Tutorial, Review, Tips&Trik

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak-Pernahkah anak anda demam? Bagaimana cara anda mengatasinya? Saya yakin sebagian besar orang tua pernah mengalami anaknya demam termasuk saya sendiri kebetulan saya memiliki anak balita.Saya hafal betul setiap anak saya demam beberapa hari kemudian muncul batuk atau pilek.Contohnya pada hari jumat kemarin sewaktu bangun tidur sore anak saya badannya teras panas awalnya saya biarkan karena belum terlalu panas saya berfikir mungkin kecapaian setelah main dengan kakaknya.

Demam Anak

Namun hingga malam hari panas tak kunjung turun dan cenderung rewel akhirnya saya berinisiatif mengukur suhu badan anak saya dengan termometer digital hasilnya hampir menyentuh angka 40 derajat celcius.Sebagai orang tua tentunya was-was juga kalau suhunya setinggi itu apalagi beberapa minggu yang lalu sewaktu berobat kepuskesmas saya melihat sendiri anak kecil yang kejang saat berobat.Berdasarkan informasi yang pernah saya baca jika anak demam hingga mencapai 38 derajat celcius bisa dikasih obat penurun panas.Baca juga : Fakta Seputar Demam pada Anak

Akhirnya malam itu juga saya beri obat penurun panas parasetamol sirup selain itu untuk meringankan saya kompres dengan air hangat dan anak saya ketika mandi saya rendam dengan air hangat.Hampir dua hari anak saya demam rencananya jika sampai hari ke 3 anak saya demamnya tak kunjung sembuh mau saya bawa kepuskesmas kebetulan tidak jauh dari rumah saya namun ternyata demam anak saya turun dan normal kembali.Dari pengalaman saya tersebut saya berpikir sebenarnya bagaimana sih cara mengatasi demam pada anak yang benar?

Beberapa Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Pada dasarnya suhu tinggi merupakan gejala awal bahwa anak sakit untuk itu harus segera menemukan penyebabnya oleh karena itu demam bisa menjadi ciri khas penyakit tertentu yaitu dengan melihat pola fluktuasi demam per harinya.Namun bagaimanapun juga suhu tinggi membuat anak tidak enak badan,tubuh lemah bahkan mungkin menimbulkan kejang-kejang oleh karenanya lebih baik jika menurunkan demam.

Obat yang paling diandalkan untuk menurunkan demam adalah parasetamol.Dosis yang diberikan seyogyanya sesuai dengan usia anak seperti yang tercantum pada kemasan obat dan diulangi setiap 4 jam jika memang dibutuhkan.Perhatikan pakaian yang dikenakan anak usahakan yang ringan atau bisa juga diselimuti untuk mencegah panas tubuh keluar jangan lupa berikan minum yang banyak.
Untuk meringankan demam bisa juga menggunakan kipas angin supaya anak tatap dingin jika tidak berhasil kompreslah anak anda dengan air suam-suam kuku jangan gunakan air dingin justru akan   memperparah keadaan.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Dalam kondisi tertentu anak demam perlu dibawa kedokter yaitu jika anak tidak mau makan dan minum,mengalami diare persisten(muntah berulang),dehidrasi,disertai keluhan tertentu,dalam tempo 24 jam pada anak dibawah 2 tahun atau 72 jam pada anak diatas 2 tahun masih demam,mengalami demam berulang,Memiliki masalah kesehatan kronis,terdapat ruam pada kulit atau mengalami sakit ketika buang air kecil.

Demikianlah informasi kesehatan tentang cara mengatasi demam pada anak mudah-mudahan bermanfaat dan sebagai catatan informasi ini bukan sebagai pengganti nasihat medis untuk tindakan lebih lanjut silahkan kunjungi dokter terdekat.

Sumber referensi:
1.Penyakit Anak Sehari-hari dan Tindakan Darurat Dr.Martin Edward
2. http://mediskus.com/penyakit/mengatasi-demam-panas-pada-anak

8 comments:

  1. Memang kalau anak lagi demam suka bikin khawatir mas, takutnya kalau sampai terjadi kejang, dan itu pernah saya alami pada anak saya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas kasihan kalau sampai kejang makanya ortu harus waspada jika anak demam

      Delete
  2. Wah, saya biasanya kalau lagi demam malah kompres pakai air dingin tuh, harapannya sih biar bisa cepet turun.

    ReplyDelete
  3. Kalo anak sakit pasti orang tuanya juga ikutan sakit :) teriama kasih ya kang infonya bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sampai bergadang karena anak rewel

      Delete
  4. Kalau lihat sahabat kecil saya (bayi) sedang sakit itu rasanya sangat tidak mengenakan rasanya kasihan karena pasti dia merasakan rasa yang tidak enak badan, saya saja yang sudah besar sangat tidak nyaman kalau terserang demam apalagi anak kecil pasti rewel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan banget mas apalagi kalau demamnya tinggi susah tidur

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB