Tutorial, Review, Tips&Trik

Begini Jadinya Jika blogger Survey Harga Kepasar Tradisional

Begini Jadinya Jika blogger Survey Harga Kepasar Tradisional-Menyambung tulisan saya yang berjudul Biaya Hidup di Bekasi 1 Jutaan Berapa dikota kalian? saya punya ide untuk survey harga kebutuhan pokok kepasar tradisional tujuannya membandingkan lebih hemat mana antara beli nasi bungkus kerumah makan atau memasak sendiri karena untuk yang sudah berkeluarga umumnya lebih memilih memasak sendiri dari pada membeli nasi bungkus termasuk saya bahkan semenjak istri saya melahirkan saya sering pergi kepasar jadi saya tahu harga-harga kebutuhan pokok dipasar tradisional.Saya berpikir kenapa tidak dijadikan posting saja?

Sayur mayur
Menu murah meriah tapi bergizi

Nah...kebetulan kemarin saya belanja kebutuhan untuk memasak lengkap mulai dari sayuran,lauk,buah dan bumbu dapur kepasar tradisional diperumahan Sumberjaya Bekasi.Karena dari awal saya berniat mau survey harga saya menghafal harga-harga kebutuhan pokok dan rata rata harganya sudah pas kecuali buah harus menawar dulu.Sengaja saya belanja kebutuhan pokok yang harganya paling murah supaya tahu berapa kebutuhan minimal  jika memasak sendiri.Saya hanya belanja 6 macam barang yaitu tahu,tempe,bayam,wortel daun bawang dan pisang susu selebihnya ambil dari toko sendiri seperti minyak goreng atau lainnya.Baca juga : Cowok Belanja kepasar Tradisional Siapa Takut?

Perinciannya sebagai berikut :

  • Tempe 1 papan Rp.3000
  • Tahu Bandung 1 pak(10 pcs) Rp.5000
  • Bayam 2 ikat Rp.4000
  • Wortel Rp.3000
  • Daun Bawang Rp.2000
  • Minyak goreng Rp.3000
  • Beras 1 liter Rp.9500
  • Bumbu pelangkap Rp.5000
  • Gas Rp.2000 (Rp.20.000/tabung untuk 14 hari)
  • Total=Rp.36.500


Dari data-data tersebut terbukti memasak sendiri lebih hemat dari pada membeli nasi bungkus ke rumah makan karena dengan uang sejumlah Rp.36.500 bisa untuk makan berempat saya,istri saya dan dua anak balita sebanyak 3 kali pagi,siang dan malam.Apalagi jika sudah berkeluarga seperti saya jika serba beli bisa tekor.Selain itu dengan memasak sendiri kualitasnya lebih terjamin karena bebas dari zat aditif seperti MSG, pengawet atau pewarna makanan.Saya sendiri selalu berusaha untuk memasak sendiri apalagi saya punya anak kecil kebutuhan gizinya harus terpenuhi tidak asal makan.

Jika saya ingin makan daging atau ikan tinggal menambah budgetnya misalnya daging ayam Rp.17.000 /500 gr.untuk daerah lain mungkin saja harganya bebeda namun saya rasa bedanya tidak teralu jauh.Hasil survey ini akan sangat berguna bagi mereka yang ingin menetap di Bekasi baik untuk kerja atau berbisnis.Meskipun informasi ini sederhana  mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.

7 comments:

  1. Wah haha survey ringkas betul-betul pas. Memang sebenernya lebih enak masak sendiri drpd beli makanan jadi, lebih hemat jadinya. Tinggal dihiting saja kandungan gizi yg terbaik utk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salain hemat kita bisa memilih menu yang bergizi

      Delete
  2. Kereennn ... ! ada catatan harga belanjaan pasar di saku kangmas-blogger ini.

    Setuju mas, masakan rumah terjamin bahan, kebersihan dan ... kehalalannya.
    Makan bersama dg keluarga serasa lebih berharga dg masakan sendiri.

    Halalan thayyiban .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba lebih aman terutama untuk anak anak

      Delete
  3. murah banget ya mas 36500 aja sehari. tempe di saya bisa 5-7 ribu mas. tahu bisa 10 ribu mas.
    bener - bener murah d tempat nya mas.

    ReplyDelete
  4. wortel di saya 3000 paling dapat satu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah saja ke sini mas serba murah...

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB