Monday, May 2, 2016

Risiko Memiliki Motor Tua Siap-Siap Keluar Biaya Tak Terduga

author photo
Risiko Memiliki Motor Tua Siap-Siap Keluar Biaya Tak Terduga-Antara tukang sembako dan masyarakat umum jika disuruh memilih mau membeli motor baru atau bekas pilihannya bisa berbeda.Masyarakat umum lebih suka membeli motor baru karena mesinnya masih gress ada garansi dan model terbaru walaupun harganya lebih mahal.Tapi bagi tukang sembako seperti saya justru lebih memilih motor yang harganya murah tapi kualitasnya masih bagus sehingga lebih memilih motor bekas atau second.

Alasan saya lebih memilih motor bekas karena motor tersebut akan saya gunakan untuk operasional toko sembako misalnya belanja sembako atau untuk layanan antar.Sayang bukan kalau buat angkut-angkut beras,gula pasir,minyak curah terus memakai motor baru bodi motor bisa cepat rusak.Selain itu harganya terjangkau dikantong cukup 3 sampai 4 juta bisa mendapatkan motor yang mesinnya masih bagus walaupun umurnya sudah tua bandingkan dengan motor baru harganya bisa mencapai 15 juta.

Saya membeli motor bekas Honda Supra Fit 2006 dari tetangga saya surat-suratnya lengkap sekitar tahun 2014 harganya 3.7 juta.Meskipun motor bekas tapi mesinnya masih lumayan oke starter masih jalan cukup layak untuk operasional toko sembako.Meskipun demikian namanya juga motor bekas yang umurnya sudah tua risiko kerusakan tetap saja ada.
Baca juga : Ini Akibatnya Ngeblog Memakai Komputer Tua

Berdasarkan pengalaman saya selama memiliki motor tua tersebut sudah beberapa kali mengalami kerusakan mulai dari ganti ban luar/dalam,electric starter yang rusak dan yang terparah adalah motor sering mogok tapi untungnya masih bisa diperbaiki lagi.Jadi jika anda memiliki motor bekas tua siap-siap keluar biaya tak terduga bahkan saya pernah pumya pengalaman ketika sedang belanja sembako mogok ditengah jalan sedangkan jaraknya masih lumayan jauh dari rumah.

Motor Bekas
Motor Bekas

Kunci Kontak
Kunci kontak rusak

Setelah dibawa kebengkel terdekat ternyata harus ganti CDI yang harganya sekitar 250 ribu untungya saya membawa duit coba kalau tidak bisa-bisa tidak sampai rumah makanya yang punya motor tua kalau keluar rumah yang jaraknya jauh jangan lupa bawa uang yang cukup atau kartu ATM.Kemarin motor saya kembali ngadat kali ini giliran bagian kunci kontak yang rusak tidak bisa diputar kearah ON akibatnya motor tidak bisa hidup sama sekali padahal motor tersebut akan saya gunakan untuk berbelanja sembako dan mengantar belanja pesanan pelanggan.

Akhirnya saya bawa motor tersebut kebengkel dengan didorong dan setelah dibengkel saya ditawari montirnya mau ganti yang biasa atau yang orisinil? namun karena selisihnya cukup jauh 65 ribu banding 160 ribu saya pilih yang murah pertimbangan saya yang penting bisa jalan setelah menunggu satu jam lebih akhirnya motor bisa hidup kembali sorenya motor tersebut langsung saya pakai buat belanja keagen.

Malamnya saya pakai untuk mengantar pesanan sembako kepelanggan namun ternyata ada yang aneh lampu sein dan klakson kok tidak menyala/bunyi? padahal sebelum ganti kunci kontak bisa nyala? Waduh tambah masalah lagi masa mau dibawa kebengkel lagi capek deh! Ya Beginilah resiko memiliki motor tua siap-siap keluar biaya tak terduga.

This post have 13 komentar

avatar
Iman Lukman NulHakim delete May 3, 2016 at 8:01 AM

Walaupun motor bekas tapi kalo mesinnya masih ori dan suratnya masih kumplit kenapa tidak betul tidak kang :D kalo motor tua iru sering jajan terus ya kang :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2016 at 8:55 AM

Hitung hitung menghemat mas yagn penting mesin ok.Sering sih nggak cuma kalau pas ganti harus keluar duit lumayan

Reply
avatar
Wida Zee delete May 3, 2016 at 10:36 AM

Bulan lalu saudara aku beli motor bekas terus langsung service karena banyak problem dalam body motornya malah 1x lipat dari harga belinya. Rugi sih menurutku mas hehe.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2016 at 3:05 PM

Ya begitulah kalau dapatnya kurang bagus makanya harus pintar pintar memilih

Reply
avatar
Kang Nurul Iman delete May 4, 2016 at 10:13 AM

Ahi hi hi iya mas kalau punya motor tua memang kaya gitu pengeluaran yang mendadak lah dan apalah kebutuhan lain yang membuat pengeluaran bertambah, hmm kalau saya sih mending disimpan dan ganti ke motor yang lebih meodern.

Reply
avatar
Defi Purnama delete May 4, 2016 at 10:21 AM

Benar sekali mas, kalo pakai motor ya kita harus siap-siap menghadapi biaya tak terduga. Yang bikin repot lagi kalo rusak motornya pas dijalan terus kitanya nggak bawa duityang cukup

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 4, 2016 at 3:16 PM

Kalau disimpan malah susah nyimpennya mas mending dipake

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 4, 2016 at 3:21 PM

Iya mas kalau jalan jauh harus bawa duit buat jaga jaga

Reply
avatar
abdurrohim said delete May 4, 2016 at 7:04 PM

dinamika motor tua ya kang? pernah juga pengalaman ban bpcor hujan-hujan, pas sore hari. mau malam. kebayang kang? untung ada uang lima ribu perak. cukup dah buat nambal ban

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 4, 2016 at 8:09 PM

Ya begitulah resiko naik motor

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete May 4, 2016 at 8:59 PM

Namun alasan saya berbeda dengan mas yakni saya memilih membeli motor bekas karena selain uang saya cuma cukupnya untuk mtor bekas juga ada alasan lain yakni saya suka ngoprek atau nyervis sendiri sekalian belajar gitu mas walaupun cuma bisa bongkar doang ga bisa pasang lagi :D

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete May 4, 2016 at 9:01 PM

kalo masalah ban bocor engga cuma mtor tua yang suka bocor kadang mtor baru aja suka bocor mas kalo kena paku atau batu yang tajam :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 5, 2016 at 5:55 AM

Bagus dong kalau sekalian belajar ngoprek jadi tahu mesin

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement