KPK

Monday, February 8, 2016

Gawat! Ganti Template Blog Trafik Turun Drastis

author photo
Halo pengunjung setia blog Media Kompilasi.com…Seringkah Anda gonta-ganti template blog?Jika sering sepertinya anda perlu mengubah kebiasaan tersebut pasalnya ternyata pergantian template dapat menyebabkan trafik blog turun drastis,Benarkah?Jawabannya Benar mana buktinya? Saya mengalami sendiri trafik blog saya yang tadinya minimal 1200/hari setelah ganti template trafik turun hingga 75%,Gawat Bukan?

Ganti template

Sebenarnya saya sudah betah menggunakan template gratisan dari arlina viena lite karena sudah cukup lama saya menggunakan template tersebut walaupun ketika digunakan untuk optimasi adsense belum maksimal namun saya suka desainnya.Namun hari sabtu kemarin saya tiba-tiba ingin mengganti template tersebut dan sekedar flash back selama membangun blog media kompilasi saya sudah menggunakan 3 template yaitu kompimales,kompiflexible dan Viena lite.Berdasarkan pengalaman selama ini pergantian template tidak sampai membuat trafik turun drastis.

Kenapa saya tertarik untuk mengganti template blog lagi? Pertama Saya mau mencoba bereksperimen lagi untuk meningkatkan CTR adsense,Kedua Memanfaatkan template blog premium yang belum saya pakai dan kebetulan template tersebut sering diup date desainernya Ketiga Supaya tampilan blog lebih fresh dan unik.Sebenarnya saya paling males ganti template karena kustomisasinya butuh waktu yang tidak sebentar namun karena penasaran kinerja template tersebut saya pikir siapa tahu kinerjanya lebih bagus.Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Template Blogger Premium

Mengetahui kejadian tersebut saya langsung menghubungi desainer template tersebut takutnya ada yang salah setting atau yang lainnya.Saya langsung dapat jawaban menurut desainernya pergantian template blog jika strukturnya berbeda bisa menyebabkan trafiknya turun tapi akan pulih lagi  jika terus update seperti biasanya.Nah ini dia masalahnya saat ini saya tidak cukup memiliki waktu luang untuk up date artikel seperti biasanya karena baru saja mendapat momongan baru.

Bagi anda yang berencana ganti template blog sedangkan trafiknya sudah lumayan bagus sebaiknya memilih template blog yang strukturnya sama yang paling aman menurut saya dengan memilih template blog yang desainernya sama atau tampilannya hampir sama jika berbeda pikirkan masak-masak takutnya kejadian seperti saya menimpa blog anda.Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk anda.Terima kasih sudah berkunjung. 

This post have 27 komentar

avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete February 8, 2016 at 10:42 PM

Mudah-mudahan aja bisa kembali normal mas ya?

Usahakan terus biar stabil.

Reply
avatar
Alul Media delete February 8, 2016 at 11:22 PM

Mungkin butuh penyesuaian dulu mas, jadi butuh waktu.
dulu saya pas ganti template, trafiknya malah bisa meningkat 2x lipat.

Reply
avatar
Isrofi Achmad delete February 9, 2016 at 1:49 AM

Emang gitu mas, dalam minggu ini saya gonta-ganti templat sampai 3 kali, eh.. traffic langsung anjlok, akhirnya kembali lagi ke templat lama. Tapi ngaruhnya cuma sebentar mas, setelahnya pasti traffic akan kembali seperti semula.

Reply
avatar
Djangkaru Bumi delete February 9, 2016 at 2:04 AM

Biasanya pengunjung turun itu karena model templatenya yang berat. Aku baru tahu jika model template bisa mempengaruhi. Sebab selama aku ganti-ganti template belum pernah mengalami hal seperti itu.

Reply
avatar
Defi Purnama delete February 9, 2016 at 3:26 AM

Wah ini info yang sangat penting mas. Setelah baca artikel ini saya jadi mau ngilangin kebiasaan gonta ganti template :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 6:33 AM

Mungkin mas...dulu juga pernah ganti template malah trafik naik

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 6:41 AM

Oh gitu ya mas...belum pernah mengalami seperti ini jadi tanda tanya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 6:43 AM

Bisa jadi mas...tapi kalau saya mungkin karena strukturnya yang beda dari sebelumnya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 6:44 AM

Ya mas jadi ketar ketir takutnya nggak bisa pulih

Reply
avatar
Azis Bahari delete February 9, 2016 at 8:13 AM

wah pernah jga mas ngalamin hal yg serupa. namun karena hampir satu minggu trafik nggak balik, yaudh saya ganti aja ketemplate yg lama.. dan saat itu jga visitor langsung naik, bhkan lebih banyak lagi dari yg biasanya :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 8:45 AM

Makasih masukannya mas...sepertinya saya juga harus begitu kalau dalam beberapa hari kedepan nggak pulih rencananya mau balik lagi ketemplate semula

Reply
avatar
Anisayu Nastutik delete February 9, 2016 at 9:53 AM

Iya bisa bikin trafik turun
Bukti saya juga habis manyun
Gara-gara template lama eror ga bisa dituntun
Saya ganti tetap gratisan dan hasilnya pengunjung menurun...

Postingan2 pun
Banyak di halaman searching turun
Tapi alahamdulilah mulai diatas tersusun
Senyumku kini kembali anggun...

Reply
avatar
Mangadul Ganteng delete February 9, 2016 at 10:08 AM

ko saya malah naik ya mas untuk kunjungan cuman ctr GA aja yang turun mas. kunjungan naik ctr malah turun ini yang bingung.
mungkin harus templete premiun kali ya.

Reply
avatar
Mbah dinan delete February 9, 2016 at 11:59 AM

kalau masalah ganti template, kayaknya saya paling sering melakukan ini. saya sadar bahayanya ganti template, tapi mungkin penurunan trafik hanya terjadi sementara mas. setelah itu akan kembali seperti semula. bahaya yang nyata adalah indeksi akan lebih lama dibanding dengan template lama yang kita pakai, itu juga kalau seo friendly, kalau tidak yang mending ganti template yang seo friendly dan responsive. karena itu juga ketentuan dari mbah google. namun saya setuju, sedikit banyaknya ganti template akan berpengaruh buruk pada hasil indeksi dan posisi konten di serp.

Reply
avatar
Wahab Saputra delete February 9, 2016 at 12:36 PM

Sebenarnya efeknya cuma semantara aja sich Mas...
Tapi klo gak mau ambil resiko,,,sebaiknya jangan terlalu sering gonta ganti template...klo emang bosan sama tampilannya,,kan tinggal di modif aja...lebih aman...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 1:00 PM

Semoga cepat pulih lagi trafiknya mba anis

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 1:01 PM

Syukur mas kalau sampai nggak turun jadi nggak was was

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 1:03 PM

Terus terang saya was was juga mas makanya saya langsung ganti lagi ke template asal nggak mau resiko saya mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 1:05 PM

Tapi takutnya nggak bisa pulih lagi mas soalnya sudah mau 3 hari tapi masih jeblok trafiknya akhirnya barusan saya ganti lagi deh dan lumayan mulai naik lagi.Mungkin benar kata mas wahab cukup dimodif saja

Reply
avatar
Sonny Ogawa delete February 9, 2016 at 2:28 PM

Untuk struktur template yg beda dari sebelumnya memang akan mempengaruhi trafik karena mesin pencari perlu waktu untuk mengenali struktur baru tersebut. biasanya sich tidak lama.

Makanya saya males ganti template lagi, selain itu kostumisasi perlu waktu yg lumayan lama...dari pada ganti, lebih baik di edit saja apa yg kurang

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 9, 2016 at 3:20 PM

Dari kejadian ini saya juga jadi mikir kalau ganti template lagi apalagi kalau trafiknya sudah tinggi walaupun katanya bisa pulih lagi tapi buat saya cukup bikin lemes

Reply
avatar
Wong Crewchild delete February 9, 2016 at 10:47 PM

cukup signifikan ya mas, pengaruhnya
jadi mesti dipertimbangkan masak2

Reply
avatar
Hajir ™ delete February 11, 2016 at 5:44 PM

struktrur yang dimaksud disini mungkin tidak lupa memasang meta tag agar google bisa mengindex strukture template blog kita yang baru.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 11, 2016 at 7:30 PM

Iya mas apalagi kalau trafiknya sudah tinggi lebih baik sejak awal membangun blog sudah dikonsep template yang mau digunakan apa dan konsisten.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 11, 2016 at 7:32 PM

Kalau saya ngak pernah utak atik meta tag jadi apa adanya yang ada ditemplate solanya nggak ngerti tinggal upload saja

Reply
avatar
Tips Wisata delete September 6, 2016 at 4:14 PM

Punya saya malah anjlok banget om. Pengennya mau saya ganti dengan desain yang lebih bagus mumpung blog saya masih baru, ternyata malah trafiknya jadi kacau, posisi artikel banyak yang kelempar ke halaman jauh dari sebelumnya. Bagaimana mengatasinya ya om -_-

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement