--> Skip to main content

Risiko Memiliki Motor Tua Siap-Siap Keluar Biaya Tak Terduga

Risiko Memiliki Motor Tua Siap-Siap Keluar Biaya Tak Terduga-Antara tukang sembako dan masyarakat umum jika disuruh memilih mau membeli motor baru atau bekas pilihannya bisa berbeda.Masyarakat umum lebih suka membeli motor baru karena mesinnya masih gress ada garansi dan model terbaru walaupun harganya lebih mahal.Tapi bagi tukang sembako seperti saya justru lebih memilih motor yang harganya murah tapi kualitasnya masih bagus sehingga lebih memilih motor bekas atau second.

Alasan saya lebih memilih motor bekas karena motor tersebut akan saya gunakan untuk operasional toko sembako misalnya belanja sembako atau untuk layanan antar.Sayang bukan kalau buat angkut-angkut beras,gula pasir,minyak curah terus memakai motor baru bodi motor bisa cepat rusak.Selain itu harganya terjangkau dikantong cukup 3 sampai 4 juta bisa mendapatkan motor yang mesinnya masih bagus walaupun umurnya sudah tua bandingkan dengan motor baru harganya bisa mencapai 15 juta.

Saya membeli motor bekas Honda Supra Fit 2006 dari tetangga saya surat-suratnya lengkap sekitar tahun 2014 harganya 3.7 juta.Meskipun motor bekas tapi mesinnya masih lumayan oke starter masih jalan cukup layak untuk operasional toko sembako.Meskipun demikian namanya juga motor bekas yang umurnya sudah tua risiko kerusakan tetap saja ada.
Baca juga : Ini Akibatnya Ngeblog Memakai Komputer Tua

Berdasarkan pengalaman saya selama memiliki motor tua tersebut sudah beberapa kali mengalami kerusakan mulai dari ganti ban luar/dalam,electric starter yang rusak dan yang terparah adalah motor sering mogok tapi untungnya masih bisa diperbaiki lagi.Jadi jika anda memiliki motor bekas tua siap-siap keluar biaya tak terduga bahkan saya pernah pumya pengalaman ketika sedang belanja sembako mogok ditengah jalan sedangkan jaraknya masih lumayan jauh dari rumah.

Motor Bekas
Motor Bekas

Kunci Kontak
Kunci kontak rusak

Setelah dibawa kebengkel terdekat ternyata harus ganti CDI yang harganya sekitar 250 ribu untungya saya membawa duit coba kalau tidak bisa-bisa tidak sampai rumah makanya yang punya motor tua kalau keluar rumah yang jaraknya jauh jangan lupa bawa uang yang cukup atau kartu ATM.Kemarin motor saya kembali ngadat kali ini giliran bagian kunci kontak yang rusak tidak bisa diputar kearah ON akibatnya motor tidak bisa hidup sama sekali padahal motor tersebut akan saya gunakan untuk berbelanja sembako dan mengantar belanja pesanan pelanggan.

Akhirnya saya bawa motor tersebut kebengkel dengan didorong dan setelah dibengkel saya ditawari montirnya mau ganti yang biasa atau yang orisinil? namun karena selisihnya cukup jauh 65 ribu banding 160 ribu saya pilih yang murah pertimbangan saya yang penting bisa jalan setelah menunggu satu jam lebih akhirnya motor bisa hidup kembali sorenya motor tersebut langsung saya pakai buat belanja keagen.

Malamnya saya pakai untuk mengantar pesanan sembako kepelanggan namun ternyata ada yang aneh lampu sein dan klakson kok tidak menyala/bunyi? padahal sebelum ganti kunci kontak bisa nyala? Waduh tambah masalah lagi masa mau dibawa kebengkel lagi capek deh! Ya Beginilah resiko memiliki motor tua siap-siap keluar biaya tak terduga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar