Tutorial, Review, Tips&Trik

Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal

Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal-Minum teh tubruk atau teh celup mungkin sudah biasa bagi anda tapi pernahkah anda minum teh dengan menggunakan poci dan cangkir (gelas kecil) yang terbuat dari tanah liat? Bagi wong tegal minum teh menggunakan poci tanah liat sudah menjadi budaya kalau tidak percaya datang saja ke Tegal hampir sebagian besar rumah makan disana menyediakan menu minuman teh dengan poci tanah liat atau istilahnya moci.

Poci khas tegal
Poci tanah liat khas Tegal ( Source )

Kebetulan saya asli Tegal jadi tahu persis budaya moci ini.Bagi wong Tegal minum teh manis sudah menjadi budaya hampir sebagian besar wong Tegal gemar minum teh manis temasuk saya bahkan sudah turun temurun dari kakek dan orang tua.Minum teh biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari walaupun tidak selalu menggunakan poci yang terbuat dari tanah terkadang memakai poci keramik atau alumunium.

Budaya moci ini sangat unik karena tidak akan dijumpai didaerah lain.Selain menggunakan poci yang unik cara menyajikan tehnya juga berbeda jika umumnya mengunakan gula pasir tapi untuk moci umumnya menggunakan gula batu yaitu gula yang berbentuk kristal dan tidak perlu diaduk selain itu karena menggunakan cangkir isinya tentu sedikit sehingga perlu dituang air tehnya lagi itulah mengapa cocoknya menggunakan gula batu karena tidak perlu bolak balik memasukan gula karena gula batu tidak cepat larut.
Baca juga : Loket Unik Indonesia Banget

Acara moci ini paling enak kalau dilakukan ramai-ramai bersama teman atau kerabat sambil ngemil tahu aci khas Tegal atau kacang asin.Keunikan lainnya dari moci ini adalah poci tanah liat tersebut dipercaya semakin sering digunakan maka rasa tehnya akan semakin nikmat karena biasanya lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang berwarna hitam dan ini tidak dibesihkan hanya di”kocakin” (dibilas) air bersih sehingga menimbulkan aroma tersendiri.

Teh yang digunakan juga umunmya menggunakan teh asli dari Tegal misalnya Teh Poci,Gopek,2 Tang atau Tong Tji yang rata-rata beraroma melati karena memang Tegal terkenal dengan produksi tehnya.Bagaimana anda tertarik untuk moci ? Datang saja ke Tegal.

29 comments:

  1. betul mang minum teh yang dituangkan dari moci sensasinya memang makjleb banget, yang tak kenal justru di Bekasi jaman kecil dulusetiap rumah memiliki moci tapi bukanuntuk minum teh, tapi minum air dingin, soalnya kulkas kan waktu itu masih jarang yang punya, aroma air outihnya juga beda, mirip dengan minum teh moci ala Tegal nya itu tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah itu sih bukan poci tapi kendi bahannya sih sama tanah liat cuma betuknya gedean kendi

      Delete
  2. stujuh mah, memang sejak dari dulu kalo pakai moci memang mantap teuh mas dwi, budaya lama nih kupas kembali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas sensasinya luar biasa alami karena pakai poci tanah liat

      Delete
  3. kalo di kampungan saya mah dulu yang seperti itu dinamakan kendi kang, tapi bukan buat teh melainkan air putih. kalo saya mah baru teh poci aja kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Poci juga legendaris mas bahkan sekarang sudah ada yang premium rasanya mantap

      Delete
  4. Paling enak minumnya pakai poci yang sudah berkerak tekonya ya kang ? resep banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalau masih baru malah kurang berasa aroma khasnya baru tuagn saja sudah menggugah selera ingin buru buru nyruput

      Delete
  5. Wah... sepertinya saya belum pernah ngerasain minum teh pakai moci...
    Kalau di Jakarta ada gak Mas Dwi...?
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya yang hobi ngeteh nggak lengkap kalau belum moci mas...sayangnya di Jakarta jarang mas padahal ada Warteg tapi mereka nggak menyediakan menu moci ini

      Delete
  6. sepertinya ada sensasi tersendiri nih minum teh pakai poci. tapi di daerahku sepertinya nggak ada tradisi tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas terutama dari aromanya beda jika menggunakan poci biasa

      Delete
  7. Kalau datang kerumah mas Dwi, kira-kira saya disuguhin teh poci nggak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaplah...kalau mau moci bareng

      Delete
    2. Saya juga mau tuh kang teh pocinya :D

      Delete
    3. Makin banyak orangnya makin asyik mocinya

      Delete
    4. Hitung-hitung sambil KOPDAR bareng pasti seru :D

      Delete
  8. Hmm sayang nih mas saya belum pernah nyoba sensasi dan rasanya minum dengan menggunakan moci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal enake pool kenikmatan teh sejati

      Delete
  9. minum jadi berkah dan tersa dengan moci alhasil jadi indah bagi sesama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalau mocinya bareng bareng jadi berkah

      Delete
  10. nge-teh dipagi hari, memang asik sebagai teman sarapan, apalagi aroma teh menggunakan poci...pasti maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang hobi moci mengawali hari selalu diawali dengan moci

      Delete
  11. Fav saya tuh mas ..
    teh Gopek (Gopek Super) yg bungkusnya plastik bening.

    Berasa "Berkelas"minum dg perangkat Poci dari tanah liat ini, sambil beramah-tamah bersama .. hangeuteun !

    Kepikiran untuk menerbangkannya ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak nyangka SiMba tauanya hobi ngeteh juga.Teh gopek legendaris mba

      Delete
  12. Kebanyakan teh yg dikonsumsi ditempat saya adalah dari Tegal, untuk moci kayak gitu belum pernah saya mas. Air kendi sering malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja mas enak loh kalau mau dapetin poci tanah liat khas Tegal bisa beli secara online harganya paling 100 ribuan

      Delete
  13. Wah, memang merupakan budaya yang unik, selain moci, teh wong tegal memang asli dari tegal ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas banyak pabrik teh disana dan sudah eksis lama

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB