Tutorial, Review, Tips&Trik

Modal Membuat Blog Profesional Pencetak Uang

Modal Membuat Blog Profesional Pencetak Uang-Siapa yang tidak ingin memiliki blog profesional yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang,Blog profesional bisa diartikan blog yang sejak awal dikonsep untuk bisa menghasilkan uang bukan untuk belajar ataupun coba-coba.Artikel ini terinspirasi dari sebuah thread yang ada diforum Juragan Cipir yang isinya tentang ketidakpuasan seorang member forum tersebut karena penghasilan adsensenya hanya $0,07/Rp.700 per kliknya jadi meskipun perolehan kliknya mencapai 36 klik namun hasilnya cuma $2,6 sehingga timbul pertanyaan,Normalkah penghasilan sebesar itu?

Blog Profesional

Buat saya yang lebih mengejutkan adalah jawaban dari member forum lainnya yang mengatakan penghasilan sebesar itu masih termasuk besar karena dia sendiri nilai kliknya lebih rendah dari yang sudah disebutkan tadi namun meskipun nilainya kecil ternyata member tersebut bisa memperoleh $40 perhari atau total 1120 klik kalau dirupiahkan berarti mampu menghasilkan Rp.552.000 per hari jika anda penasaran silahkan kunjungi forum juragan cipir Disini.Wow…besar banget penghasilannya gumam saya dalam hati.

Saya jadi penasaran siapa blogger yang memiliki nama akun Mas Joko ini dan setelah saya telusuri ternyata nama akun G plusnya Joko Warino dan memiliki blog yang beralamat di jokowarino.id jika melihat ekstensi domainnya saya sudah bisa menyimpulkan blog tersebut merupakan blog profesional bagaimana tidak harga domain dot id mencapai Rp.550.000/tahun pasti pemiliknya bukan blogger sembarangan.Penasaran saya kunjungi blognya yang ternyata topiknya gado-gado kesan pertama saya menebak trafiknya pasti tinggi karena sudah ada iklan adsense matched content.

Iseng-iseng saya berlangganan artikel melalui email maksudnya sih ingin tahu artikelnya seperti apa siapa tahu saya bisa meniru gayanya.Hari pertama saya mendapat kiriman email artikel baru sungguh diluar dugaan tenyata blog tersebut mampu memposting artikel baru sebanyak 28 artikel perhari sungguh sebuah prestasi yang luar biasa untuk ukuran blog pribadi pantas saja jika penghasilannya bisa tinggi.

Sebagai blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog tentu saya ingin meniru mas Joko Warino ini yang mana beliau sangat profesional dalam mengelola blognya mulai dari pemilihan platform blognya sampai update artikelnya pokoknya kalau nggak profesional sulit untuk bisa menyamai mas Joko.Terlintas pertanyaan dibenak saya berapa sih modal untuk membuat blog profesional pencetak uang?Yuk coba kita hitung-hitung siapa tahu suatu saat anda bisa melakukannya.

1.Modal membeli domain dan hosting

Untuk membuat blog profesional Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri sehinga lebih aman untuk jangka panjang dan karena anda akan mempublikasikan banyak artikel maka selayaknya memilih hosting yang kuota disk space atau bandwidthnya besar namun yang paling aman adalah paket hosting unlimited contohnya jika menggunakan hosting didomosquare ada paket unlimited dengan tarif Rp.49,9 ribu per bulan tanpa addon domain atau Rp.69,9 ribu per bulan dengan 10 addons domain.Jika anda lebih memilih blog gado-gado lebih cocok menggunakan paket yang pertama tapi kalau anda berencana mau membuat banyak blog niche anda bisa menggunakan paket yang kedua.Baca juga : Cara Aman dan Awet Mencari Uang dari Blog

2.Modal membeli artikel

Langkah ini menurut saya yang paling sulit karena jika anda ingin secara profesional membangun sebuah blog maka artikel menjadi ujung tombak kesuksesan.Jika anda hanya mengandalkan artikel tulisan sendiri saya yakin akan kesulitan apalagi jika harus posting 10-20 artikel per hari,Oleh karena itu anda akan membutuhkan jasa penulis artikel.Kabar buruknya kalau anda menggunakan jasa penulisan artikel profesional tarifnya lumayan mahal untuk artikel standar seo 300 kata tarifnya Rp.12.000 jika ingin lebih SEO paling tidak 500 kata dengan harga Rp.20.000 per artikel.

Namun jika anda menggunakan jasa artikel yang tarifnya murah kualitasnya tidak bisa diandalkan.Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan artikel yaitu dengan mempekerjakan penulis lepas misalnya dari kalangan blogger cuma susah juga mencari blogger yang mau bekerja keras dan bertanggung jawab.Jika Anda memutuskan untuk membeli artikel pengeluaran terbesar ada pada pos ini jika anda mau berhemat tentu saja harus bekerja keras siang dan malam untuk membuat artikel sendiri.Baca juga : Perlukah menggunakan Jasa Penulisan Artikel?

3.Modal koneksi internet

Mengelola sebuah blog profesional membutuhkan koneksi internet yang lancar serta kuota yang mencukupi untungnya di Indonesia tidak sulit menemukan paket internet yang cocok.Untuk mengelola sebuah blog,saya rasa kuota 4 GB dengan tarif Rp.100.000 per bulan mencukupi jika masih kurang anda bisa pindah paket yang lebih besar.Sayangnya tidak semua wilayah di Indonesia terjangkau jaringan internet yang memadai jika demikian tentu akan menjadi hambatan yang serius dalam membuat blog profesional.Baca juga : Koneksi Internet Lambat Musuh Utama Seorang Blogger

Jika dikalkulasi modal yang harus dibutuhkan untuk membuat blog profesional adalah:
No
Rincian
Jumlah
1
Domain
Rp.110.000
2
Hosting Unlimited
Rp.598.900
3
Artikel Per hari 1 artikel @Rp.12.000x30x12 bulan
Rp.4.320.000
4
Koneksi Internet Rp.100.000/bulanx12
Rp.1.200.000

Total
Rp.6.228.900

Modal sebesar itu merupakan modal minimal yang harus dipersiapkan dan belum tentu akan cepat menghasilkan uang karena tergantung banyak faktor yang mempengaruhinya misalnya kata kunci jumlah kata atau jumlah artikel sehingga resiko gagal tetap ada dan satu hal lagi blog akan memperoleh hasil yang maksimal jika dimonetisasi dengan google adsense jadi sebelum anda membuat blog profesional pastikan anda sudah memiliki akun adsense jika belum hasilnya tidak akan maksimal.

Kesimpulannya jika anda ingin membuat blog profesional pencetak uang membutuhkan modal yang tidak sedikit dan perlu perencanaan yang matang dan sebelum anda memutuskan membuat blog profesional pastikan Anda sudah memenuhi syarat untuk jadi blogger profesional jadi tidak asal modal nekat.Saran yang sangat bagus saya temukan diblognya Kang Herman Yudiono blogodolar.com seorang fulltime blogger asal Sumedang.

Beliau menyatakan bahwa kalau anda ingin jadi blogger profesional paling tidak harus memenuhi 11 syarat yaitu: Waktu,keahlian,minat,pengetahuan teknis ngeblog,kemampuan menulis,pengetahuan ngeblog,kemampuan mendesain blog,pengetahuan marketing,kreatif&inovatif,mampu membuat artikel berkualitas,memiliki jaringan dan memiliki kemampuan berkomunikasi.

12 comments:

  1. wah modalnya seorang bloger profesional tidak main main ya... kalau saya sendiri masih main main dalam ngeblog, karena hanya bermodal utama koneksi internet dan menulis. walaupun tulisannya masih acak-acakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berawal dari main main lama lama kalau sudah menguasai suatu saat ingin jadi pro

      Delete
  2. mantap sekali mas tulisannya. pendapat - pendapatnya sangat real sekali.
    pantas saja saya tidak seperti itu karena tidak memenuhi kriteria ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin Mas Rozak lagi proses kearah Pro buktinya sudah punya 2 blog berdomain TLD artinya sudah berani keluar modal siapa tahu besok besok pakai hosting sendiri atau berani beli artikel

      Delete
  3. Untuk menjadi blogger profesional memang butuh modal yg tidak sedikit, namun bagi pemula seperti aku, dengan perkiraan modal diatas. sepertinya masih sulit untuk direalisasikan, karena penghasilan dari blog belum memenuhi modal yg sampai segitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicicil/bertahap kok mas...kan Mas Indra sudah punya modalnya yaitu akun adsense.Taruhlah tahun ini sudah pakai Domain TLD tahun depan pakai hosting sendiri tahun depannya lagi mulai beli artikel...jalannya terbuka lebar kok mas apalagi blog mas sudah mulai menghasilkan

      Delete
  4. butuh modal juga, kalo dimaksimalkan hasil bisa menutupi modal, bahkan lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya juga begitu mas kalau dikonsep dengan benar akan cepat balik modal

      Delete
  5. semua usaha selalu terkaitkan dengan modal, dengan demikian akan mendapatkan hasil yang maksimal dan sukses amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups... :) walaupun modalnya tidak cuma uang tapi uang paling besar andilnya utk menjadi blogger pro

      Delete
  6. modal yang dikeluarkan kalo dikelola secara profesional akan memberikan hasil yang setimpal ya mas,

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB