--> Skip to main content

Tahun Ajaran Baru Orang Tua Kelimpungan Cari Barang Aneh

Tahun Ajaran Baru Orang Tua Kelimpungan Cari Barang Aneh-Kegiatan MOS(Masa Orientasi Siswa) merupakan tradisi pendidikan di Indonesia yang sampai saat ini masih eksis disekolah menengah pertama(SMP) atau SMU/SMK atau bahkan kuliah.Kebetulan rumah saya dekat dengan sebuah SMP Negeri sehingga tahu betul kegiatan ini.Kegiatan MOS ini bertujuan agar siswa baru lebih mengenal lingkungan sekolah mereka yang baru,program baru,cara belajar,penanaman konsep pengenalan diri siswa serta kepramukaan.MOS berlangung selama 3 atau 5 hari.Namun yang membuat kegiatan tersebut unik adalah setiap siswanya pada hari pertama masuk sekolah harus membawa /memakai barang-barang tertentu yang susah menemukan dipasaran jika tidak dipenuhi konsekuensinya akan menerima hukuman (bahasa halusnya hadiah)dari kakak kelas mereka.

mos
Suasana didepan pintu masuk sebuah SMP
Kebetulan saya punya toko sembako sehingga setiap tahun ajaran baru ada saja para orang tua yang sibuk mencari barang-barang tersebut ketoko saya dan tentu saja karena barangnya aneh saya tidak menjualnya terkadang saya sampai males melayani mereka karena memang barangya tidak ada.Seperti tahun ajaran baru tahun ini yang akan dimulai hari Senin 26 juli 2015 begitu ada orang yang mencari barang-barang yang aneh saya langsung menebak pasti buat keperluan MOS dan benar saja ketika saya tanyakan kepada pembeli tersebut ternyata memang benar untuk keperluan MOS.Biasanya yang repot para orang tua murid karena merekalah yang mencari barang-barang tersebut.

Mos
Tukang Balon kecipratan rezeki
Kemarin saya bersilaturahmi dalam rangka hari lebaran kekeluarga kakak dan kebetulan anaknya(Keponakan) menjadi siswa baru disebuah SMU Negeri sekalian saja saya bertanya kepada keponakan disuruh bawa barang yang aneh-aneh tidak?jawabnya Ya sambil memberikan surat yang berisi barang-barang apa saja yang harus dibawa.Ternyata barang yang harus dibawa kesekolah untuk kegiatan MOS tersebut tidak disebutkan secara spesifik namun berupa pertanyaan semacam tebakan contohnya seperti ini:

  1. MASAKAN YANG MEMAKAI ES
  2. COKLAT MICHAEL JACKSON
  3. SNACK TIDAK BOLEH DIPEGANG
  4. SAYUR PAKAI ES
  5. PERMEN ANGIN TOPAN
  6. MAKANAN BUKAN RAHASIA
  7. PERMEN RATU PERAK
  8. DODOL DAGING SAPI
  9. GERGAJI DEWI PERSIK
  10. KERIPIK ASBES
Mos
Topi Unik dan Tas dari tempat sampah
Coba tebak apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas?Hitung-hitung membantu para orang tua murid menemukan barang yang dimaksud,Ditunggu ya? Jika bingung saya kasih bocoran jawaban pertanyaan yang pertama : MASAKAN YANG MEMAKAI ES? Jawabnya SOP(Sayur) Kok SOP? Huruf awalnya kan S.Baca Juga : Lulus SMP melanjutkan kemana SMU atau SMK?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar