Tutorial, Review, Tips&Trik

Akhirnya Banding DMCA Artikel Saya Dikabulkan

Akhirnya Banding DMCA Artikel Saya Dikabulkan-Bagi seorang penayang adsense melanggar hak cipta orang lain merupakah hal yang paling tabu dilakukan karena akibatnya sangat fatal blog bisa dihapus google atau akun adsensenya dinon aktifkan.Itulah mengapa sejak diterima menjadi penayang adsense saya selalu berusaha membuat artikel seunik mungkin dan sebisa mungkin artikel yang saya buat berdasarkan ide sendiri.Namun ternyata usaha yang selama ini saya lakukan tidak menjamin blog saya aman dari tuntutan atau pelaporan.Baca juga: Salam Persahabatan Buat Si Tukang Lapor 

Banding

Terbukti pada 11 Desember tahun lalu saya mendapat surat teguran dari Google karena menganggap ada beberapa materi yang ada diblog ini melanggar hak cipta sehingga artikel saya tersebut masuk kedalam draft yang selanjutnya akan dihapus dari penelusuran.Sempat shock karena ini pengalaman pertama saya dilaporkan pihak tertentu dengan alasan melanggar hak cipta karena panik waktu itu saya lebih memilih menghapus artikel tersebut hal ini saya lakukan atas masukan dari teman-teman blogger maksudnya sih cari aman.

Setelah menghapus artikel tersebut saya masih ada ganjalan dipikiran saya karena menurut penjelasan blogger lain kalau artikel saya diadukan oleh pihak lain kemudian saya menerima artinya tidak melakukan banding sama saja saya mengakui melakukan kesalahan yang dituduhkan dengan kata lain saya sudah dianggap melakukan kesalahan resikonya jika suatu saat ada pihak yang melaporkan artikel saya lagi dan saya melakukan hal yang sama saya akan dianggap google melakukan pelanggaran berulang dan resikonya blog terancam dihapus.

Akhirnya karena saya yakin artikel tersebut tidak melanggar hak cipta saya melakukan banding melalui link yang disediakan google namun prosesnya tidak sebentar keesokan harinya saya mendapat balasan bahwa laporan banding saya sudah diterima selanjutnya masuk dalam antrian dan akan diproses.Pada 24 Desember 2015 saya kembali mendapat email dari google yang isinya google meminta informasi lebih lanjut dan memberikan alasan untuk megklarifikasi tuduhan tersebut.Akhirnya saya balas email tesebut menggunakan bahasa Inggris yang intinya saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya tidak melanggar hak cipta dan untuk memperkuat argument,saya melampirkan dokumen artikel asli dalam format Ms Word.Baca juga : Why do you like to learn English?

Kemudian pada 6 Jan 2016 saya kembali mendapat email dari google yang isinya Google sudah meneruskan pemberitahuan kepelapor jika dalam tempo 10-14 hari sipelapor tidak membawa kasus tersebut kepengadilan maka google akan mengembalikan(memulihkan) artikel tesebut seperti semula.Saya sebenarnya optimis bisa memenangkan banding karena saya yakin artikel saya tidak melanggar hak cipta.Hari ini tanggal 21 Jan 2016 keputusan itu datang  yang ditandai dengan kiriman email dari google yang menyatakan “Berdasarkan pemberitahuan yang Anda kirimkan kepada kami pada 2015/12/12,kami telah dipulihkan…”(Hasil translate jadi tata bahasanya agak kurang tepat).
email pemulihan dari google

Membaca pemberitahuan ini saya merasa lega akhirnya banding DMCA artikel saya dikabulkan walaupun harus menunggu selama 40 hari sehingga saya terbebas dari tuduhan pelapor artinya saya tidak melakukan pelanggaran hak cipta Alhamdulillah.Pesan saya kepada teman-teman blogger apabila suatu saat artikel blog anda ada yang melaporkan namun anda yakin tidak melakukan pelanggaran yang dituduhkan sebaiknya anda melakukan banding tentu saja harus memiliki bukti yang kuat. 

20 comments:

  1. Syukurlah bos dah berhasil dalam mengajukan bandingnya, semoga ga ada yang asal main lapor saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas mudah mudahan ini yang pertama dan terakhir

      Delete
  2. wah.., selamat pak.
    berarti blog ini bebas dari hukuman pengadilan mbah Google. he he...,

    mari pak. terus berkarya dengan Blogger.com

    ngga usah cemas lagi seperti kemaren

    Sukses selalu untuk blog ini ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sudah plong sekarang jadi lebih enjoy ngeblognya

      Delete
  3. wah, selamat mas, udah memenangkan persidangan, hehehe..
    Tapi setelah menang banding, apakah artikel mas dwi yg dianggap "melanggar" tsb akan mas publikasikan ulang lagi apa nggak mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel sudah terlanjur saya hapus mas cachenya masih ada tapi nggak bisa dipulihkan ya sudah biarkan saja yang penting statusnya bebas bukan "tersangka" he he he.Bisa saja saya publish ulang tapi biarlah jadi arsip dikomputer

      Delete
  4. Alhamdulillah kang, itulah yang kita harapkan, semoga bisa lega dan tidak ada maslah lagi, sukses selalu kang :)

    ReplyDelete
  5. Mas dwi ok juga ya,,,berani ngajuin banding...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga usaha mas yang penting saya yakin benar jadi berani banding kalo nggak bisa repot mas

      Delete
  6. Selamat mas...semoga kedepannya tidak ada yg main lapor gitu aja...kalau memang kita melakukan pelanggaran, harusnya komunikasikan terlebih dahulu lewat form contact..Jadi bisa di selesaikan secara kekeluargaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas padahal sama sama blogger harusnya sudah tahu situasi blogging seperti apa

      Delete
  7. Alhamdulillah Mas.. Mgkn ada yg syirik mas ya.. Smpe2 lapor2 sgla.. :D
    Bgus nih artikel.. untuk pengalaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger juga manusia mas ada yang baik ada yang buruk.Mudah mudahan bermanfaat karena umumnya lebih memilih cari aman dengan tidak melakukan banding padahal kalau tidak salah malah wajib banding karena google sudah memfasilitasi

      Delete
  8. Memang banyak sekali tentang menjadi seorang blogger apalagi kalo ingin mendapat penghasilan dari blog, misalnya seperti yang dialami oleh mas dwi, kejadian seperti itu merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh seorang blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan menemukan masalah semakin membuat kita semakin menguasai ilmu ngeblog yang sebenarnya mas

      Delete
  9. selamat mas kalo begitu. mungkin itu dikiranya mebagikan templete mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sipelapor nggak baca dulu artikelnya main lapor saja

      Delete
  10. wah itu sih ada yang merasa tersaingi dan dia tidak kreatif aja ngeporin yang tidak sebenarnya mas... buktinya menang juga kan bandingnya. yang saya heran kerjaan orang itu kan memakan waktu juga yang sebenarnya bisa digunakan membuat posting baru dan ori...tapi ya dasar gak kreatif aja yang ngeporin itu... oleh karena itu saya nyatakan ia termasuk blogger masuk angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas pantasnya memang disebut blogger masuk angin

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB