Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengalaman Memperbaiki TV Mati Total Dengan Mudah

Pengalaman Memperbaiki TV Mati Total Dengan Mudah-Keuntungan memiliki keahlian elektronika meskipun baru dasar-dasarnya saja salah satunya adalah ketika ada kerusakan pada perangkat elektronika yang anda miliki bisa memperbaiki sendiri tanpa harus membawa ketempat reparasi walaupun hanya berlaku jika kerusakannya ringan dan perangkat elekronikanya tidak komplek seperti TV.Adakalanya kerusakannya sebenarnya ringan misalnya pada bagian power supply.

TV mati Total
Foto ilustrasi TV CRT

Sebagaian besar peralatan elektronik audio seperti radio,amplifier,TV atau speaker aktif mengkonsumsi daya AC.Sejatinya tegangan yang digunakan untuk menghidupkan peralatan tersebut adalah tegangan DC contohnya menggunakan baterai atau accu namun dengan rangkaian power supply tegangan AC dari Listrik PLN bisa diubah menjadi tegangan DC contoh yang paling mudah adalah charger Handphone.

Namun karena rangkaian tersebut bekerja terus menerus kemungkinan terjadi kerusakan tetap ada entah trafonya yang terbakar,kapasitornya yang meledak atau diodanya yang rusak.Jadi jangan heran jika radio,kompo atau speaker aktif anda tiba-tiba mati total.Saya sendiri punya pengalaman memperbaiki kompo atau speaker aktif yang mati total bagi saya kedua peralatan tersebut tidak terlalu sulit karena bagian power supplynya simpel.Tapi bagaimana jika yang mati total TV?

Berdasarakan pengalaman saya,memperbaiki kerusakan TV tidak semudah memperbaiki kompo atau speaker aktif karena bagiannya yang sangat komplek termasuk juga pada bagian power supplynya jika pada speaker aktif atau kompo power supplynya konvensional yaitu menggunakan trafo berinti besi namun pada televisi power supplynya memakai sistem switching dimana trafonya berinti ferit atau biasa disebut AC matic makanya komponen power supply pada TV lebih banyak dan lebih rumit.

Namun begitu tidak semua kerusakan TV mati total bersifat berat ada juga yang ringan bahkan bisa diperbaiki oleh anda yang belum mahir reparasi sekalipun yang penting menguasai dasar-dasar elektronika.Kok saya tahu?Karena saya beberapa kali memperbaiki keruskan TV mati total dan setelah dicek ternyata kerusakannya ringan.Pengalaman ini berawal dari TV CRT milik saya mati total dan karena saya sudah pernah ikut pelatihan elektronika saya bisa memprediksi kerusakannya yaitu pada bagian power supply.Baca juga : Pengalaman Tersengat listrik Saat Reparasi Televisi

Hitung-hitung sekalian praktek jika bisa memperbaiki kan lumayan bisa nambah pengalaman kalau tidak bisa saya baru saya bawa ketukang reparasi dengan begitu saya akan tahu bagian mana yang diganti tukang reparasi sehingga jika menemukan kerusakan serupa bisa memprediksi kerusakannya.Setelah kabinet saya buka pertama-tama yang saya lakukan adalah mengecek tegangan AC dari kabel colokan TV dan ternyata tegangannya normal namun saat saya mengecek kebagian sekering(fuse)pada power supply ternyata tegangannya tidak ada.Saya langsung mempredikasi sekeringnya putus sehingga Power supplynya tidak bisa bekerja.Setelah saya cek dengan multimeter ternyata memang putus.

Setelah saya belikan sekering power supply yang baru kemudian saya pasang kembali ternyata setelah dicoba TV bisa hidup normal.Dalam hati saya kalau tukang reparasi dapat pekerjaan seperti ini enak dong cuma ganti sekering saja bisa dapat duit untung saya perbaiki sendiri jadi tidak perlu keluar duit banyak cukup beli sekering saja.Itulah enaknya jadi tukang reparasi kadang kerusakannya ringan tapi tetap saja pembeli harus bayar ongkos reparasinya makanya saya dulu bercita-cita jadi tukang reparasi elektronik

Begitulah pengalaman saya memperbaiki TV mati total dengan mudah,meskipun kelihatannya mudah namun jika anda belum mahir elektronika jangan coba-coba memperbaiki sendiri karena cukup berbahaya.

7 comments:

  1. wah cimamang keren banget dan multitalenta pisan, segala bisa memperbaiki televisi yang mati total, kalau saya mah mendingan beli baru aja ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma gitu doang sebenarnya semua juga bisa kalau mau belajar kang..

      Delete
  2. Wah bener-bener hebat nih kang dwi, televisi yang mati total juga dapat di hidupkan kembali keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakannya pas ringan mas jadi bisa diperbaiki sendiri

      Delete
    2. Ohh jadi memperbaikinya yang ringan2 saja ya mas, kerenlah buat akang inimah :D

      Delete
  3. Kalau masalah elektronik saya nyerah mas...pernah punya pengalaman saat tv mati dan coba-coba cari kerusakannya (perbaiki) yang ada malah keluar asap...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reparasi TV gampang gampang susah nah saya pas ketemu yang gampang jadi bisa kadang juga cuma bisa kira kira tapi giliran mau eksekusi ragu

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB