Monday, March 28, 2016

Speaker Aktif Rakitan Bisnis Sampingan Hobi Elektronika

author photo
Speaker Aktif Rakitan Bisnis Sampingan Hobi Elektronika-Tak bisa dipungkiri hobi jika ditekuni serius selain mendatangkan kepuasan batin ternyata bisa juga dijadikan bisnis sampingan.Salah satu hobi yang banyak ditekuni masyarakat Indonesia adalah hobi elektronika dimana hobi ini identik dengan rakit merakit komponen tertentu menjadi sebuah rangkaian elektronika seperti amplifier,tone control atau radio.Dengan cara merakit sendiri tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena bisa meniru produk yang dibuat oleh pabrik.

Kelebihan dari merakit perangkat elektronik sendiri yaitu siperakit bisa bebas memilih komponen yang terbaik sehingga hasilnya maksimal.Salah satu perangkat elektronik yang bisa dirakit sendiri adalah speaker aktif makanya ada istilah speaker aktif rakitan.Kebetulan saya punya pengalaman merakit speaker aktif sendiri hasilnya cukup memuaskan dan ternyata keahlian saya merakit speaker aktif sendiri menarik minat teman-teman saya untuk membeli speaker aktif rakitan buatan saya akhirnya menjadi bisnis sampingan.Baca juga : 5 Peluang Usaha dibalik Hobi Elektronika

Jika anda tertarik untuk berbisnis sampingan membuat speaker aktif rakitan minimal anda harus memiliki dasar-dasar elekronika dan pernah merakit rangkaian elektronika.Membuat speaker aktif rakitan sebenarnya tidak terlalu sulit karena bahan-bahannya sudah tersedia ditoko elektronika seperti Kit speaker aktif sampai box speaker aktif.Sebelum anda menawarkan jasa merakit atau menjual speaker aktif sebaiknya anda pernah merakit speaker aktif sehingga tahu persis kualitas suaranya.

Kit Speaker Aktif USB
Contoh Kit Speaker Aktif USB (Source)

Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat speaker aktif rakitan?

Berikut ini komponen yang harus anda persiapkan jika akan membuat speaker aktif rakitan:

1.Kit Speaker aktif
Dipasaran tersedia tipe kit speaker aktif mulai dari yang menggunakan penguat akhir IC atau Transistor namun kebanyakn memilih yang menggunakan transistor karena suaranya lebih mantap dan jika ada kerusakan di transistor powernya gampang mencari gantinya.Cari kit speaker aktif yang fiturnya lengkap misalnya mendukung USB dan Radio FM bahkan menggunakan remote control.Dipasaran sendiri tersedia kit speaker aktif berdaya 60 Watt sampai 150 Watt.

2.Box Speaker Aktif
Box speaker aktif sedikit berbeda dibandingkan dengan speaker pasif karena pada bagian depan terdapat lubang tempat kontrol speaker aktif seperti volume,bass atau treble jadi jangan salah beli.Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di toko elektronika atau bisa juga membuat sendiri.

3.Loudspeaker
Loudspeaker yang bisa digunakan pada speaker aktif adalah jenis woofer dan twitter dengan ukuran 6-8 inch.Sesuaikan dengan ukuran kotaknya dan jangan lupa daya loudspeaker harus sesuai dengan daya output speaker aktif misalnya anda menggunakan kit speker aktif 60 Watt woofer yang anda gunakan minimal 60 watt.Besarnya daya woofer biasanya tertera dibesi magnet woofer.

4.Power Supply
Jika anda membeli Kit Speaker aktif setengah jadi maka anda harus merakit power supplynya sendrii  yang terdiri atas trafo,elco dan dioda.Untuk kit speaker aktif 60 Watt disarankan menggunakan trafo 5 Ampere .

Jika speaker aktif rakitan sudah jadi perhatikan hasilnya apakah sudah maksimal atau belum jika sudah baru anda tawarkan ke teman-teman anda.Kunci sukses bisnis sampingan speaker aktif rakitan ini adalah kualitas suara yang dihasilkan jika bassnya mantap kebanyakan akan suka.Bagaimana anda tertarik menekuni bisnis sampingan speaker aktif rakitan?

This post have 14 komentar

avatar
Wong Crewchild delete March 29, 2016 at 5:32 AM

enak bisa ngerakit sendiri mas, bisa lebih irit dan klo hasilnya bagus bisa dijual

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 29, 2016 at 6:45 AM

Lebih puas saja mas bisa milih komponen yang terbaik

Reply
avatar
Iman Lukman delete March 29, 2016 at 7:52 AM

Wah keren mas bisa merakit sendiri mah, bener-bener keren :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 29, 2016 at 8:09 AM

Bisa dipelajari kok mas cara merakit speaker aktif nggak susah susah amat

Reply
avatar
nurul iman delete March 29, 2016 at 2:03 PM

Memang beda ya mas kalau bikin sendiri dan kalau membeli, rasanya tuh pasti beda kalau hasil dari rakitan sendiri itu biasanya senang gitu pada waktu dipakainya.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 29, 2016 at 2:26 PM

Lebih puas mas dan bisa di modifikasi lagi

Reply
avatar
Cilembu thea delete March 30, 2016 at 9:24 AM

lanjutkan perjuangan membangun usaha dan bisnis sampingan karena hobi pasti sangat menyenangkan, nanti saya bisa pesan speaker aktifnya seunit mah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete March 30, 2016 at 7:28 PM

Menyenangkan banget kang...kalau nggak ingat harus keluar duit untuk beli komponen penginnya bikin terus apalagi kalau laku dijual...

Reply
avatar
Ahmad Rajiyudin delete August 3, 2016 at 3:12 PM

pak saya mau nanya nih, kan saya merakit speaker sendiri itu buat nambah suara jadi besar perlu 5 amper cara nambahin amper itu di sambungin langsung ke speaker apa gimana mohon bantu...thankz..
balas via wa kalo bisa mas atau gmail saya..
WA : 08973231171

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete August 3, 2016 at 3:34 PM

Trafo amplifiernya perlu diganti yang 5A dan pakai catu daya/tegangan yang maksimal misal 45 vOLT tapi tergantung ampifiernya, yang 150 watt tegangannya segitu

Reply
avatar
Su Marjanz delete January 16, 2017 at 5:50 AM

Ikutan nanya mas.. jika saya mau merakit speaker aktif 150 watt, komponen apa saja (dan spek / ukuran nya) yang harus saya siapkan? Sebenarnya saya nol dalam hal dunia elektronika, tapi pengin nyoba bikin sendiri sp aktif.. trims..

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 16, 2017 at 6:31 AM

Beli Kit setengah jadi aja mas lebih hemat dari pada merakit satu satu kecuali sudah mahir

Reply
avatar
aries aeni delete January 18, 2017 at 12:06 AM

Maaf pa kalo rangkain power suply gmn bkinya ya pa sya pke 4 dioda dan 2 elco, truz psang k trafo dan kit amplyfer gmn mksh

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 18, 2017 at 11:21 AM

Sebenarnya mudah tinggal lihat skemanya,Insya Allah saya buatkan posting tersendiri tunggu aja

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement