Tutorial, Review, Tips&Trik

Dolby Atmos Teknologi Surround Bioskop,Home Theater hingga Smartphone

Dolby Atmos Teknologi Surround Bioskop,Home Theater hingga Smartphone-Teknologi tata suara bioskop kian hari semakin berkembang jika diera tahun 1975 kita hanya mengenal tata suara bioskop Dolby Stereo namun saat ini perkembangannya sangat pesat tercatat hingga tahun 2009 sudah muncul sekitar 9 teknologi tata suara surround baru mulai dari Dolby surround hingga Dolby Pro Logic IIz.Hal ini tak bisa lepas dari peran Dolby Laboratories,Inc(Dolby Labs) yang terus berinovasi menciptakan teknologi tata suara surround terbaru.Seperti kita ketahui Dolby laboratories merupakan perusahaan yang mengkhususkan dalam bidang encoding/kompresi audio dan audio noise reduction yang bermarkas di Amerika Serikat.Baca juga : Dolby Digital,Dolby Pro Logic II,DTS Teknologi Canggih Tata Suara Surround Digital
Dolby Dekoder
Dolby Dekoder Via Wikipedia

Terbukti pada Juni 2012 untuk pertama kalinya dirilis teknologi tata suara digital surround Dolby Atmos ditandai dengan pemutaran film perdana Pixar’s Brave.Dolby Atmos mengklaim sebagai tata suara sinema masa depan dengan karakter bass yang powerfull,efek suara surround full 360 derajat,speaker yang optimal serta ketajaman suara yang tidak perlu diragukan sehingga mampu menampilkan suara yang natural.

Dengan teknologi Dolby Atmos memungkinkan untuk menambah track audio hingga 128 track serta metadata yang kemudian didistribusikan kebioskop dengan kualitas suara yang lebih optimal serta mampu menyesuaikan dengan kemampuan speaker bioskop yang ada selain itu Dolby Atmos juga memungkinkan me-mixer ulang rekaman menggunakan Pro Tools Plugin yang mana dilengkapi juga dengan Audio berformat besar yang berfungsi sebagai pengolah konsol seperti AMS neve’s DFC atau Harisson’s MPC5.

Dolby Atmos Merambah ke Home Theater

Teknologi Dolby Atmos pada awalnya diaplikasikan hanya untuk sistem audio bioskop komersial namun dalam perkembangannya teknologi ini merambah kesistem audio bioskop rumahan yang telah menerapkan sistem audio 5.1 ch atau 7.1 ch.Dengan teknologi Dolby Atmos mampu mendorong sistem speaker dari home thater untuk memproduksi audio mirip dengan aslinya misalnya dengan meletakkan speaker dilangit-langit rumah untuk bisa menikmati suara helikopter atau suara hujan.

Pada Juni 2014 Dolby Labs,Inc resmi mengaplikasikan teknologi Dolby Atmos kedalam sistem bioskop rumah.Hal itu ditandai dengan diproduksinya Home Theater In Box oleh perusahaan elektronik besar seperti Denon,Marantz,Onkyo,Pioneer dan Yamaha.Film pertama yang mengusung teknologi ini adalah Transformer : Age of Extinction dalam format cakram Blue Ray sedangkan Video game pertama yang menggunakan Dolby Atmos adalah Star Wars : Battlefront.Penasaran sepeti apa kualitas suara dari Dolby Atmos silahkan dengarkan demonya disini:

Dolby Atmos merambah ke Smartphone

Selain diaplikasikan untuk bioskop komersial dan home theater Dolby Atmos juga merambah ke teknologi smartphone,hal itu ditandai dengan dirilisnya smamrtphone pertama didunia yang mampu menampilkan tata suara Dolby Atmos yaitu Leanovo A 7000 pada bulan maret 2015 lalu.Dengan teknologi ini diklaim mampu memberikan pengalaman yang menakjubkan bagi penggunanya terutama untuk streaming film atau musik.

Dengan Dolby Atmos pengguna akan memasuki era baru tata suara smartphone dimana suara akan tampak mengalir disekitar atau diatas pendengarnya sehingga seolah-olah menjadi bagian dari adegan film.Dengan mengaktifkan Dolby Atmos maka pengguna akan bisa menikmati fitur canggih dari Dolby Atmos seperti Surround Virtualizer,Dialogue Enhancer,Volume leveler,Intelligent Equalizer dan Dolby Digital Pass-through.Cara mengaktifkannya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol aplikasi Dolby Atmos di Smartphone Anda sayangnya tidak semua smartphone support untuk teknologi ini hanya beberapa merk smartphone tertentu saja seperti LG,HTC,ZTE,OBI atau Bq.

Demikianlah informasi teknologi seputar Dolby Atmos Teknologi Surround Bioskop,Home Theater hingga Smartphone yang bisa saya sampaikan kali ini semoga bermafaat.

7 comments:

  1. Keren banget kemajuannya mas.

    Oh iya, itu dimana sumbernya lupa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber saya ambil dari Wikipedia english mas dan setahu saya tidak harus mencantumkan sumber karena artikel di wikipedia di bawah lisensi domain publik atau creative commons jenis Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi.
      Artinya:
      1. Kita diperbolehkan berbagi, menyalin dan menyebarluaskan kembali materi di wikipedia dalam bentuk atau format apapun.
      2. Kita diperbolehkan mengadaptasi, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi yg ada di wikipedia untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
      Kecuali gambar. Gambar di wikipedia memiliki jenis lisensi yang berbeda-beda, dan jika kita ingin menggunakan gambar di wikipedia maka kita harus tunduk pada aturan yg diterapkan oleh lisensi masing-masing gambar. Misalnya, kita harus mencantumkan sumber gambar atan TANPA mencantumkan sumber gambar.
      Gimana mas?mudah mudahan mencerahkan

      Delete
    2. Sebaiknya dicantumkan mas, karena tuntutan seorang penulis pro wajib, sekalipun itu hak ciptanya gratis tapi bukan berarti seenaknya begitu. Apa mas ga baca artikel-artikel saya?

      Lihat juga gimana artikel yang ditulis di wikipedia, apa ga menyebutkan sumbernya padahal lisensinya gratis?

      Delete
  2. ya semoga saja banyak smarphone yang memakai dolby atmos ini, biar lebih audionya lebih real :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga saja begitu mas karena kualitas saura dari Doby Atmos tidak perlu diragukan lagi

      Delete
  3. Wah, makin canggih aja ya mas. Sudah sampai merambah ke smartphone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas makin memanjakan pengguna smartphone

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB