Tutorial, Review, Tips&Trik

Tips Memilih Produk Bisnis Kuliner Agar Terhindar dari Kerugian

MEDIAKOMPILASI.com- Tips Memilih Produk Bisnis Kuliner Agar Terhindar dari Kerugian,Bisnis kuliner saat ini masih menjadi primadona dimata para entrepreneur hal itu terlihat dari semakin banyaknya gerai-gerai kuliner yang bermunculan dari yang kaki lima sampai yang berupa kios dari yang berupa minuman sampai makanan.Tak jarang bisnis kuliner itu menjadi sebuah brand dimasyarakat misalnya saja Bakso X terkenal enak rasanya.Kalau sudah begitu bisnis kuliner tersebut akan selalu ramai dikunjungi pelanggan.Namun faktanya tidak semua pebisnis kuliner selalu sukses dalam merintis bisnis tersebut tak jarang mereka yang gagal.Tak usah jauh-jauh saya mengambil contoh saudara saya biar didukung modal yang memadai toh nyatanya tidak cukup untuk membuat bisnis kuliner yang dirintisnya bisa sukses padahal lokasinya bagus menyewa sebuah ruko dan produknya juga menarik yaitu Ayam kremes namun belum sampai setahun bisnis tersebut mandeg alias tutup.

Soto Ayam Lamongan
Kuliner yang cukup populer di Indonesia
Ada lagi contoh pebisnis yang gagal kebetulan tetangga saya,kalau yang ini produk yang dipilih cukup keren yaitu Spaghetti namun bagi warga perumahan makanan ini nggak familiar karena memang asal kuliner tersebut dari Italia akhirnya bisnis tersebut hanya bertahan 2 bulan saja.Dari kejadian-kejadian tersebut bisa saya simpulkan bahwa untuk merintis bisnis kuliner pemilihan produk sangat menentukan bagi kelangsungan bisnis tersebut.Ada beberapa tips memilih produk bisnis kuliner yang bisa anda coba agar terhindar dari kerugian diantaranya:
  1. Pilih produk yang sudah umum.Jika anda tidak ingin menangung resiko kerugian pilihlah kuliner yang sekiranya masyarakat disekitar kios anda sudah tidak aneh lagi dengan kuliner tersebut contohnya Baso,Mie ayam,Nasi goreng,Ayam goreng,Pecel Lele,Soto Ayam,Martabak Manis,Es Buah,Gorengan,Jus Buah dan lain lain.Walaupun bisnis kuliner tersebut sudah ada dimana-mana namun karena kuliner tersebut khas Indonesia saya rasa masyarakat tak ada bosannya asal rasanya enak dan lokasinya strategis saya yakin akan berkembang.Jika anda ingin tampil beda silahkan ciptakan inovasi baru misalnya baso jumbo,mie ayam ceker,es kelapa rasa,martabak unyil dan lain lain.Baca juga : Bisnis Unik Tahu Goreng Bulat Dadakan Dimobil Keliling  
  2. Hindari produk baru yang belum pernah ada sebelumnya atau hanya khas disuatu daerah saja.Ada sebagian orang berpendapat kalau ingin sukses bisnis kuliner cari yang orang lain nggak jualan karena jarang saingan sehingga peluang lakunya lebih besar benarkah demikian?Menurut saya tidak ada jaminan dan cukup sulit menemukan kuliner yang belum ada sebelumnya bahkan jika anda memaksakan kuliner yang langka justru masyarakat jadi kurang tertarik atau jika laku juga hanya diawal-awal saja karena penasaran saja.
  3. Pastikan bahan bakunya mudah didapat.Jika ingin bisnis kuliner anda lancar pasokan bahan baku haruslah selalu ada jangan sampai terhambat untuk itu pilihlah bisnis kuliner yang bahan bakunya mudah didapat dipasaran.Misalnya anda ingin bisnis es kelapa muda pastikan pemasok kelapanya ada atau anda ingin bisnis jajanan pasar pastikan anda bisa mudah mendapatkan daun pisang.
Demikianlah Tips memilih Produk Bisnis Kuliner Agar Terhindar dari kerugian,mudah-mudahan bermanfaat untuk bisnis Anda.

13 comments:

  1. sangat penting berhati-hati dan menghitung secara detail saat memilih produk apa yang hendak membangun bisnis kuliner.
    sipkang tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu Kang lembu pengin bisnis kuliner kan enak sudah tahu tipsnya mah

      Delete
  2. peikiran yang mencerahkan. bner kang saya kadang mikirnya pilih yang belum ada. ternyata engga gitu juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk yang aneh aneh justru justru beresiko tinggi karena bisa jadi rasanya tidak sesuai dengan perut orang indonesia

      Delete
    2. mending buka mie ayam, bakso sama nasgor aja ya mas, karna lidah orang indo biasanya yang itu2 aja. tapi rasanya harus lebih enak biar laku..

      Delete
    3. brarti kreasi di rasa aja kali ya.

      Delete
  3. Ingin rasanya menjajal bisnis serupa, sayangnya tidak punya basic sama sekali hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ada niat atau nggak mas kalau belum apa apa sudah banyak pertimbangan justru makin berat actionnya cari yang termudah dulu nanti lama alam tahu selera pasar seperti apa

      Delete
  4. bisnis apa aja sebenernya bisa, yang perlu dipertimbangkan kita harus menguasai mengenai bisnis yang mau dibuka, kalo misalkan buka bisnis jual-beli jaket usahakan untuk mendapatkan suplier paling murah.lebih bagusnya kita bisa menerobos langsung ke pabrik pembuatnya. :)
    ya jika usaha yang sudah banyak penjualnya itu harus siap bersaing..

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya dengan melihat pasar kita akan tahu mana saja sih kuliner yang dicari konsumen contohnya biarpun tukang baso banyak toh semuanya laku karena permintanya juga tinggi coba jualan burger diperumahan meskipun sendirian belum tentu sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bner sekali mas dwi, meskipun banyak saingan tapi lebih mudah untuk memasarkan.masalah harga dan rasa itu bersaing saja..

      Delete
    2. yang penting banyak yang perlu kali ya. atau engga juga ya

      Delete
  6. kalo di daerah saya bisnis yang lagi trend memang kuliner, tapi kulinernya yang aneh dan terdengar baru, apa lagi kalo di tasikmalaya di daerah saya ada grup FB namanya wisata kuliner tasikmalaya jadi kita bisa share pengalaman kuliner,sama jasa promo makanan, jadi kita bisa share sambil jualan

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB