--> Skip to main content

Merancang Bisnis Online Jangka Panjang

Merancang Bisnis Online Jangka Panjang-Mencari uang lewat internet kini bukanlah sesuatu yang aneh karena sarananya sudah memadai mulai dari jaringan internet,lapak online atau sosial media.Beberapa keunggulan bisnis online yang membuat orang tertarik menekuni bisnis online diantaranya bebas macet,resiko kecil,pengelolaannya fleksibel,modal bisa menyesuaikan,bisa dilakukan dari mana saja.

Bisnis online

Beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bisa mendapatkan penghasilan lewat internet diantaranya:

1.Periklanan ( Ads marketing) yaitu dengan cara menampilkan iklan diblog/situs ada yang berupa klik dibayar seperti google adsense,tayang dibayar CPM,Job review atau pasang iklan mandiri.Cara ini paling banyak dilakukan oleh blogger karena memang jika mau menekuni bisnis ini harus memiliki blog.

2.Bisnis affiliasi (Affiliate marketing) yaitu mempromosikan produk orang lain dengan menggunakan link khusus( link referal ) jika ada pengunjung yang membeli produk melalui link referal tersebut maka affiliate akan mendaptakan sejumlah komisi yang sudah ditentukan sebelumnya.Besarnya komisi bervariasi ada yang 4% ada juga yang 70% cotohnya Lazada,Bhineka,affiliasi hosting.
Baca juga : Yuk! Bisnis Template Blogger Sambil Ngeblog Keuntungan 35%

3.Bisnis Dropship yaitu menjual produk orang lain tanpa harus memiliki produk.Dropshipper hanya bertugas mencari pembeli saja baik melalui situs toko online,situs market place,blog atau sosial media.Jika ada pembeli maka dropshipper tinggal meneruskan pesanan kepenyedia dropship kemudian barang dikirimkan oleh penyedia dropship kelamat pemesan.Meskipun hampir sama dengan affiliasi namun dropship memiliki tanggung jawab besar karena posisi dropshipper adalah sebagai penjual jadi jika ada komplain seperti barang rusak atau hilang maka yang harus bertanggung jawab adalah dropshipper berbeda dengan affiliasi anda hanya menunjukkan saja.

4.Menjual produk/jasa sendiri.

Pertanyaannya kemudian sebagai blogger apakah bisa menekuni kesemua bisnis online tersebut secara beriringan? Sangat mungkin buktinya beberapa fulltime bloger melakukannya saya ambil contoh Herman Yudiono selain menekuni adsense beliau juga menekuni affiliasi bahkan menjual produk sendiri(E book) belum lagi beliau sering diundang sebagai pembicara dalam seminar internet marketing.Jadi menekuni lebih dari satu jenis bisnis online bukanlah masalah asal mampu membagi waktu apalagi jika bisnis online tersebut masih berkaitan dengan blog seperti affilasi hosting,template,jasa penulisan artikel,jasa pembuatan website,jual beli blog.

Lalu apa untungnya memiliki bisnis online lebih dari satu jenis? Dalam jangka panjang lebih tahan terhadap krisis karena pendapatan tidak bersumber dari satu bisnis online saja jika salah satu sedang lesu yang lain bisa saling menyokong.Seperti yang terjadi akhir-akhir ini penghasilan para penayang adsense cenderung menurun jika hanya mengandalkan adsense saja tentunya terasa sekali penurunannya hal ini tidak berlaku jika memilki sumber pendapatan dari bisnis online lainnya misalnya affilasi,dropship atau jual produk/jasa sendiri.
Baca juga : Cara Mudah Buka Toko Online Bagi Pemula

Itulah mengapa saya kemudian melakukan rancangan ulang dalam mencari penghasilan dari internet jika sebelumnya hanya mengandalkan adsense sebisa mungkin mulai dari sekarang saya akan mencoba merintis bisnis online lainnya misalnya affiliasi atau dropship bahkan jika memungkinkan jual produk sendiri.Namun karena basic saya blogger saya lebih mengandalkan kemampuan ngeblog saya dalam mencari bisnis online lainnya misalnya affiliasi yang berhubungan dengan blog seperti hosting atau jual produk melalui blog.

Saya sadar merintis bisnis affilasi dan dropship ataupun lainnya tidaklah mudah namun setidaknya saya sudah meletakkan pondasinya tinggal bagaimana nanti mengembangkannya.Bagaimana menurut anda bisnis online apakah yang paling cocok untuk jangka panjang? Silahkan share disini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar