--> Skip to main content

Vidio : Jathilan Mengamen Cara Unik Melestarikan Budaya Indonesia

Vidio : Jathilan Mengamen Cara Unik Melestarikan Budaya Indonesia-Banyak cara dilakukan orang untuk melestarikan budaya asli Indonesia salah satunya dengan mengamen tapi pengamen yang satu ini cukup unik karena menggunakan kuda-kudaan dengan diiringii musik tradisional jawa sambil membawa pecut(Cambuk) dan menari-nari.Pengamen unik ini berkeliling mendatangi rumah-rumah warga perumahan.
Baca juga : Ondel-Ondel Mengamen Diperumahan Bekasi

Kesenian jathilan
Jathilan sedang action

Kemarin siang kebetulan pengamen ini sedang mengamen dirumah tetangga karena saya rasa cukup unik spontan saya mengambil kamera untuk merekam.Sebenarnya saya sering melihat pengamen yang seperti itu diperumahan saya namun baru kali ini bisa mengabadikannya dalam video.Terus terang saya sebenarnya kurang tahu apa nama kesenian tersebut yang pasti dari musik iringannya saya menebak dari daerah jawa.

Uniknya melihat pertunjukan unik ini anak saya justru ketakutan mungkin karena tampilannya serba hitam dan bawa cambuk lagi.Setelah merekam selama kurang lebih 1 menit pengamen tersebut menghentikan aksinya sambil meminta uang ketuan rumah.Iseng-iseng saya bertanya kepengamen tersebut,"Namanya kesenian apa mas?” pengamen tersebut menjawab,”Jathilan Mas”.lalu saya Tanya lagi,”Mas aslinya dari mana?” “Surabaya?”jawab sang pengamen.

Jathilan menurut Wikipedia adalah kesenian yang berbentuk tarian tradisional jawa yang menggambarkan sekumpulan prajurit yang sedang menaiki kuda namun kudanya bukan nyata hanya terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang dianyam sedemikian rupa sehigga mirip kuda.Jathilan memiliki nama lain jaran kepang,kuda lumping.Menurut sejarahnya kesenian ini merupakan kesenian paling tua di tanah Jawa namun tidak diketahui asal-usulnya karena tidak ada satupun catatan sejarah yang menjelaskannya.

Meskipun Jathilan yang mengamen diperumahan hanya dimainkan satu orang dan iringan musiknya memakai speaker namun tetap berkesan unik ditambah lagi dengan tampilan yang serba hitam menjadi atraksi tersendiri.Saya lebih suka menyebut pengamen jathilan ini sebagai seniman jalanan karena memiliki bakat menari.Penasaran seperti apa sih penampilan seniman jathilan yang sedang beraksi? Tonton video yang sudah saya unggah keyoutube dengan URL : https://youtu.be/UJfU2EAPdCE berikut ini:


Yuk Share informasi ini supaya kesenian tradisional jathilan ini tetap lestari dinegeri sendiri
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar