Friday, January 22, 2016

Pengertian Speaker Floorstanding dan Bookshelf Beserta Contohnya

author photo
Pengertian Speaker Floorstanding dan Bookshelf Beserta Contohnya-Speaker adalah komponen sistem audio yang paling vital untuk menghasilkan suara yang berkualitas dalam sebuah sistem tata suara.Selama ini mungkin anda lebih mengenal sistem speaker 3 way(Midbass-Midrange-Twitter) atau 2 Way( Midbass-Twitter) namun tahukah anda bahwa dimensi kotak speaker juga sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan? Mungkin anda sering menjumpai ukuran speaker yang kecil mungil dan ada pula yang ukurannya besar atau tambun apakah suara yang dihasilkan antara speaker yang ukurannya kecil dan besar akan sama kualitasnya?

Jawabannya tentu saja tidak ukuran speaker sangat mempengaruhi kualitas suara namun karena alasan efesiensi diciptakanlah 2 jenis speaker yaitu speaker floorstanding dan speaker bookshelf yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Nah…untuk mengetahuinya kali ini saya ingin berbagi informasi tentang pengertian speaker floorstanding dan bookshelf beserta contohnya.
Speaker Floorstanding Via Wikipedia

Pengertian Speaker Floorstanding


Speaker floorstanding (tower) merupakan speaker berukuran besar yang dirancang khusus sedemikian rupa sehinga bisa diletakkan dilantai atau berdiri sendiri tanpa perlu penopang.Speaker ini merupakan pilihan populer karena dipercaya mampu menghasilkan power yang besar,suara yang lebih jernih dan bass yang lebih nendang dibandingkan dengan speaker yang ukurannya kecil.

Speaker jenis ini mampu merespon frekuensi dan dynamic range yang lebih luas sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas dan akurat.Produsen biasanya merancang speaker floostanding dengan menggunakan komponen yang berkualitas tinggi demi reputasi konsekuensinya tentu saja harganya lebih mahal dari speaker jenis lainnya.Dalam penempatannya speaker ini perlu perlakuan khusus karena berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan yaitu paling tidak ditempatkan 90-120 cm dari dinding sehingga cukup menyita kapasitas ruang dengar.Baca juga : 5 Teknologi Speaker Aktif Terbaik

Namun demikian ada juga produsen speaker yang meramu speaker floorstanding seramping mungkin bodinya dibuat tidak tambun melainkan kurus dan jangkung tanpa menghilangkan kesan keeksklusifan speaker tersebut.Contoh speaker Floorstanding dipasaran : JBL Studio 590 (Rp.25.000.000),Boston Acoustic A 250 (Rp.7.250.000)
Speaker Bookshelf Via Wikipedia

Pengertian Speker Bookshelf


Speaker Bookshelf adalah speaker dengan desain yang kompak untuk kebutuhan home audio stereo atau home theater sistem yang dirancang khusus agar penempatannya bisa dirak buku atau tempat lain seperti meja,buffet,penopang yang terbuat dari besi sehingga volume kotak speakernya sangat minimalis atau kecil.Pada awalnya speaker dengan ukuran yang kecil dianggap sebelah mata oleh penggemar audio karena dianggap kualitasnya kurang bagus dan murahan namun sejak tahun 1960 beberapa produsen menciptakan speaker kecil menjadi bernilai mahal.

Usaha ini pertama kali dipelopori oleh Edgar Villchur bersama Henry Kloss yaitu dengan mendirikan Acoustic Research mereka kemudian melakukan inovasi desain yang dinamakan Acoustic Suspension yang kemudian menjadi cikal bakal speaker Bookshelf berkualitas bagus.Karena keterbatasan volume kotak speaker ini umumnya menggunakan sistem speaker 2 jalur(2 Way) yang terdiri atas Midbass berdiameter kecil dan sebuah twitter.Karena volume kotaknya terbatas seringkali frekuensi rendah yang dihasilkan sangat terbatas atau suara bassnya kurang berbobot.

Untuk mengatasinya biasanya speaker ini dalam pemakaiannya dikolaborasikan dengan speaker sub woofer.Speaker Bookshelf sangat ideal digunakan untuk ruangan kecil karena memang ditancang untuk memaksimalkan volume kabinet yang terbatas agar menghasilkan suara yang lebih berkualitas.Contoh speaker Bookshelf dipasaran : Polk Audio TSX 220 B (Rp.3.900.000),Yamaha HS 7 (Rp.4.500.000).Penasaran seperti apa penampakan speaker Floorstanding?Silahkan lihat video 10 Speaker floorstanding terbaik 2015 berikut ini:



Demikian informasi teknologi tentang Pengertian Speaker Floorstanding dan Bookshelf Beserta Contohnya mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda tentang dunia audio Terima kasih Atas kunjungannya.

Sumber Referensi :
http://www.ebay.com/gds/Floor-Standing-Speakers-Buying-Guide-/10000000177317712/g.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Bookshelf_speaker
http://www.audioholics.com/frequent-questions/bookshelf-vs-tower-speakers

This post have 19 komentar

avatar
Trik Pos delete January 22, 2016 at 7:20 PM

Speker Bookshelf ini didesain khusus untuk ruangan minim ya...mas ,Speker Bookshelf ini kalau menurut saya lebih pas di taruh dalam kamar ...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 22, 2016 at 7:43 PM

Iya mas bisa juga untuk komputer karena bentuknya minimalis

Reply
avatar
Nathalia Diana Pitaloka delete January 23, 2016 at 5:29 AM

saya ngeliatnya lbh gagah yg floorstanding

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 5:45 AM

Kalau urusan tampilan floorstanding jagonya...

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete January 23, 2016 at 5:56 AM

Kira-kira harga speaker aktif seperti itu harga pasarannya berapa ya mas?

Soalnya ditiap toko online aja udah berbeda harga.

Makasih sekali ulasannya.

Reply
avatar
Wahab Saputra delete January 23, 2016 at 5:59 AM

Jadi makin asyik denger musik pakai speaker ini...

Reply
avatar
Achmad Fazri delete January 23, 2016 at 8:43 AM

jika dilihat dari harganya Speaker Floorstanding lebih mahal dibandingkan Speker Bookshelf, mungkin karena ukurannya yang mini. kemaren beli speaker yang harganya 5 juta, tapi bentuknya seperti Speker Bookshelf agak besar.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 9:40 AM

Kan sudah saya cantumkan harga dipasaran mas....itu harga ditoko online

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 9:43 AM

Tentu saja...makin betah apalagi yang floorstanding

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 9:45 AM

Kualitasnya lebih bagus floorstanding dan materialnya juga khusus makanya lebih mahal

Reply
avatar
Indra DP delete January 23, 2016 at 10:51 AM

yg Speker Bookshelf itu sepertinya praktis juga dipasang diruangan yg gak terlalu lebar

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 11:40 AM

Kalau mau dipakai tanpa speaker lain cocoknya memang diruangan yang sempit tapi kalau mau diruangan yang lebih luas perlu ditambahkan speaker Subwoofer

Reply
avatar
Cara Bimbingan delete January 23, 2016 at 1:56 PM

cocok banget di pasang di ruangang ya mas, bentuk yang besar suara pun sangat bagus :)

Reply
avatar
Cara Bimbingan delete January 23, 2016 at 2:06 PM

nambah suara yang begitu m,antap lagi ya kang :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 23, 2016 at 2:38 PM

Kalau yang gede tambah gagah tampilannya

Reply
avatar
Mbah dinan delete January 24, 2016 at 8:24 PM

nah ini dia nih...mumpung nyambung dengan yang saya perlukan...
gini mas... saya butuh speaker floorstanding untuk edit musik. maklum usaha sampingan mas. nah kalau sendainya saya pesan beserta tuiter kira-kira menghabiskan uang berapa ya mas... mungkin speknya agak di bawah dikit dari gambar di atas... kalau masalah subwooper sih mungkin nanti dulu, nunggu ada hasil selanjutnya... mohon pencerahan ya mas. makasih sebelumnya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 25, 2016 at 6:29 AM

Kalau speaker floorstanding seperti itu kebanyakan produk luar mas jadi agak mahal alternatifnya merakit sendiri atau buat dijasa audio

Reply
avatar
Mbah dinan delete January 25, 2016 at 5:06 PM

rencana juga merakit sendiri aja, jadi bisa memilih speknya menurut kemampuan kita ya kang.... makasih ya atas penjelasannya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 25, 2016 at 5:56 PM

Bisa mas...merakit sendiri modalnya lebih hemat karena menggunakan komponen lokal

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement