Tutorial, Review, Tips&Trik

Arti Penting Tukang Air Keliling bagi Warga Bekasi

MEDIAKOMPILASI.COM-Air bersih untuk kebutuhan air minum dan memasak bagi warga Bekasi tidak mudah untuk mendapatkannya.Air tanah sebagai sumber utama umumnya tidak layak untuk dijadikan air minum paling-paling hanya digunakan sebatas untuk mandi dan kebutuhan mencuci.Biasanya warga Bekasi mengandalkan Air PAM,Air galon,Air isi ulang atau tukang air keliling untuk memenuhi kebutuhan Air minum dan memasak.Untuk kebutuhan air minum mungkin bisa mengandalkan air galon atau air isi ulang namun untuk memasak jika menggunakan air galon bermerk tentunya harganya sangat mahal atau tidak semua wilayah terjangkau air PAM maka dari itu warga lebih memilih memasak menggunakan air isi ulang atau air dari tukang air keliling.
Tukang Air Keliling
Tukang Air Keliling
Faktanya tidak semua warga memilih air isi ulang meskipun harganya murah yaitu Rp.4000/galon ada yang lebih memilih menggunakan air dari tukang air keliling.Air dari tukang air keliling dipercaya rasanya lebih enak karena berasal dari sumber mata air pegunungan.Saya kebetulan berlangganan air ke tukang air keliling ini dan memang rasanya berbeda ketika diminum jika air isi ulang ada sedikit rasa pahit karena mungkin kebanyakan depot air isi ulang mengunakan sistem penyaringan berlapis berbeda dengan air dari pegunungan langsung diolah misalnya direbus atau untuk memasak.Wajar saja jika sampai saat ini kehadiran tukang air keliling masih menjadi alternatif untuk mendapatkan air bersih. Baca Juga : Sumur Bor Andalan Warga Bekasi Mendapatkan Air Bersih

Apalagi tahun ini kemarau panjang melanda Indonesia sehingga sumber-sumber air menjadi kering seperti yang dialami warga perumahan di Bekasi tak terhitung sumur bor warga yang kering untungnya tidak semua rumah mengalami kekeringan sehingga bisa minta air ketetangganya namun tentu saja terbatas karena memang keluar airnya juga kecil.Kesulitan warga ini lumayan terbantu dengan  kehadiran tukang air keliling.Seperti yang terjadi diperumahan kami dikelurahan Sumberjaya Tambun selatan Bekasi sudah cukup lama menggantungkan pasokan air bersih dari tukang air keliling.Biasanya tukang air ini secara rutin berkeliling kerumah-rumah warga setiap pagi dan sore hari dengan menggunakan gerobak dorong yang berisi 16 jerigen.1 jerigen berisi 20 liter air bersih dijual dengan harga Rp.3500.Ada yang unik menurut saya untuk member isyarat pada warga perumahan tukang air ini memasang semacam besi ring diroda gerobak sehingga kalau pas jalan berbunyi kring.. kring… kring sehingga warga akan tahu kalau tukang air datang.

Meskipun sekarang diperumahan kami ada jaringan PAM dan depot air isi ulang yang cukup banyak toh nyatanya tukang air keliling masih menjadi pilhan bagi warga perumahan dan itu masih berlangsung hingga sekarang.

13 comments:

  1. Alhamdulillah di Setu mah air bersih masih curcor lancar tak terkendala kang, emang Tambun udah mulai kesulitan air bersih ya?
    makanya pindah aja ke Setu kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kang kalau buat minum atau masak ya harus beli,pengin sih pindah ke setu enak banyak pohon rambutannya pantes airnya masih bersih

      Delete
  2. Kok bisa ya Tambun kesulitan air. Emang tukang air keliling ngambil airnya dari mana mas Dwi? Semoga nanti setelah kemarau berlalu, kesulitan air juga cepat berlalu ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air tanahnya memang jelek mas nggak bisa dikonsumsi terpaksa harus beli.Tukang air keliling ngambil airnya katanya sih dari Bogor

      Delete
  3. di kota-kota kualitas air semakin rendah
    sangat membantu dg adanya tukang air keliling jika kualitas airnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan terbantu mas airnya juga lumayan bersih layak dikonsumsi

      Delete
  4. iya mas, di kota saya aja juga gitu nih, suka beli air ketimbang memasaknya sendiri. karena lebih hemat. hem.., di kota mas harganya Rp 3500 ya mas. wah tempat saya Rp 4.000 an. di ambil dari air bukit tangkiling ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah umum dilakukan penduduk indonesia ya mas saya pikir hanya dibekasi saja

      Delete
  5. Kalo saja didaerah saya ada tukang air keliling mas, maka akan sangat membantu sekali, sayangnya ditempat saya tidak ada penjual air keliling untuk air bersih kadang-kadang nunggu bantuan dari pemerintah

    ReplyDelete
  6. air memang salah satu bahan poko yang sangat dibutuhkan masyarakat, semoga pemerintah segera memberikan bantuan air kepada mereka yang sedang mengalami kesulitan air, ketemu lagi dng saya mas sugi :)

    ReplyDelete
  7. di daerah saya juga udah banyak banget yang kekeringan, di tambah air PDAM juga mau di matikan sementara, air memang kebutuhan paling utama dalam hidup

    ReplyDelete
  8. Mas punya no kontak yg jual air nya ga,, lagi butuh bgt.
    Td nyoba nyari yg pake truk tangki hrs beli full,mau dsmpn dmn sbnyk itu,cm ada toren,baskom dan ember,ga punya sumur..hikhik tlg dibantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tukang airnya paling keliling diperumahan saja mba nggak sampai keluar ke perumahan lain

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB