 27 Juli 2015 13.36

Oya, saya kemarin diminta buat nyariin Cylinder Sugar -__-

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Juli 2015 15.16

Suka kasihan sama orang tuanya harus mutar muter cari barang nya.Hayo barang apa tuh mas?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Juli 2015 15.18

Masih tetap ada mas foto itu buktinya saya ambil sendiri didepan sekolah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Juli 2015 15.20

Ya begitulah mas aneh aneh kan bikin kepala puyeng

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Juli 2015 15.23

Sebenarnya barang nya ada cuma nggak disebutin langsung jadi harus putar otak tapi yang repot malah orang tua

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Juli 2015 15.25

Harusnya yang mikir siswanya tapi justru orang tuanya malah ikut mikir

Reply
avatar
Nathalia Diana Pitaloka delete 27 Juli 2015 18.05

maksudnya mungkin spy anak2nya jd kreatif ya, tp kok malah jd orang tuanya yg repot :(

Reply
avatar
Hajir ™ delete 27 Juli 2015 20.17

iya kang bener banget orang tua malah pusing cari baarang barang yg gk jelas, tak jarang barang yg di suruh bawa itu barng yang sudah gk di produksi oleh pabrik, kebayang kan !

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 28 Juli 2015 05.55

Masalahnya kadang barangnya susah dicari mba jadi sianak malah bingung akhirnya minta tolong sama ortu deh

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 28 Juli 2015 05.58

Itulah yang bikin ortu kelimpunagan mas wong barangnya sudah nggak ada mau cari kemana

Reply
avatar
Ojang Abdul delete 28 Juli 2015 11.45

kasian ya orang tunanya

Reply
avatar
Yasreel Martin delete 28 Juli 2015 17.08

Jujur saya sangat prihatin dengan adanya MOS. Menurut saya itu pembodohan, mengajarkan junior melakukan bully bukan mengenalkan lingkungan sekolahnya.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 29 Juli 2015 08.48

Sependapat mas jaman sekolah saya dulu nggak begitu paling paling penataran selama seminggu tapi sekarang kok smp/sma juga ada MOS model begitu

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement