Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengobatan Wasir Alami Memanfaatkan Daun Ungu

Pengobatan Wasir Alami Memanfaatkan Daun Ungu-Wasir atau ambeien(Hemmorrhoid) adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah(vena) yang berada didaerah anus atau rectum.Penyebabnya bermacam-macam mulai dari kehamilan,obesitas,terlalu banyak duduk,masalah pencernaan kronis sampai diet rendah serat.Wasir terbagi menjadi 2 jenis yaitu Hemmorrhoid eksterna dan Hemmorrhoid interna.
daun ungu
Daun Ungu(Wikipedia)
Meskipun wasir bukan penyakit akut namun Penyakit wasir memang bisa mengangu aktivitas sehari-hari,ingin duduk salah berdiri juga salah apalagi jika stadiumnya sudah parah.Pada stadium tertentu wasir bisa ditangani dengan terapi obat oral namun jika sudah parah perlu tindakan bedah untuk penanganannya.Disinilah terkadang masalahnya muncul penderita enggan untuk berobat kedokter dengan berbagai alasan seperti belum merasa parah atau malu.Tak jarang penderita wasir lebih memilih pengobatan alami atau tradisional.

Selain pola makan yang baik misalnya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bisa mengatasi wasir seperti yoghurt,Kefir,Sayur,buah-buahan,Gandum dan air putih wasir juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan herbal salah satunya dengan Daun Ungu(Graptophyllum pictum).Daun ungu merupakan tanaman obat yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia.Nama lain dari tumbuhan ini adalah demung,tulak,wungu,daun temen temen,handeuleum,karotong,temen,kadi-kadi,kobi-kobi dan daun putri.Baca juga : Lidah Buaya Mudah Tumbuhnya Banyak Khasiatnya

Daun ungu termasuk tumbuhan perdu yang tegak dengan bunga majemuk,buahnya berwarna ungu kecoklatan berbentuk kotak yang lonjong.Daun ungu memiliki kandungan kimia antara lain Alkaloid non toksik,flavanoid,Glikosid,steroid,saponin,tanin,asam format,flavonoid dan kalsium oksalat.Dengan kandungan kimia tersebut daun ungu memiliki sifat sebagai anti inflamasi,peluruh air seni,mempercepat pemasakan bisul,pencahar ringan,melunakkan feses dan mengecilkan wasir.

Untuk membuat ramuan herbal sendiri mungkin akan mengalami kesulitan apalagi didaerah perkotaaan karena sulit untuk menemukan daun ungu bahkan mungkin wujudnya saja tidak tahu.Namun jangan kuatir saat ini banyak toko herbal baik secara offline ataupun online yang menjual produk herbal yang terbuat dari daun ungu ada yang murni mengandung ektrak daun ungu ada juga yang dicampur dengan bahan lain seperti sambiloto dan temulawak harganya juga cukup terjangkau.

Demikian informasi kesehatan seputar pengobatan alami wasir memanfaatkan daun ungu semoga bermanfaat Terima kasih sudah berkunjung.

17 comments:

  1. saya baru tahu mas, daun ungu seperti apa ya mas tumbuhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak susah menemukannya mas apalagi diperkotaan tapi biasanya tukang penjual tanaman bunga tahu

      Delete
    2. saya juga belum pernah liat mas, soalnya mungkin tidak ada disekitar saya

      Delete
  2. mas tau gak ciri2 daun unggu tu gimn,.,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum pernah lihat langsung mba jadi ngak bisa detail menjelaskan

      Delete
  3. Saya baru tau mas kalau daun ungu ini bermanfaat juga buat terapi. Kalau ada bibitnya pengen juga menanam dirumah makasih ilmu yang bermanfaatnya.

    ReplyDelete
  4. Daun ungu memang sangat efektif ya mas untuk mengobati penyakit wasir. Bisa dicoba nih buat yang sedang terkena wasir :)

    ReplyDelete
  5. sepertinya saya sama sekali baru tau dengn tanaman ini mas. nama - nama lainnya pun saya ga tau baru baca saya.

    ReplyDelete
  6. ada budi daya nya ga mas. biar yang wasir bisa lekas ilang nih dengan tanaman ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanaman ini memang untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias mas apalagi sudah beredar produk herbal berbahan baku daun ungu tentunya ada pemasoknya

      Delete
    2. ooo jadi ini tanaman hias ya, sekaligus sebagai tanaman obat. jadi pengen punya nih saya mas

      Delete
  7. ooo...jadi kalau kita kena wasir sangat baik dan alami jika diobati dengan daun ungu ya, padahal daun ungu teh banyak disini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh kirim kesini mau budidaya daun ungu buat apotik hidup sekaligus melestarikan tumbuhan herbal

      Delete
    2. wah mas lembu, banyak tah disitu, pesen mas saya, yang bayar biar mas yanto. :D

      Delete
  8. Betul wujud nya aja gak tau Daun Ungu....heee kalo ibu Ungu...tau bangeet..

    ReplyDelete
  9. ini penyakit tidak bisa dianggap enteng karena akan mengganggu sekali kepada aktifitas kerja kita mas. akhirnya kegiatanpun akan terganggu karena wasir tersebut, makanya kalau ada gejala dikit langsung di tangani sebaiknya. makasih info kesehatannya.

    ReplyDelete
  10. Mas Dwi... tanaman ini saya baru dengar... :D
    Kalau di seputaran Jakarta ada gak ya?

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB