Tutorial, Review, Tips&Trik

Paket Hosting Sudah Aktif Apa Langkah Selanjutnya?

Paket Hosting Sudah Aktif Apa Langkah Selanjutnya?-Paket hosting yang sudah aktif dan bisa langsung digunakan ditandai dengan dikirimkannya informasi akun dan login cpanel hosting yang berisi usernamne,password dan informasi server oleh penyedia hosting kealamat email anda.Proses ini merupakan langkah awal yang harus dilalui jika anda ingin membuat blog wordpress self hosting berbeda jika anda membuat blog diblogspot atau wordpress.com anda bisa langsung posting,

Mungkin karena alasan itulah sebagian blogger enggan membuat blog wordpress self hosting karena prosesnya tidak secepat membuat blog gratisan ditambah lagi berbayar.Namun saya yakin suatu saat jika sudah merasakan arti pentingnya menguasai teknis blogging khususnya mengelola blog wordpress berbayar anda akan tertarik untuk mencobanya.Nah…berkaitan dengan hal tersebut kali ini  saya ingin berbagi pengalaman tentang proses yang harus dilakukan jika paket hosting yang sudah dibeli sudah aktif kebetulan belum lama ini saya membeli paket hosting.Berikut informasi selengkapnya;
setting hosting

Menghubungkan Domain dengan web hosting
Proses ini khusus bagi mereka yang membeli domain dipenyedia lain misalnya anda membeli domain di IDwebhost kemudian beli paket hostingnya di Domosquare jika anda membeli paket domain dan hosting dalam satu tempat/penyedia domain hosting maka langkah ini abaikan saja langsung pada langkah berikutnya.Jika anda belum pernah melakukannya mungkin akan terasa sulit padahal sebenarnya mudah yaitu tinggal merubah nameserver dari domain yang akan anda hubungkan dengan hosting yang baru anda beli.

Bagaimana anda tahu nameserver hostingnya?seperti yang saya sebutkan diawal ketika pertama kali hosting aktif maka anda akan menerima email yang salah satunya berisi nameserver hosting misalnya jika anda membeli hosting di domosquare maka nameservernya ns1.domosquare.com dan ns2.domosquare.com.setelah itu barulah anda log in keakun domain ditempat anda membeli dan pada bagian nameserver masukkan nameserver hostingnya.

Menginstall Wordpress
Langkah ini paling penting karena anda tidak akan bisa ngeblog jika belum install wordpress meskipun caranya mudah namun perlu ketelitian jangan sampai kejadian seperti saya menimpa anda hanya karena lupa menghapus set up default blog justru blog tidak bisa diakses.Caranya sebagai berikut dengan asumsi anda menggunakan hosting di domosquare namun saya rasa dipenyedia hosting lainnya caranya nggak beda jauh.

1.Log ini ke Cpanel dengan user name dan password yang sudah dikirimkan melalui email
2.Cari aplikasi installer softaculous.
3.Klik Wordpress
4.Klik Install
5.Set up Sofware
Choose protocol : pilih http:// atau http: //www. Jika anda memilih yang pertama maka tampilan di address bar namadomain.com sedangkan yang kedua www.namadomain.com saya sendiri memilih yang pertama jadi lebih ringkas.Jangan kuatir jika anda memilih yang pertama blog akan tetap bisa diakses meskipun pengunjung mengetikkan www.namadomain begitu juga sebaliknya.
Chose Domain : Pilih domain anda
In Directory : Kosongkan saja.Jika anda tidak mengosongkan atau menggunakan setelan default wp maka blog anda URL nya menjadi namadomain.com/wp.
Site name : judul blog anda misalnya media kompilasi
Site Description : Deskripsi blog anda misalnya tips,trik dan tutorial
Admin user : buat username untuk log in di WP secara default usernamenya admin namun sebaiknya diganti biar nggak mudah dibobol hacker
Password : Buat password untuk log in di WP
Admin email : isikan email anda
6.Klik install tunggu sampai proses selesai.Silahkan akses blog anda dengan namadomian.com jika bisa tampil berarti proses install sudah benar.

Persiapan sebelum posting
Setelah anda install worpress dihosting anda sebenarnya sudah bisa langsung posting namun agar kinerja blog anda maksimal anda perlu melakukan beberapa persiapan diantaranya:

1.Setting dasar.

  • Menghapus postingan “hello world”
  • Setting permalink : Pilih yang post name(nama tulisan) contoh :  http://mediakompilasi.com/contoh-tulisan/
  • Memilih themes.Secara default wordpress memasang themes twenty sixteen jika anda kurang cocok anda bisa memilih themes lainnya namun yang perlu anda perhatikan tidak semua themes gratisan menggunakan auto read more.Contoh themes yang menggunakan auto read more Point,Playbook,Frontier.Saya sendiri menggunakan themes point dari mythemeshop

2..Install Plug in.
Jika anda menggunakan wordpress berbayar anda tak bisa lepas dari plug in karena memang sangat membantu kinerja blog misalnya untuk SEO,blokir spam,mempercepat loading blog,mengkompres ukuran gambar dan lain–lain.Namun yang perlu diperhatikan pilihlah plug in sesuai kebutuhan karena plug in ini memakan resource hosting.Lalu plug in apa saja yang sebaiknya diinstall?jika anda masih bingung plug in apa saja yang akan diinstall rekomendasi dari Reky Bongso(idbloginfo.com) layak untuk anda pertimbangkan.Ada 10 plug in yang wajib anda install untuk blog anda yaitu Yoast SEO,Aksimet,SEO Friendly Images,WP Super cache,BJ Lazy Load,Autoptimize,WP Smush ,Jetpack,Google Analytics Dashboard for Wp,Wordfence Security.Baca juga : Paket Hosting baru aktif langsung limit disk space kok bisa?

Jika semuanya sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah posting sebagai mana biasanya dan yang perlu anda ketahui posting di wordpress agak sedikit berbeda dengan di blogspot terutama dari sisi SEO nya.Semoga informasi tentang langkah apa yang harus dilakukan setelah paket hosting aktif bermanfaat.Terima kasih sudah berkunjung.

13 comments:

  1. sy simak dulu mas...sy masih blm bisa menggunakan wordpres apalagi tentng paket hosting...hehe...belajar dulu dr njenengan, semoga bisa sedikit paham :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas...dulu saya juga awalnya baca baca dulu lama lama tertarik dan akhirnya membuat blog wp

      Delete
    2. Saya sekarang juga sudah pakai wp,biarpun bayar tapi puas dengan kemudahan yg ada

      Delete
  2. ijinsimak dulu mas, soalnya saya juga belum begitu paham dengan hal-hal yang beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mas...nggak ada salahnya dipelajari

      Delete
  3. izin membaca aja dulu, soalnya saya ngga paham tentang wordpress self hosting. yang tahunya sih cuma blogger milik Google. he he ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja saya buat postingan ini biar teman teman pada tertarik termasuk Mas afrid provokasi dikit lah he he he...

      Delete
  4. Web Wordpressnya sudah mulai berjalan sepertinya Mas...
    WP saya juga blom sempat di isi konten,,,kewalahan juga klo ngehandel sendirian...
    Sukses Buat Web barunya Mas DWi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mulai mas...yang penting domainnya ke indeks dulu mas sambil riset kata kunci.Resikonya memang gitu mas kalau punya blog lebih dari satu makanya saya pilih jenis blog niche biar agak santai ngurusnya

      Delete
  5. wah selamat pak, semoga bisa sukses dengan hosting nya pak :)

    ReplyDelete
  6. Wahh mau migrasi ya mas? Ikut nyimak dulu ah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mas sementara buat blog baru dulu sambil belajar ntar kalau sudah lihai Wp mau migrasi sudah nggak kaget lagi

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB