Tutorial, Review, Tips&Trik

Mengintip Dapur Toko Online Sukses

MEDIAKOMPILASI.com-Memiliki toko online yang sukses merupakan keinginan yang ingin dicapai oleh para pebisnis online ketika pertama kali membangun sebuah toko online.Mungkin anda akan heran kok bisa sebuah toko yang hanya dijalankan dari rumah bisa sukses bahkan produknya bisa dikirim hingga keluar negeri?Sebagian orang mungkin berpendapat membangun toko online itu mudah tinggal memesan website,stok barang kemudian pembeli akan datang dengan sendirinya sehingga mereka berlomba-lomba membuat toko online.Faktanya setelah mereka menjalani sendiri ternyata tidak mudah menjaring pembeli bahkan ada yang sudah buka setahun tapi belum ada pembeli.Baca Juga : Cara Cerdas Menentukan Produk yang akan dijual di Toko Online
 
Saya sendiri pernah mengalami kegagalan merintis bisnis toko online dan dari kegagalan tersebut membuat saya lebih realistis ketika akan membangun toko online kembali banyak hal yang harus dipersiapakan telebih dahulu dari pemilihan produk,mencari pemasok,promosi dan lain-lain.Keinginan untuk merintis toko online masih tetap ada oleh kaarena itu saya berusaha untuk  banyak belajar dari mereka-mereka yang lebih dulu sukses.Salah satu cara saya menimba ilmu seputar bisnis toko online adalah bertemu langsung dengan pebisnis toko online kebetulan saya punya saudara yang sukses dibisnis toko online.Saudara saya itu sudah menekuni bisnis toko online yang bergerak dibidang pembuatan kostum bola sejak 5 tahun yang lalu nama websitenya kostumbola.com.Pemesannya tidak hanya dari dalam negeri saja namun sudah merambah hingga keluar negeri karena kesuksesan itulah sebuah statsiun TV Swasta tertarik untuk meliput toko online tersebut.

Kostum Bola.com
Juragan sedang memantau kinerja karyawannya
Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi workshop kostumbola.com yang beralamat diperumahan Wismajaya Bekasi kesempatan ini tak saya sia-siakan begitu saja kami ngobrol- ngobrol seputar bisnis online sehingga saya lebih mengetahui banyak hal yang selama ini belum saya ketahui .Disamping itu saya juga mengamati dapur atau dibalik layar dari kostumbola.com sehingga saya punya gambaran jika suatu saat memiliki toko online.Berikut ini ulasan selengkapnya tentang bagian-bagian penting dibalik sebuah kesuksesan toko online kostumbola.com:

1.Display barang/Contoh produk.
Kostumbola.com merupakan tempat pembuatan kostum bola atau futsal (custom) artinya konsumen memesan kaos dengan desain tertentu baru kemudain dibuat kaosnya jadi bukan sistem ready stok seperti yang ada ditoko olah raga dan inilah kekuatan dari produk tersebut karena desainnya sendiri otomatis tidak sama dengan kostum tim manapun.Namun jika konsumen ingin kosultasi tentang desain  atau bahan kaos bisa datang ke workshop karena disitu disediakan contoh contoh produk yang sudah dihasilkan dari kostumbola.com.
Display Toko Online
Sample Produk yang sudah dihasilkan
2.Customer Service.
Bagian ini bertugas menerima pesanan atau memberikan informasi seputar kostum bola kepada calon pelanggan yang menghubungi melaui kontak-kontak yang tersedia.Bagian ini juga mengelola pesanan yang sudah masuk untuk kemudian disiapkan gambar desain,ukuran,nama pemain dan jumlahnya.Bagian ini dipegang oleh satu orang.

Customer Service
Customer Service

3.Bagian Operasional.
Setelah gambar desain dicetak diatas kertas tugas selanjutanya diserahkan ke bagian operasional yaitu bagian yang menyiapkan/belanja bahan kemudian diserahkan kebagian jahit.Bagian operasional bisa dikatakan tulang punggung dari toko online karena bagian inilah yang mengatur dan mengawasi semua proses yang ada diperusahaan.

4.Bagian Desain.
Setiap pesanan dari konsumen biasanya berbentuk file berformat CDR atau yang sejenis biasanya sudah ada detailnya misalnya warnanya,modelnya,logo atau jenis fontnya dan agar bagian jahit serta sablon/bordir memahami desain tersebut maka file tersebut harus dicetak.Selain itu untuk keperluan pembuatan logo atau nomor punggung dibuatlah desain logonya dan nomor pungung dimana  tugas ini dikerjakan oleh bagian desain.

Bagian Desain
Bagian Desain
5.Bagian Sablon.
Bagian ini bertugas menyablon kaos sesuai dengan keinginan konsumen.

Bagian Sablon
Bagian Sablon
6.Bagian Jahit.
Bagian ini dipegang oleh orang-orang yang cukup berpengalaman dalam menjahit dan keahliannya sangat berpengaruh terhadap hasil dari kostum bola yang dibuat,jika  salah sedikit saja resikonya barangnya akan ditolak konsumen(return).

Bagaimana tidak mudah bukan untuk merintis toko online sukses? Karena Dibalik sebuah toko online yang sukses ternyata terdapat proses yang cukup panjang.

6 comments:

  1. Tapi kalau misalnya sudah eksis tentu saja keuntungan akan mengalir deras, apalagi sudah pernah diliput seperti ini, tentu saja omzetnya bisa semakin tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas tapi untuk bisa mencapai seperti itu butuh proses yang panjang mas yang membutuhkan modal yang tidak sedikit

      Delete
  2. Menarik untuk disimak karena sekarang eCommerce sedang naik daun ,palagi yg punya produk sendiri ataupun affiliasi pasti sip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya produk saja tidak cukup untuk bisa sukses masih banyak faktor lain yang harus dikerjakan misalnya promosi optimasi website kualitas produk

      Delete
    2. Prommosi blog sangat diperlukan untuk bisa tetap jaya di udara ya gan

      Delete
  3. Promosi adalah juaranya, tapi jangan lupakan kualitas. Salam sukses

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB