Tutorial, Review, Tips&Trik

Waspada Bahaya Ngeblog Saat Musim Hujan

Waspada Bahaya Ngeblog Saat Musim Hujan-Musim hujan tahun ini sudah mulai melanda sebagian besar wilayah Indonesia tak terkecuali diwilayah Bekasi terbukti kemarin 16/11/2015 sekitar pukul 17.00 di tempat tinggal saja didaerah Tambun selatan Bekasi diguyur hujan lebat disertai petir.Ini merupakan kali pertama wilayah kami diguyur hujan deras dan berlangsung hingga malam hari.Sontak saja akibat hujan deras disertai petir ini membuat aktivitas menjadi terganggu salah satunya yang paling terasa bagi saya adalah tidak bisa ngeblog.Baca juga : Pentingnya Cadangan Artikel untuk Mempertahankan Peringkat Blog

Memangnya kenapa mas?Komputernya rusak atau Listrik PLN padam?Bukan karena itu komputer baik-baik saja listrik tidak padam sinyal internet juga tetap lancar namun semata-mata demi keselamatan jiwa,lho kok bisa begitu?Hujan deras disertai petir sangat berbahaya bagi manusia karena berdasarkan statistik,petir telah menewaskan sekitar 200 jiwa di  Amerika Serikat petahun dan sebagian besar disebabkan karena sambaran petir pada musim penghujan.
Bahaya Ngeblog
Meskipun arus yang dihasilkan petir biasanya hanya berlangsung sesaat namun efek yang ditimbulkannya sangat dahsyat bisa menyebabkan kerusakan bangunan,kebakaran ataupun kematian karena menurut catatan kekuatan petir bisa mencapai 200.000 Ampere.Bayangkan jika manusia sampai tersambar petir?Mengingat begitu bahayanya efek jika terkena petir oleh karena itu anda perlu waspada dengan menghindari tempat yang beresiko terkena petir salah satunya posisi yang dekat dengan kontak listrik.

Seperti anda ketahui ngeblog umumnya menggunakan komputer dan tentu saja menggunakan aliran listrik dan jika dilakukan saat hujan disertai petir tentu sangat berbahaya.BMKG sendiri pernah mengeluarkan warning tentang hal tersebut seperti yang sudah disampaikan oleh BMKG melalui stafnya.”Warningnya terkait dengan petir,Saat hujan untuk tidak nonton televisi matikan televisi dan cabut antenanya dan waspadai jaringan listrik”.Informasi ini saya kutip dari laman Riau Pos.

Saya sendiri sudah diperingatkan oleh penyedia layanan internet wifi,Menurut Joko pemilik Louis net tempat saya berlangganan internet Wifi sebaiknya jika sedang hujan disertai petir antenanya dimatikan saja untuk menghindari tersambar petir karena memang antenanya lumayan tinggi seperti antena Televisi.Itulah sebabnya kemarin saya tidak menyalakan komputer sama sekali dan antena juga saya cabut praktis saya tidak bisa internetan.Kedepannya saya harus pintar-pintar mengatur waktu jika belum hujan sesegera mungkin posting artikel dan blogwalking seperlunya.

29 comments:

  1. Iya mas, kalau di keluarga kami juga gitu. kalau hujan disertai petir. lebih baik dicabut aja listriknya seperti TV, dll. jaga-jaga gitu biar aman. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga begitu mas cari aman saja padahal sih penginnya ngeblog

      Delete
  2. Benar sekali mas, ngeblog ataupun menghidupkan komputer saat hujan disertai petir sangat berbahaya sekali. Itulah sebabnya terkadang saya nggak bisa posting dan blogwalking, takut soalnya ditempat saya juga lagi musim hujan + petir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas..artikel ini sekaligus mengingatkan teman teman semua agar berhati hari saat hujan disertai petir lebih aman ditunda dulu ngeblognya

      Delete
  3. betul mas ,saat hujan yang disertai petir memang lebih baik jangang menggunakan perangkat yang berhungan dengan listrik, kalo mau ngeblog sebaiknya ditunggu hingga hujannya reda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antisipasi terbaik memang sebaiknya ditunda dulu toh bisa ngeblog dilain waktu

      Delete
  4. Iya benar mas Dwi, kita harus hati-hati jika menggunakan alat-alat yang tersambung dengan listrik. Pokoknya begitu hujan sebaiknya langsung cabut stekernya dari stop kontak listrik. Saya pernah terkena setrum saat ngeblog mas. Saat itu kebetulan steker belum saya cabut, tiba-tiba hujan tiba, hujan baru sekitar 1 menit dan langsung ada petir menyambar, saat itu juga saya terpental jatuh karena petir merambat menyambar ke ruangan dan laptopnya nyetrum ke tanganku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups...Pengalaman yang takkan terlupakan seumur hidup ya mas.Terima Kasih sudah berbagi pengalaman meskipun pahit namun bisa bermanfaat bagi blogger untuk lebih berhati-hati jika ngeblog saat hujan

      Delete
    2. Betul sekali mas....samsudin.

      Delete
  5. Kalu kisah sambar2an petir parabola dirumah sy pernah disambar tp untung masih bisa diperbaiki. Kalo perangkat wireless kayak smartphone saya rasa masih aman dari petir asal mainnya di dlm rumah aja. Setahu saya pd umumnya tiap rumah dikasih kabel penangkal petir.
    Kemarin saya malah mainin hp di kamar sambil ngeliatin kilat petir di jendela. Greget gitu lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Hp nya tidak terjadi kebocoran medan elektromagnet mungkin nggak masalah mas tapi apakah mas yakin hp mas tidak bocor?karena jika terjadi kebocoran elektromagnet dari sinyal hp jika terjadi petir kemungkinan merambat bisa saja mas

      Delete
  6. Memang betul mas hujan deras yg di sertai kilapan2 petir sangat berbahaya bagi pengguna elektronik khususnya yg berbasis jaringan...yaaaa seperti kita ini yg keseharianya tidak lepas dengan smartphone yg selalu koneks dgn jaringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman memang berhenti dulu mas ngeblognya

      Delete
  7. O_O oh gitu yah... baru tau gue.
    Tapi untungnya selama ini gue mainan komputer, nyalain tipi saat ujan sih nggak terjadi apa-apa.
    serem juga yah...
    untung gue nggak kena setrum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan mbak, sangat berbahaya loh.

      Delete
    2. Jangan sampai kejadian seperti mas syamsu baru percaya kan lebih baik mencegah

      Delete
  8. biasanya saya pun begitu mas, mencabut aliran lintrik dan antena tv dan jauhkan juga dari tv-nya mas. hal ini juga berlaku untuk HP/sejenisnya juga mas, tahun 2012 lalu tetangga saya mati kena petir gara2 HP di saku baju dengan dada terbakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi yang sudah melihat buktinya seperti mas pasti akan lebih waspada

      Delete
  9. jika anak istri lagi di rumah mertua, saya matiin sama listrik dimeterannya juga (gelap deh)

    ReplyDelete
  10. wah sayanya belum tahu sebelumnya, ternyata bahaya juga ya mas kalo lagi musi hujan salah satunya berkaitan dengan listrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas lebih baik sedia payung sebelum hujan efeknya itu loh mas nggak bisa dianggap remeh

      Delete
  11. emang wifi nya yang kuatir kena petir yaa .. lebih baik lagi ujan tidur aja .. jangan nyalain internet dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan takut lagi mba ngeri...apalagi petirnya menyambar nyambar

      Delete
  12. alahmdulillah brarti huujan sudah merata kalo begitu. saya baru ngeh juga kalo hujan berpengaruh juga bagi bloger. khususnya jika ada petir. makasih mas iadenya bisa bikin saya jadi ikut ati ati juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar mengingatkan saja mas soalnya efeknya sangat berbahaya lebih baik nggak ngeblog dulu sampai kondisinya aman

      Delete
  13. Saya juga suka matiin laptop dan TV saat hujan petir, sudah banyak kasus ya mas Dwi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aman saja mas meskipun sebenarnya tangan gatel pengin buat artikel

      Delete
  14. dimana dan kapan sja bisa tersambar petir jadi intinya mesti berdoa biar diberi keselamatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas intinya jangan lupa berdoa untuk keselamatan

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB