Tutorial, Review, Tips&Trik

Studi Kasus Blog Niche Kata Kunci Persaingan Rendah

Studi Kasus Blog Niche Kata Kunci Persaingan Rendah-Cari kata kunci yang pencarian bulanannya tinggi biar trafiknya bagus!pernah membaca saran ini? saya yakin sebagian besar blogger mengetahui hal ini.Kata kunci bagi sebuah blog memang memiliki arti penting karena sangat berpengaruh terhadap kemajuan blog bahkan dari url,titel,deskripsi hingga artikel blog tak bisa lepas dari kata kunci.

Kata kunci pencarian bulanan tinggi masih tetap menjadi incaran blogger dalam membuat artikel namun faktanya tidak selalu blog yang membidik kata kunci tertentu sukses mendatangkan pengunjung karena memang terjadi persaingan merebutkan halaman pertama google.Alih-alih membidik kata kunci tinggi justru trafik sepi.Muncul pertanyaan bagaimana jika membidik kata kunci pencarian tinggi tapi persaingannya rendah apakah layak untuk dijadkan artikel?

Nah...untuk menganalisanya saya melakukan studi kasus blog niche yang membidik kata kunci yang persaingannya rendah kebetulan saya sedang build blog baru rencananya diblog tersebut akan membahas topik seputar bisnis secara umum pertimbangannya supaya saya bisa menulis banyak artikel.Perangakat yang saya gunakan untuk studi kasus ini adalah:

1.Domain TLD
2.Hosting
3.CMS Wordpress
4.Plugin Yoast SEO
5.Google Sugest dan Search related
Blog niche

Studi kasus saya awali dengan membidik kata kunci "toko kelontong" dan menurut Google Keyword Planner kata kunci ini pencarian bulanannya 1600.Kenapa saya membidik kata kunci ini? Saya menguasi topik tersebut karena usaha saya toko kelontong.Saya ingin tahu berapa potensi trafik yang akan saya dapatkan dari kata kunci ini.

Apakah saya menggunakan Kata kunci dalam Domain?Saya tidak menggunakan EMD karena rencananya blog tersebut topiknya bisnis secara umum bahkan titel dan deskripsi blog juga tidak membidik kata kunci tertentu.Saya hanya mengandalkan optimasi melalui artikel.Jika cara ini berhasil mendatangkan pengunjung saya akan mencoba ide lainnya misalnya bisnis grosir sembako dan lain-lain.
Baca juga : Blog Multi Niche(Gado-Gado) Masih Dianggap Sebelah Mata


Pembuatan Artikel

Saya membuat 1 artikel pilar dan 10 atau lebih artikel pendukung.Artikel pilar panjangnya 1000 kata sedangkan artikel pendukung panjangnya 400-600 kata.Dengan menggunakan plugin Yoast SEO optimasi kata kunci bisa dilakukan dengan mudah.Dalam membuat artikel dan judul saya mencari ide melalui google suggest dan related search.dari kata kunci "toko kelontong" menghasilkan beberapa kata kunci:
  • toko kelontong grosir
  • toko kelontong unik
  • toko kelontong murah
  • strategi bisnis toko kelontong
  • tips bisnis toko kelontong dan lain-lain


Sumber Backlink

Saat ini saya lebih fokus membuat artikel dan mempopulerkan domain diinternet salah satu caranya dengan membuat halaman facebook begitu blog dibuat selain itu saya juga membagikan artikel ke sosial media Gplus,facebook dan twitter.Saya belum mencari backilnk dari komentar

Hasil sementara

Selama 4 bulan saya baru bisa membuat 1 artikel pilar dan 6 artikel pendukung.Trafik harian berkisar antara 5-85 pengunjung.Meskipun masih kecil tapi saya bisa tahu potensi trafik yang akan dihasilkan misalnya saja saat ini perbandingan artikel dan trafik 1:1 saya harus berusaha agar perbandingannya naik paling tidak 1:5 targetnya 100 artikel bisa meraih tarfik 500 per hari.

Statistik blog

Kata kunci yang dicari pengunjung

Menariknya meskipun artikel baru 7 buah namun ternyata sudah mulai mendapatkan trafik organik melalui beberapa kata kunci tertentu sehingga saya berkesimpulan tehnik seo yang saya terapkan mulai membuahkan hasil walaupun kata kunci yang saya bidik masih berada dihalaman 3 google.Tugas saya selanjutnya adalah memperbanyak artikel dengan mencari kata kunci lain serta mulai mencari backlink.

Bagaimana perkembangannnya nanti Insya Allah akan saya sampaikan dipostingan selanjutnya.Bagi yang mau mampir silahkan berkunjung ke Infopojok.com 

22 comments:

  1. Keren juga mas saya saja belum pada target kata kuncinya, sepertinya harus dibanyakin belajar nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau trafik gratis dari google harus pakai kata kunci mas kecuali kalau mau capek share ke sosmed tiap hari

      Delete
  2. Mantap bos, blog niche memang perlu dibuat dan dikembangkan.Semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas hitung hitung investasi blog

      Delete
  3. Sukses buat risetnya Mas...
    Semoga dapet ide-ide yang fresh...

    ReplyDelete
  4. Mantep atuh mas, saya ko susah banget dapat pengunjung yah, malah jadi jenuh mals ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari pengunjung harus sabar kerja otak dan cerdas mas

      Delete
  5. cara membuat trafik pengunjung seperti punya sampean itu gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja keras,tekun,sabar dan konsisten mas.Saran saya domain TLD,Posting tiap hari,Dulukan menulis yang topiknya menguasai,utamakan artikel abadi.Selebihnya sudah saya share di label tips blog

      Delete
  6. mas dwi, serius terimakasih mas, ada ilmu cara menguatkan kata kunci ini. saya baru tau ada artikel pilar dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba sendiri mas supaya blognya semakin berkembang

      Delete
  7. perbandingan yang signifikan banget atas studi kasus blog niche dengan kata kunci pada tingkat kata kunci yang rendah di tingkat persaingan pada serp ya mang...lanjutin mang agar bisa meningkatkan penghasilan setelahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Kang nanti kalau sudah bagus saya kasih tahu lagi

      Delete
  8. Riset yang jitu kang, karena jarang sekali yang menggunakan hal seprti ini. Sukses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lebih enteng nyari trafiknya mas

      Delete
  9. Wah... sudah mulai menunjukkan kemajuannya ya Mas Dwi...
    Perlahan namun pasti...
    Insya Allah saya menyusul juga nih...
    Salam semangat selalu... :D

    ReplyDelete
  10. cocok buat saya pemula kang,,,, izin bokmark ya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Bos kalau memang bermanfaat

      Delete
  11. Mas Dwi, berarti yang terbaik masih tetap wordpress ya?

    ReplyDelete
  12. Wp full kontrolnya mba jadi lebih leluasa mengguanakan fitur fitur yang ada

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB