Tutorial, Review, Tips&Trik

Toge Goreng Bogor Kuliner Unik Merambah hingga ke Bekasi

Toge Goreng Bogor Kuliner Unik Merambah hingga ke Bekasi-Hampir semua wilayah di Indonesia memilki kuliner khas masing-masing termasuk Bogor kota yang lebih terkenal dengan julukan kota hujan ini memiliki kuliner khas yang cukup menggugah selera seperti soto bogor,asinan bogor atau toge goreng.Kuliner-kuliner tersebut tidak hanya populer didaerah asalnya saja namun sudah merambah ke daerah-daerah disekitarnya salah satunya kedaerah Bekasi.Baca juga : Tempe Mendoan Kuliner Nikmat Harga Bersahabat
Toge Goreng Bogor
Penjual toge goreng diperumahan
Kebetulan saya tinggal disebuah perumahan didaerah Bekasi meskipun jauh dari pusat kota namun kuliner khas bogor tersebut bisa dengan mudah dijumpai salah satunya toge goreng.Makanan khas Bogor toge goreng ini sudah lama hadir diperumahan kami hal itu ditandai dengan kehadiran penjual toge goreng keliling yang menggunakan gerobak dorong,Setiap sore hari penjual toge gerong tersebut berkeliling keperumahan kami.

Toge goreng adalah salah satu makanan khas kota hujan Bogor yang berbahan dasar toge,mie kuning,tahu dan bumbu kuah yang terbuat dari perpaduan tauco dan oncom.Citra rasanya menjadi unik karena bercampur dengan tauco.Seperti kita ketahui Tauco sendiri adalah semacam bumbu dasar makanan yang terbuat dari biji kedelai yang kemudian diolah dengan campuran tepung dan direndam dengan air garam.Ciri
khas dari tauco adalah memiliki aroma yang tajam sehinggah bisa menggugah selera.

Tidak seperti kuliner lain seperti baso atau mie ayam penjual toge goreng diperumahan kami bisa dihitung dengan jari bahkan diperumahan kami hanya ada satu orang penjual sehingga bila pas ingin makan kuliner tersebut saya harus bersabar menunggu kedatangan penjual toge goreng bogor tersebut.Jika kebetulan saya ingin buru-buru ingin mendapatkannya biasanya saya pergi keperumahan sebelah karena disana ada seorang penjual toge goreng bogor yang rasanya nikmat berbeda dengan yang ada diperumahan saya.

Kadang saya juga heran kok rasanya bisa beda antar sesama penjual toge goreng bogor dan menurut saya perbedaannya ada pada bumbu kuahnya jika aroma tauconya terasa dan pedasnya pas itu baru nikmat.Dan dari hasil penelusuran saya diinternet ternyata tauco sangat berpengaruh terhadap rasa toge goreng tersebut tak heran jika kemudian beberapa penjual toge goreng lebih memilih membuat tauco sendiri dari pada membeli yang sudah jadi.

15 comments:

  1. Bekasi ya. Hieiehieei Tempat tinggal orang tua (alm) saya juga di Bekasi. Tepatnya di Komplek INKOPOL Kranji Bekasi.

    Izin broadcast dulu ya iehiheiheiheiheiehiei.

    Salam blogger mania di mana saja berada. Hiehiehiee. Ada informasi lomba Blog terbaru nih. Dalam rangka turut menyemarakkan International Day of Persons with Disabilities atau Hari Difabel Sedunia 2015, serta menggairahkan blogging,

    Rumah Blogger Indonesia menyelenggarakan lomba blogging dengan tema difabilitas/disabilitas. Terbuka untuk umum, warga negara Indonesia Periode Lombanya 3 Desember 2015 - 15 Januari 2016. Silahkan mampir berkunjung balik jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut. Terima kasih admin. Salammmm

    ReplyDelete
  2. saya suka gorengan tapi kalau toge goreng kayaknya gimana gitu mas. masalahnya paling makannya tahu isi aja, kalau toge goreng masih belum pernah nyoba. masalahnya dikalimantan tidak ada yang jualan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kuliner unik nan lezat mas meskipun namanya toge goreng padahal sebenarnya tidak digoreng tapi direbus dicampur mie kuning dan tahu disiram kuah dari sambal tauco plus oncom.Peluang bisnis tuh mas...cara membuatnya nggak susah lagi

      Delete
  3. wah ada makanan unik nih...toge goreng...rasanya kayak apa ya ? blm pernah nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya enak mas apalagi bumbu kuahnya aromanya khas banget

      Delete
  4. Kalau mendengar dari beberapa bahan yg dicampur.. Direbus lalu di goreng saya tidak bisa membayangkan seperti apa rasa dan kelezatannya...itu mas.....coba kalau saat otak atik kyboard .....eeee.... tiba2 ada yg dateng nyajikan menu tersebut...he...he...makin asyik tuh ngeblognya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas pokoknya apalagi buat teman ngeblog plus pedas makin jreng

      Delete
  5. Saya sampe lupa, udah pernah makan toge goreng belum ya?! Beda ya sama oseng2 toge biasa?? Itu si abang toge goreng sadar kamera banget, mendadak jadi ngetop deh beliau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas toge yang ini mah nggak digoreng pakai minyak tapi pakai air alias direbus kuah tauconya itu loh mas yang bikin ketagihan coba deh mas murah kok perut kenyang bisa buat postingan untungnya dobel.Ha ha Ha penjualnya mungkin tau kalau saya blogger jadi sekalian narsis

      Delete
  6. Wah saya sendiri pernah ngerasain, tapi jarang sih. Memang rasanya gimana gitu.

    Kalau itu tukangnya udah jualan berapa tahun ya kira-kira?

    Pasti banyak pengalaman dalam berjualannya tuh, makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mas buat alternatif kalau pas lagi malas makan nasi

      Delete
  7. akang mah baru tau ya kalau toge goreng khas Bogor ini sudah masuk bekasi sejak saya SMPN 1 Tambun...loch kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu sih sudah lama cuma jarang yang masuk keperumahan perumahan kang

      Delete
  8. wah asli saya hanya tau namanya saja,.,!
    bentuk dan rasanya hanya bisa terbayang karna artikel ini yang jelasin,.!
    jadi pigin nyicipin.,?
    eummm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga kuliner unik nggak semua tempat ada jadi bisa bikin penasaran

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB