Tuesday, November 10, 2015

Cara Cepat Belajar Service Elektronik

author photo
Cara Cepat Belajar Service Elektronik-Memiliki hobi sekaligus bisa mendatangkan penghasilan merupakan keuntungan tersendiri karena selain anda bisa menyalurkan hobi disisi lain juga bisa mendatangkan penghasilan.Salah satu hobi yang menantang dan bisa juga mendatangkan penghasilan adalah hobi elektronik.Menurut Wikipedia elektronik mengandung pengertian alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika serta benda yang menggunakan prinsip alat tersebut.
Service Elektronik Bekasi
Kios Service Elektronik
Elektronika sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran partikel bermuatan listrik dalam suatu alat jadi intinya hobi elektronik itu merakit komponen elektronika menjadi sebuah alat/rangkaian misalnya lampu flip flop,sirine,bel,radio,amplifier dan lain-lain dan akan selalu berhubungan dengan listrik.Setiap komponen elektronika memiliki karakteristik berbeda-benda dari bahan bakunya,sifat-sifatnya atau cara pemasangannya sehingga disinilah tantangannya karena jika kurang teliti dalam perakitannya tidak akan bekerja dengan baik rangkaiannya.

Jika anda sudah menguasai dasar-dasar elektronika salah satu peluang usaha yang bisa anda rintis adalah bisnis service elektronik misalnya televisi,DVD player atau Amplifier.Namun untuk menjadi seorang montir atau teknisi elektronik tidak semudah yang anda bayangkan butuh banyak berlatih dan tidak cukup hanya menguasai ilmu elektronika dasar saja.Hal ini berdasarkan penuturan seorang montir elektronik disebuah perumahan diBekasi sebut saja namanya Pak Agus.Beliau menceritakan pengalamannya menekuni bisnis service elektronik khususnya Televisi.
Baca juga :
Awalnya beliau belajar elektronika melalui kursus namun menurut beliau setelah lulus dari kursus tidak serta merta langsung bisa memperbaiki kerusakan televisi karena kursus hanya memberikan ilmu dasarnya saja sedangkan ilmu perbaikan kerusakan perangkat elektronik didapatkan dari pengalaman.Nah disinilah permasalahan muncul bagaimana caranya mencari pengalamannya nggak mungkin khan televisi yang masih bagus kemudian dirusak untuk percobaan?

Masih menurut pak Agus untuk mendapatkan ilmu memperbaiki televisi dan lainnya tidak diperoleh waktu beliau kursus karena selepas lulus kursus belum bisa memperbaiki televisi namun keahlian tersebut didapatkan setelah beliau magang kerja ditempat service elektronik karena dengan magang kerja beliau tiap hari menemukan kerusakan-kerusakan peralatan elekronik dan diajarkan oleh pemilik service elektronik tersebut bagaimana cara memperbaikinya sehingga lama kelamaan menjadi pintar.

Kesimpulannya jika anda ingin menjadi seorang montir/teknisi elektronik yang handal sebaiknya anda magang dulu ditempat service kalau bisa yang ternama syaratnya tentu saja anda sudah menguasai dasar-dasar elektronika.Jangan memikirkan bayarannya dulu karena jika anda diperbolehkan magang saja sudah temasuk beruntung karena tak jarang montir elektronik yang sudah handal pelit menurunkan ilmunya.

This post have 29 komentar

avatar
Samsudin Syamsu delete November 10, 2015 at 11:40 AM

Dunia elektronik sungguh menyenangkan mas. Dulu, jika saya sudah pegang solder, wah hari terasa semakin cepat mas. Apalagi kalau dah urusan membuat PCB dan lain-lain,,,wah asyik mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 10, 2015 at 11:57 AM

Memang mas kebetulan saya juga hobi elektronika cuma sekarang ini jarang bikin proyek soalnya lebih banyak ngeblognya

Reply
avatar
Indra DP delete November 10, 2015 at 12:21 PM

kalau aku gak pandai utak-atik barang elektronik. sekali utak-atik malah rusak parah, hehe

Reply
avatar
Cilembu thea delete November 10, 2015 at 1:37 PM

serius tuh bisa sebegitu epat kita punya ilmu service elektronik?
kalau beneran saya mau ikutan ah...ilmu gituh loch...nggak berat bawanya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 10, 2015 at 2:46 PM

Tapi kalau sudah suka utak atik sebenarnya punya bakat elektronik loh mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 10, 2015 at 2:48 PM

Coba saja magang kang...langsung dapat warisan ilmu dari montir

Reply
avatar
Mas Poniran delete November 10, 2015 at 3:22 PM

dengan cara magang, dan belajar langsung dengan ahlinya sekaligus melakukan praktek disana akan lebih cepat membuat kita memahami apa yang dipelajari

Reply
avatar
Samsudin Syamsu delete November 10, 2015 at 3:44 PM

Istilahnya terima bongkar tapi ga terima pasang ya mas Indra??he he

Reply
avatar
Ifrod Maksum delete November 10, 2015 at 10:11 PM

kalo elektronik saya suka mudeng mas lihat komponennya. kalo listrik saya bisa dikit, kebetulan pernah kerja d PLN

Reply
avatar
Cilembu thea delete November 10, 2015 at 10:15 PM

sekalian di wariskan tokonya...dong.

kan saya ngawin anaknya pak montir

Reply
avatar
Ifrod Maksum delete November 10, 2015 at 10:15 PM

semua bisa dengan banyak belajar dari yang sudah berpengalaman

Reply
avatar
Ky Cules delete November 11, 2015 at 12:12 AM

saya jujur kalo masalah service elektronik kayak gini memang rada kagak paham mas..
nggak tau juga dari dulu emang kek gitu, susah banget pokoknya mau ngerti..

Reply
avatar
Ky Cules delete November 11, 2015 at 12:13 AM

keren dong kalo dah pernah kerja di PLN

Reply
avatar
Defi Purnama delete November 11, 2015 at 12:47 AM

Untuk bisa mahir dalam dunia elektronik memang harus terjun langsung kelapangan ya mas. Biar ada pengalaman dari hasil praktek tersebut. Salah satunya dengan cara magang. Toh, kalau benar-benar di pelajari kita bisa mendapatkan ilmu yang tak terhingga.

Reply
avatar
Hajir ™ delete November 11, 2015 at 4:55 AM

masalah elektronik syaa mah jagonya. suka baikin mainan adik bukannya bener malah tambah errror

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 9:30 AM

Lebih optimal hasilnya mas ketimbang coba-coba sendiri dan lebih hemat waktu

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 9:31 AM

Biasanya kalau bisa elektronik bisa juga listrik satu aliran

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 9:33 AM

Kalau nggak hobi memang bikin puyeng mas tapi kalau sudah tahu gampang gampang saja

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 9:35 AM

Iya mas kursus saja belum cukup kalau belum terjun langsung menangani kerusakan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 9:37 AM

Mas Hajir sudah punya modal buat menekuni elektronika tuh yaitu modal nekat kadang diperlukan biar berani spekulasi

Reply
avatar
Irwin Andriyanto delete November 11, 2015 at 10:50 AM

Bapak saya orang Elekronik,, ada yang mau magang ? :3

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 2:52 PM

Nah Ini dia ada penawaran menarik buruan yang mau langsung hubungi mas Irwin susah loh nyari tempat magang

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete November 11, 2015 at 3:30 PM

Saya buta elektronik mas. Yang jelas harus banyakin prakteknya ketimbang teori ya... Biar Makin mahir

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 11, 2015 at 5:51 PM

Untuk elektronik khususnya service harus mencari pengalaman dulu sebanyak-banyaknya

Reply
avatar
firman delete December 7, 2015 at 4:47 PM

Apa ada yg nerima magang sekitar cikarang? sy siap dah walau ga dibayar, yg penting dapet ilmu..

Reply
avatar
Vinoos Daeli delete August 12, 2016 at 1:02 AM

Klo mas irwin tinggal daerah mana mas ? Saya ingin belajar elektonik memang hobi juga...bisa minta tlg minta contak mas irwin....ini no saya 0822 1009 8644 pin 5d1df413.tks

Reply
avatar
Fabian Audiorakitan13 delete January 24, 2017 at 10:37 PM

Mas ada yg tau gak tempat kursus elektronik di daerah BSD / Bintaro pondok aren dmn ya saya mau kursus

Reply
avatar
Fabian Audiorakitan13 delete January 24, 2017 at 10:37 PM

Mas ada yg tau gak tempat kursus elektronik di daerah BSD / Bintaro pondok aren dmn ya saya mau kursus

Reply
avatar
Fabian Audiorakitan13 delete January 24, 2017 at 10:38 PM

Mas ada yg tau gak tempat kursus elektronik di daerah BSD / Bintaro pondok aren dmn ya saya mau kursus

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement