Monday, May 9, 2016

Cara Belajar Bahasa Inggris Tanpa Rasa Bosan

author photo
Cara Belajar Bahasa Inggris Tanpa Rasa Bosan-Bahasa Inggris bagi sebagian orang termasuk saya mungkin menjadi bahasa yang sulit untuk dikuasai buktinya walaupun saya dari SMP hingga SMA ada pelajaran bahasa Inggris tapi kemampuan bahasa Inggris saya masih payah terutama dari sisi conversation(Percakapan).Bahkan sewaktu SMP dulu nilai ujian kelulusan jeblok untungnya didukung pelajaran lain jadi NEMnya masih lumayan dan bisa diterima di SMA favorit.

Belajar Bahasa inggris

Memasuki SMA barulah saya mulai menyukai pelajaran bahasa Inggris penyebabnya saya tidak mau ketika ujian SMA saya masih belum bisa bahasa Inggris.Jujur saja cara belajar disekolah cukup membosankan karena hanya fokus menulis dan membaca jadi cara belajarnya kebanyakan pasif tidak ada yang namanya lab bahasa inggris.

Namun demikian saya tetap semangat belajar bahasa Inggris karena saya ingin bisa.Uniknya selain mendapatkan pelajaran dari guru bahasa Inggris saya juga pernah mendapatkan trik khusus dari guru pelajaran kimia yang menurut saya cukup ampuh sebagai cara untuk menguasai bahasa Inggris bahkan cara itu masih saya lakukan hingga sekarang walaupun tidak sesering dulu.Apalagi jika anda seorang blogger yang menargetkan pengunjung dari luar negeri minimal tahu artinya.
Baca juga : Haruskah Pindah Haluan Membuat Blog Berbahasa Inggris?

Berikut Cara Belajar Bahasa Inggris Tanpa Rasa Bosan

  • Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Sering-seringlah mendengarkan lagu berbahasa inggris(Barat) khususnya jenis musik pop atau slowrock pokoknya yang beatnya tidak kenceng kemudian hafalkan liriknya.Dulu sewaktu zaman SMA saya suka banget mendengarkan lagu dari grup musik legendaris Scorpion,Guns Roses,White Lion bahkan saya sampai hafal liriknya dan memainkan kunci gitarnya apalagi kalau lagunya romantis bisa cepat hafal.

Setelah itu carilah arti lirik lagu tersebut menggunakan kamus sehingga anda tahu arti dari lagu tersebut sering-seringlah menyanyikannya lama kelamaan anda akan hafal diluar kepala kosa kata yang ada dilagu tersebut.Bayangkan jika anda mampu menghafal 100 lagu coba hitung berapa kosa kata yang anda kuasai?
  • Menonton film berbahasa Inggris

Selain mendengarkan lagu barat cara lainnya adalah menonton film berbahasa inggris tidak harus dibioskop cukup ditelevisi atau kaset VCD/DVD namun carilah film yang dialognya menggunakan bahsa Inggris dan ada teks terjemahannya.Saat menonton dengarkan baik-baik dialog yang ada difilm tersebut kemudian perhatikan juga teks terjemahannya.Coba sesekali anda menerjemahakan sendiri tanpa melihat teks jika kesulitan baru lihat teksnya.Dengan cara ini jika anda sering nonton film berbahasa inggris kosa kata anda akan semakin banyak.

Demikilanlah informasi tentang cara belajar bahasa Inggris tanpa rasa bosan,anda punya pengalaman lain silahkan share disini. 

This post have 18 komentar

avatar
Andes Rizki delete May 10, 2016 at 4:43 AM

sering mendengarkan lagu berbahas inggris kalau saya mah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 5:51 AM

Lanjutkan mas mumpung banyak waktu

Reply
avatar
Uda Awak delete May 10, 2016 at 6:00 AM

Kalau saya lebih sering memakai cara menonton film berbahasa Inggris dengan terjemahannya mas.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 6:09 AM

Nah ini yang paling asyik jadi tahu jalan ceritanya

Reply
avatar
Iman Lukman NulHakim delete May 10, 2016 at 9:31 AM

Nnton film dan mendengarkan lagu b.inggris merupakan cara yang benar-benar efektif dan tidak membosankan :D

Reply
avatar
Defi Purnama delete May 10, 2016 at 10:19 AM

Kalo saya lbih efektif dengan menonton film berbahasa inggris mas

Reply
avatar
Dedy Akas delete May 10, 2016 at 10:35 AM

Benar tuh... Mas Dwi...
Dulu saya suka menghafal teks dari lirik lagu...
Terkadang juga men-translate-nya...
Secara tidak langsung ternyata sudah belajar bahasa Inggris ya...

Reply
avatar
Kang Oim delete May 10, 2016 at 10:57 AM

ya benar, saya setuju dengan trik diatas, pernah saya terapkan sendiri, dan kebetulan beberapa aplikasi sekrang ada yang mendukung lagu plus liriknya. saya nambah satu tuips, chating dengan orang luar negeri biasanya juga mantab

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 11:24 AM

Jadi nggak kerasa kalau sambil belajar ya mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 11:25 AM

Iya sih cuma harus mantegnin terus filmnya beda kalau nyetel musik bisa dimana saja

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 11:27 AM

Kayaknya perlu dilakukan lagi mas biar kosa katanya ingat lagi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 11:28 AM

Chatting belum PD tuh mas padahal layak dicoba

Reply
avatar
Wida Zee delete May 10, 2016 at 3:07 PM

Kedua tips diatas selalu aku lakukan mas Dwi, kalau lagi ada waktu senggang di usahakan untuk menonton film yang berbahasa inggris atau lagu bahasa inggris. Ini bisa menjadi jalan alternatif bagi yang mau belajar bahasa inggris, termasuk aku hehehe.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 10, 2016 at 3:35 PM

Bagus...tinggal praktek nulis diblog mba biar makin terasah

Reply
avatar
Admin bos delete May 10, 2016 at 3:45 PM

hehe pengalaman saya kang supaya enggakbosn belajar bahasa inggris. yaitu dengan guru yang cantik baik hati tidak sombong. satu lagi yang penting. hehehe mau dijadiin pacar kang wkwkwkwkkw damai kang,,,,,

Reply
avatar
Dedy Akas delete May 11, 2016 at 11:12 AM

OOT : Mas... infopojok rencananya kapan mau di sematkan unit iklan GA?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 11, 2016 at 2:45 PM

Nunggu kontennya banyak mas minimal 30 artikel

Reply
avatar
Dedy Akas delete May 11, 2016 at 11:51 PM

Owh... gitu...
Saya nyimak deh... :D

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement