Saturday, January 16, 2016

Cape Juga Membuat Artikel Berdasarkan Referensi

author photo
Cape Juga Membuat Artikel Berdasarkan Referensi-Jika anda disuruh memilih antara membuat artikel murni berdasarkan ide sendiri dengan berdasarkan referensi mana yang akan anda pilih?kedua cara tersebut terus terang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Jika membuat artikel murni berdasarkan ide sendiri anda akan leluasa mengembangkan ide semau anda mau panjang mau pendek nggak masalah namun jika anda menulis artikel berdasarkan referensi anda harus memahami sumber referensi sebelum menulis artikel jadi membutuhkan waktu yang lama. Baca Juga : Perbedaaan Menulis Berdasarkan Ide Sendiri dengan Referensi
Membuat Artikel

Saya sendiri selama menekuni blogging selalu membuat artikel berdasarkan ide sendiri baik berdasarkan hobi,bakat atau profesi namun kebiasaan itu sepertinya harus mulai saya rubah karena ternyata jika saya hanya mengandalkan ide sendiri,saya kesulitan dalam optimasi adsense untuk blog ini.Awalnya saya menduga dengan posting satu artikel perhari bisa mendongkrak penghasilan adsense namun ternyata masih jauh dari harapan penyebab terbesarnya karena nilai CPC blog bahasa Indonesia relatif kecil jadi jika mengandalkan CPC saya rasa hasilnya tidak akan maksimal.

Cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan dari blog bahasa Indonesia tak lain dengan cara meningkatkan trafik blog.Faktanya trafik 1000-2000 perhari belumlah cukup untuk mendongkrak penghasilan paling tidak saya harus meningkatkan trafik 3 atau 4 kali lipat agar bisa PO rutin tiap bulan.Makanya memasuki awal tahun 2016 saya memiliki resolusi untuk bisa menambah frekuensi posting dari sehari 1 artikel menjadi 2-3 artikel perhari.Namun hingga hari ini saya masih kesulitan merealisasikan resolusi itu masalah utamanya karena kurangnya ide untuk artikel.

Untuk mengatasinya beberapa hari ini saya mencoba menulis artikel berdasarkan referensi misalnya situs,buku atau majalah.Topik yang saya pilih adalah seputar teknologi kebetulan saya menyukai yang berbau teknologi dan saya memiliki buku atau majalah seputar teknologi.Tujuan saya adalah membiaskan diri menulis berdasarkan referensi harapannya tentu saja agar blog ini makin kaya informasi dan jumlah artikelnya semakin banyak.

Setelah saya berhasil membuat 5 artikel yang bersumberkan dari referensi saya merasa cape juga membuat artikel berdasarkan referensi karena saya harus mencari topik apa yang kira-kira bermanfaat,mencari referensi yang kredibel misalnya situs-situs tertentu kemudian saya mencopy referensi tersebut satu persatu dilanjutkan dengan membaca dan memahami dengan seksama referensi tersebut setelah itu barulah saya mulai menulis.

Dalam proses menulisnya saya juga harus bekerja keras agar artikel yang saya buat benar-benar unik berbeda dengan naskah aslinya apalagi jika referensinya situs luar kadang jika diterjemahkan tata bahasanya kacau balau tak jarang yang sulit dipahami namun itulah tantangan yang harus saya hadapi jika mau membuat artikel berdasarkan referensi mungkin karena belum terbiasa saya agak kesulitan namun saya yakin itulah cara terbaik agar saya bisa menambah frekuensi postingan dan saya harus membiasakan cara tersebut.

Bagaimana dengan anda apakah punya pengalaman membuat artikel berdasarkan referensi?senang sekali jika anda mau berbagi disini.

This post have 14 komentar

avatar
Indra DP delete January 16, 2016 at 12:53 PM

memang agak sulit untuk buat artikel dari berbagai referensi, aku juga kadang cari2 referensi pernah sampai 8 situs sekaligus di internet untuk bikin 1 artikel.

Reply
avatar
Wahab Saputra delete January 16, 2016 at 2:24 PM

60% artikel yang ada diblog saya juga berdasarkan referensi Mas...

Reply
avatar
Defi Purnama delete January 16, 2016 at 2:56 PM

Memang benar mas, membuat artikel itu kita harus terlebih dahulu memahaminya, baru kita olah sendiri agar lebih unik :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 16, 2016 at 2:58 PM

Kalau boleh milih enaknya memang artikel ide sendiri mas tapi perlu dicoba juga yang berdasarkan referensi toh cara ini sudah jamak dilakukan oleh penulis pro

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 16, 2016 at 3:00 PM

Wah perlu banyak belajar nih sama mas wahab biar artikelnya unik

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 16, 2016 at 3:02 PM

Iya mas makanya nggak bisa cepat nulisnya beda kalau ide sendiri 1 jam sudah publish

Reply
avatar
Daniel Gio delete January 17, 2016 at 3:12 PM

Nulis berdasarkan hobi jauh lebih mudah mas, trus gunakan teknik pomodoro utk menilis artikel.

Cukup luagkan waktu 25 menit, dan tulislah 500 kata tanpa backspace, setelah itu baru editing.

Dan hasilnya sehari bisa sampe 5 artikel mas...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 17, 2016 at 4:01 PM

Saya juga sering melakukannya mas cuma kalau mau buat banyak artikel misal utk optimasi adsesne sering kesulitan mas karena idenya terbatas apalagi hobinya teknik nulisnya harus ilmiah makanya kudu diselingi dengan sumber referensi

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete January 19, 2016 at 5:43 AM

Sayangnya mas Indra DP ini ogah mencantumkan sumbernya dengan jelas, pasti dengan berbagai sumber. Apa karena malu atau karena apa ya?

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete January 19, 2016 at 5:44 AM

Kalau saya lebih dari 90% mas karena awalnya memang saya penulis pro.

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete January 19, 2016 at 5:46 AM

Dengan menggali wawasan dari sumber referensi pasti apa yang kita bahas jadi kaya mas. Dan itu udah terbukti dari tulisan-tulisan saya yang saya tulis. Pasti sumber refensinya lebih dari tiga. Yang paling menantang itu mengolah dan memasukkan ide kita didalamnyaa entah itu untuk menguatkan argumentasi kita ataupun untuk mencari solusi dari berbagai sudut pandang ahli yang berpendapat.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 19, 2016 at 6:16 AM

Setuju mas semakin banyak referensi maka semakin kaya informasi artikel yang kita tulis kendalanya memang bagaiamana caranya agar artikel tersebut tidak mirip dengan aslinya makanya saya sekarang mulai belajar membuat artikel yang berkualitas berdasarkan referensi tertentu

Reply
avatar
Ardy S delete January 20, 2016 at 12:06 AM

Ane sudah pernah nyoba 10 artikel perhari dan itu benar-benar cape., tapi hasil yang diberikan cukup memuaskan antara lain pageview meningkat drastis,.. tapi sebaiknya perhari cukup 1 artikel saja, dan artikel yang diberikan mesti oke, (y)., tingkatkan juga promosi ke blog-blog, sosialmedia, atau di forum blog., (blogwalking..)

Semangat gan, keep blogging,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 20, 2016 at 8:40 AM

Coba kalau bisa tiap hari psoting 10 artikel....sayangnya sulitnya minta ampun

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement