Tuesday, April 19, 2016

Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal

author photo
Moci Budaya Unik Minum Teh Wong Tegal-Minum teh tubruk atau teh celup mungkin sudah biasa bagi anda tapi pernahkah anda minum teh dengan menggunakan poci dan cangkir (gelas kecil) yang terbuat dari tanah liat? Bagi wong tegal minum teh menggunakan poci tanah liat sudah menjadi budaya kalau tidak percaya datang saja ke Tegal hampir sebagian besar rumah makan disana menyediakan menu minuman teh dengan poci tanah liat atau istilahnya moci.

Poci khas tegal
Poci tanah liat khas Tegal ( Source )

Kebetulan saya asli Tegal jadi tahu persis budaya moci ini.Bagi wong Tegal minum teh manis sudah menjadi budaya hampir sebagian besar wong Tegal gemar minum teh manis temasuk saya bahkan sudah turun temurun dari kakek dan orang tua.Minum teh biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari walaupun tidak selalu menggunakan poci yang terbuat dari tanah terkadang memakai poci keramik atau alumunium.

Budaya moci ini sangat unik karena tidak akan dijumpai didaerah lain.Selain menggunakan poci yang unik cara menyajikan tehnya juga berbeda jika umumnya mengunakan gula pasir tapi untuk moci umumnya menggunakan gula batu yaitu gula yang berbentuk kristal dan tidak perlu diaduk selain itu karena menggunakan cangkir isinya tentu sedikit sehingga perlu dituang air tehnya lagi itulah mengapa cocoknya menggunakan gula batu karena tidak perlu bolak balik memasukan gula karena gula batu tidak cepat larut.
Baca juga : Loket Unik Indonesia Banget

Acara moci ini paling enak kalau dilakukan ramai-ramai bersama teman atau kerabat sambil ngemil tahu aci khas Tegal atau kacang asin.Keunikan lainnya dari moci ini adalah poci tanah liat tersebut dipercaya semakin sering digunakan maka rasa tehnya akan semakin nikmat karena biasanya lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang berwarna hitam dan ini tidak dibesihkan hanya di”kocakin” (dibilas) air bersih sehingga menimbulkan aroma tersendiri.

Teh yang digunakan juga umunmya menggunakan teh asli dari Tegal misalnya Teh Poci,Gopek,2 Tang atau Tong Tji yang rata-rata beraroma melati karena memang Tegal terkenal dengan produksi tehnya.Bagaimana anda tertarik untuk moci ? Datang saja ke Tegal.

This post have 29 komentar

avatar
Cilembu thea delete April 19, 2016 at 8:40 PM

betul mang minum teh yang dituangkan dari moci sensasinya memang makjleb banget, yang tak kenal justru di Bekasi jaman kecil dulusetiap rumah memiliki moci tapi bukanuntuk minum teh, tapi minum air dingin, soalnya kulkas kan waktu itu masih jarang yang punya, aroma air outihnya juga beda, mirip dengan minum teh moci ala Tegal nya itu tuh

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 19, 2016 at 8:51 PM

Lah itu sih bukan poci tapi kendi bahannya sih sama tanah liat cuma betuknya gedean kendi

Reply
avatar
Muhammad Mukhlis delete April 19, 2016 at 9:52 PM

stujuh mah, memang sejak dari dulu kalo pakai moci memang mantap teuh mas dwi, budaya lama nih kupas kembali :D

Reply
avatar
IGTKI Kembangan delete April 20, 2016 at 1:26 AM

kalo di kampungan saya mah dulu yang seperti itu dinamakan kendi kang, tapi bukan buat teh melainkan air putih. kalo saya mah baru teh poci aja kang

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete April 20, 2016 at 2:30 AM

Paling enak minumnya pakai poci yang sudah berkerak tekonya ya kang ? resep banget

Reply
avatar
Dedy Akas delete April 20, 2016 at 3:19 AM

Wah... sepertinya saya belum pernah ngerasain minum teh pakai moci...
Kalau di Jakarta ada gak Mas Dwi...?
Salam,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 6:13 AM

Memang mas sensasinya luar biasa alami karena pakai poci tanah liat

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 6:15 AM

Teh Poci juga legendaris mas bahkan sekarang sudah ada yang premium rasanya mantap

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 6:16 AM

Iya mas kalau masih baru malah kurang berasa aroma khasnya baru tuagn saja sudah menggugah selera ingin buru buru nyruput

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 6:19 AM

Pokoknya yang hobi ngeteh nggak lengkap kalau belum moci mas...sayangnya di Jakarta jarang mas padahal ada Warteg tapi mereka nggak menyediakan menu moci ini

Reply
avatar
Indra DP delete April 20, 2016 at 8:16 AM

sepertinya ada sensasi tersendiri nih minum teh pakai poci. tapi di daerahku sepertinya nggak ada tradisi tersebut

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 8:29 AM

Iya mas terutama dari aromanya beda jika menggunakan poci biasa

Reply
avatar
Defi Purnama delete April 20, 2016 at 10:30 AM

Kalau datang kerumah mas Dwi, kira-kira saya disuguhin teh poci nggak? hehe

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 10:54 AM

Siaplah...kalau mau moci bareng

Reply
avatar
Iman Lukman NulHakim delete April 20, 2016 at 10:59 AM

Saya juga mau tuh kang teh pocinya :D

Reply
avatar
Kang Nurul Iman delete April 20, 2016 at 11:16 AM

Hmm sayang nih mas saya belum pernah nyoba sensasi dan rasanya minum dengan menggunakan moci.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 11:18 AM

Makin banyak orangnya makin asyik mocinya

Reply
avatar
Cara Bimbingan delete April 20, 2016 at 11:18 AM

minum jadi berkah dan tersa dengan moci alhasil jadi indah bagi sesama :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 11:19 AM

Padahal enake pool kenikmatan teh sejati

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 11:21 AM

Iya mas kalau mocinya bareng bareng jadi berkah

Reply
avatar
yadibarus delete April 20, 2016 at 2:11 PM

nge-teh dipagi hari, memang asik sebagai teman sarapan, apalagi aroma teh menggunakan poci...pasti maknyus

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete April 20, 2016 at 2:23 PM

Fav saya tuh mas ..
teh Gopek (Gopek Super) yg bungkusnya plastik bening.

Berasa "Berkelas"minum dg perangkat Poci dari tanah liat ini, sambil beramah-tamah bersama .. hangeuteun !

Kepikiran untuk menerbangkannya ke sini :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 4:09 PM

Bagi yang hobi moci mengawali hari selalu diawali dengan moci

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 4:11 PM

Nggak nyangka SiMba tauanya hobi ngeteh juga.Teh gopek legendaris mba

Reply
avatar
TABUH GONG delete April 20, 2016 at 4:13 PM

Kebanyakan teh yg dikonsumsi ditempat saya adalah dari Tegal, untuk moci kayak gitu belum pernah saya mas. Air kendi sering malah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 4:54 PM

Coba saja mas enak loh kalau mau dapetin poci tanah liat khas Tegal bisa beli secara online harganya paling 100 ribuan

Reply
avatar
Jeffry Skyhigh delete April 20, 2016 at 8:52 PM

Wah, memang merupakan budaya yang unik, selain moci, teh wong tegal memang asli dari tegal ya.. :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2016 at 10:46 PM

Betul mas banyak pabrik teh disana dan sudah eksis lama

Reply
avatar
Defi Purnama delete April 21, 2016 at 9:06 AM

Hitung-hitung sambil KOPDAR bareng pasti seru :D

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement