Sunday, April 24, 2016

Merancang Bisnis Online Jangka Panjang

author photo
Merancang Bisnis Online Jangka Panjang-Mencari uang lewat internet kini bukanlah sesuatu yang aneh karena sarananya sudah memadai mulai dari jaringan internet,lapak online atau sosial media.Beberapa keunggulan bisnis online yang membuat orang tertarik menekuni bisnis online diantaranya bebas macet,resiko kecil,pengelolaannya fleksibel,modal bisa menyesuaikan,bisa dilakukan dari mana saja.

Bisnis online

Beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bisa mendapatkan penghasilan lewat internet diantaranya:

1.Periklanan ( Ads marketing) yaitu dengan cara menampilkan iklan diblog/situs ada yang berupa klik dibayar seperti google adsense,tayang dibayar CPM,Job review atau pasang iklan mandiri.Cara ini paling banyak dilakukan oleh blogger karena memang jika mau menekuni bisnis ini harus memiliki blog.

2.Bisnis affiliasi (Affiliate marketing) yaitu mempromosikan produk orang lain dengan menggunakan link khusus( link referal ) jika ada pengunjung yang membeli produk melalui link referal tersebut maka affiliate akan mendaptakan sejumlah komisi yang sudah ditentukan sebelumnya.Besarnya komisi bervariasi ada yang 4% ada juga yang 70% cotohnya Lazada,Bhineka,affiliasi hosting.
Baca juga : Yuk! Bisnis Template Blogger Sambil Ngeblog Keuntungan 35%

3.Bisnis Dropship yaitu menjual produk orang lain tanpa harus memiliki produk.Dropshipper hanya bertugas mencari pembeli saja baik melalui situs toko online,situs market place,blog atau sosial media.Jika ada pembeli maka dropshipper tinggal meneruskan pesanan kepenyedia dropship kemudian barang dikirimkan oleh penyedia dropship kelamat pemesan.Meskipun hampir sama dengan affiliasi namun dropship memiliki tanggung jawab besar karena posisi dropshipper adalah sebagai penjual jadi jika ada komplain seperti barang rusak atau hilang maka yang harus bertanggung jawab adalah dropshipper berbeda dengan affiliasi anda hanya menunjukkan saja.

4.Menjual produk/jasa sendiri.

Pertanyaannya kemudian sebagai blogger apakah bisa menekuni kesemua bisnis online tersebut secara beriringan? Sangat mungkin buktinya beberapa fulltime bloger melakukannya saya ambil contoh Herman Yudiono selain menekuni adsense beliau juga menekuni affiliasi bahkan menjual produk sendiri(E book) belum lagi beliau sering diundang sebagai pembicara dalam seminar internet marketing.Jadi menekuni lebih dari satu jenis bisnis online bukanlah masalah asal mampu membagi waktu apalagi jika bisnis online tersebut masih berkaitan dengan blog seperti affilasi hosting,template,jasa penulisan artikel,jasa pembuatan website,jual beli blog.

Lalu apa untungnya memiliki bisnis online lebih dari satu jenis? Dalam jangka panjang lebih tahan terhadap krisis karena pendapatan tidak bersumber dari satu bisnis online saja jika salah satu sedang lesu yang lain bisa saling menyokong.Seperti yang terjadi akhir-akhir ini penghasilan para penayang adsense cenderung menurun jika hanya mengandalkan adsense saja tentunya terasa sekali penurunannya hal ini tidak berlaku jika memilki sumber pendapatan dari bisnis online lainnya misalnya affilasi,dropship atau jual produk/jasa sendiri.
Baca juga : Cara Mudah Buka Toko Online Bagi Pemula

Itulah mengapa saya kemudian melakukan rancangan ulang dalam mencari penghasilan dari internet jika sebelumnya hanya mengandalkan adsense sebisa mungkin mulai dari sekarang saya akan mencoba merintis bisnis online lainnya misalnya affiliasi atau dropship bahkan jika memungkinkan jual produk sendiri.Namun karena basic saya blogger saya lebih mengandalkan kemampuan ngeblog saya dalam mencari bisnis online lainnya misalnya affiliasi yang berhubungan dengan blog seperti hosting atau jual produk melalui blog.

Saya sadar merintis bisnis affilasi dan dropship ataupun lainnya tidaklah mudah namun setidaknya saya sudah meletakkan pondasinya tinggal bagaimana nanti mengembangkannya.Bagaimana menurut anda bisnis online apakah yang paling cocok untuk jangka panjang? Silahkan share disini.

This post have 11 komentar

avatar
Defi Purnama delete April 25, 2016 at 4:02 AM

Kalau menurut saya menjual produk sendiri sangat cocok buat bisnis online jangka panjang mas. Apalagi barang yang kita jual merupakan barang memang diperlukan orang dari waktu ke waktu. Atau nggak kita menjual barang yang lagi ngetrend saat ini.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 25, 2016 at 5:26 AM

Sependapat mas menjual produk sendiri peluangnya masih bagus karena menjangkau keseluruh Indonesia

Reply
avatar
Mas Poniran delete April 25, 2016 at 9:12 AM

Betul sekali mas sekarang ada begitu banyak peluang bisnis online yang dapat kita coba, dan apapun bisnis online yang kita jalankan kalo ditekuni pasti akan membuahkan hasil

Reply
avatar
Iman Lukman NulHakim delete April 25, 2016 at 9:19 AM

Saya juga mau buka usaha online nih kang, mudah2han mah berhasil ... amin yra

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 25, 2016 at 9:26 AM

Kalau memang bisa kenapa nggak dicoba? makin cepat justru makin bagus karena jadi lebih berpengalaman

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete April 25, 2016 at 10:06 AM This comment has been removed by a blog administrator. Reply
avatar
Dedy Akas delete April 26, 2016 at 12:07 PM

Bisnis online jangka panjang, menjual barang atau produk Mas...
Di jamin joss... buat jangka panjang...
Salam,

Reply
avatar
TABUH GONG delete April 29, 2016 at 10:12 AM

Asal bisa bagi waktu saja lah mas, manage dengan baik. Kalo itu yang saya terapkan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 29, 2016 at 10:18 AM

Sepakat mas dan itu harus dimulai sekarang juga krn prosesnya panjang

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 29, 2016 at 10:19 AM

Kuncinya memang pintar pintar mengaatur waktu

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement