Tutorial, Review, Tips&Trik

Perlukah Blogger Belajar HTML dan CSS?

Perlukah Blogger Belajar HTML dan CSS?-Selama 4 tahun ngeblog ada satu bidang ilmu yang belum saya kuasai sampai detik ini yaitu tentang HTML dan CSS padahal pengetahuan tentang kedua hal tersebut sangat diperlukan khususnya dalam hal desain blog.Seperti anda ketahui sebuah blog tersusun atas html dan css sehingga bisa terbaca oleh browser.Pengetahuan tentang HTML dan CSS ini sering luput dari perhatian blogger karena memang tidak mudah untuk mempelajarinya padahal dengan HTML dan CSS Blogger akan mampu mengkonversikan sebuah desain blog menjadi sebuah file HTML dan CSS secara utuh.

html css

Disamping itu untuk mendapatkan tampilan blog yang eye candy(menarik) saat ini tidak perlu repot membuat desain sendiri karena bisa dengan mudah mendapatkannya diinternet bahkan secara gratis.Saya cukup mengunduh filenya kemudian diupload ke blog saya.Jika kurang puas dengan tampilan desain blog gratisan bisa membeli desain blog yang berbayar atau template premium.Jadi wajar jika blogger yang paham HTML dan CSS atau istilahnya coding sangat sedikit contoh di Indonesia anda tentu mengenal Adhy suryadi,Kang ismet,Mas sugeng,Arline fitiryani.Mereka semua ahli dalam membuat desain blog.

Namun setiap desain blog yang ada belum tentu memenuhi kebutuhan anda sehingga kadang kala anda harus mengutak-atik template misalnya saja ingin menggnti warna header,font,menambahkan featured,Komentar disqus dan lain-lain.Disinilah pengetahuan tentang HTML dan CSS sangat diperlukan agar modifikasinya bisa bekerja dengan baik tanpa itu akan sulit untuk melakukan modifikasi desain blog.Bagi yang malas belajar seperti saya pasti akan memilih ganti template blog dari pada mengoprek sendiri selain rawan error juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Disisi lain jika anda terlalu sering gota-ganti template selain akan menimbulkan kebingungan bagi pengunjung bisa juga menyebabkan penurunan trafik jika ternyata template yang baru lebih berat loadingnya atau struttur template beda sehingga mesin pencari perlu waktu untuk menyesuaikan struktur template yang baru.Namun faktanya pergantian template tak bisa dihindari terutama jika sudah menyangkut kecepatan loading blog seperti yang saya alami belum lama ini padahal kalau saya memahami HTML dan CSS sebenarnya saya tidak perlu ganti template saya cukup mengganti atau membuang bagian yang menyebabkan loading lambat tapi karena saya tidak paham terpaksa saya ganti template.
Baca juga : Pencarian Template Blog Terbaik Belum Berakhir

Jadi pertanyaannnya kemudian Perlukah Blogger Belajar HTML dan CSS? Share disini Dong…

21 comments:

  1. sama mang, kalau sekedar kenal dan paham cara menempelkannya dimana mah udah ngerti sedikit, cuma kalau disuruh bikin kode HTML dan Kode CSS masih jauh langit ke bumi saya mah....keren nggak, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos kalau gitu mah...cuma bisa salin tempel itu saja kadang gagal

      Delete
    2. Salam TEMPEL dong...hahaa..ya kan Mas Dwi?

      Delete
    3. Ya Begitulah...maklum mampunya cuma itu

      Delete
  2. Kalo menurut saya mah kang perlu atuh, soalnya saya sendiri juga masih bingung masih belum paham bener kang tentang HTML dan CSS itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya perlu juga mas masalahnya kaopan belajarnya sedang untuk update artikel saja sudah menguras waktu

      Delete
  3. Sebenarnya belajar HTML dan CSS bukan hanya untuk desain template, tapi perlu juga untuk sekedar memasang iklan di blog mas. Blogger itu pekerjaan yang kompleks, selain harus mengerti HTML dan CSS juga harus mengerti grafis untuk membuat gambar postingan. Menjadi penulis, pengarang cerita, reporter, fotographer, bahkan menjadi desain web dan grafis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju pak dengan pendapat adhy suryadi.

      menjadi blogger itu memang kompleks. dan HTML + CSS mesti mutlak di Pelajari.

      Blogger jika di ibaratkan Tubuh manusia agar bisa sehat ngga mesti hanya menjaga kesehatan mata saja. tapi seluruh bagian dari tubuh semuanya mesti di jaga. kalau mata saja yg di jaga tapi misalnya kulit, perut, tulang, telinga ngga di jaga.

      1 aja yg sakit. misalnya sakit perut karena salah makanan yg ngga baik bagi kesehatan. maka semua tubuh rasanya akan sakit.

      menurut saya, blogger juga gitu. kalau salah satu ngga di pelajari dengan baik. maka bisa menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian dari blog.

      gitu sih menurut saya.

      ngga tahu juga ama pendapat yg lainnya sih pak. he he..

      Delete
    2. Manfaatnya memang banyak belajar HTML dan CSS dan sudah seharusnya blogger mempelajarinya karena memang bagian dari teknis blogging

      Delete
  4. tapi saya akui saya juga masih belum tahu tentang HTml dan CSS. masih banyak yg perlu dipelajarin sih. karena ini rumit banget, salah tanda titik aja bisa error. he he..,

    semoga di blog mediakompilasi disini nanti bisa berbagi ilmu html dan css ya pak he he..., biar kita bisa belajar bersama-sama. he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah juga mencoba belajar Html dan CSS cuma mentah ditengah jalan padahal bukunya ada tinggal berlatih.Maunya begitu mas sambil praktek langsung

      Delete
  5. Belajar kode-kode gituan memang susah2 gampang.
    Harus sering praktik biar hafal betul apa fungsi dan trik menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti harus sering berlatih biar terbiasa

      Delete
  6. Hmm kalau masalah kode begituan mas jujur saja saya belum terlalu mengerti tapi bukan berarti saya berhenti untuk belajar tentang html dan css ini.

    ReplyDelete
  7. kalau menurutku perlu ya seorang blogger belajar html dan css, karena dengan itu kita bisa memenuhi kebutuhan konten dan desain di blog kita sehingga pengunjung tetap betah lama2 di blo kita,

    meskipun kita tidak se-intens belajarnya (sampai belajar code2 rumitnya), tapi paling tidak kita bisa mengerti ilmu dasarnya. itupun sudah cukup menurutku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak menguasai dasar dasarnya ya mas jadi kalau mau modif ringan masih bisa lah

      Delete
  8. Sangat perlu Mas Dwi...
    Namun dalam mempelajari harus satu persatu dulu...
    Kalau permasalahan kode HTML dan CSS yang dicari sudah ketemu dan diperbaiki...
    Lanjut ke kode-kode lainnya...
    Lama-lama jadi hafal sendiri letak dan cara penulisan kode HTML dan CSS tersebut...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nyicil belajarnya ya mas jangan sekaligus

      Delete
  9. Sangat penting menurutku sih.. tapi lagi" mentok ditengah jalan seperti kang dwi.. buku sudah ada, tinggal belajar dan praktek.. tapi ya lagi" ga ulet dan ga ngeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas mulai lagi belajarnya dikit dikit yang penting nyangkut diotak

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB