KPK

Thursday, May 5, 2016

Yuk! Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,Bekasi-Sensus ekonomi 2016 mulai dilakukan diperumahan Griya Asri 2 Sumberjaya Tambun Bekasi.Hal tersebut ditandai dengan datangnya petugas sensus ekonomi kerumah warga termasuk kerumah saya kemarin 5 mei 2016.Sambil memperkenalkan diri petugas sensus menjelaskan kedatangannya yaitu dalam rangka sensus ekonomi 2016.

Sensus Ekonomi 2016
Petugas sensus menginput data

Bagi saya ini merupakan pengalaman pertama kali berpartisipasi dalam sensus ekonomi.Menurut keterangan petugas yang bernama Samino sensus ekonomi ini dilakukan setiap 10 tahun sekali.Setiap petugas sensus ditunjuk langsung oleh BPS daerah melalui seleksi dan tranning terlebih dahulu.Dalam menjalankan tugasnya petugas sensus ekonomi ini dibekali surat tugas,seragam kerja yang berupa rompi,topi dan tas jadi tidak sembarangan orang.

Setelah mempersilahkan masuk petugas sensus ekonomi yang kebetulan masih warga perumahan saya ditanya nama,nama usaha,pengeluaran usaha per bulan dan pendapatan usaha per bulan jadi pertanyaannya tidak banyak,sensus kemudian diakhiri dengan tanda tangan.

Menurut BPS (Badan Pusat Statsitk) melalui laman bps.go.id menjelaskan sensus ekonomi ini berlangsung dari tanggal1 hingga 31 Mei 2016.Tujuan diadakannya sensus ekonomi ini adalah untuk memperoleh informasi yang sebenarnya perekonomian bangsa sebagai dasar untuk penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Cakupan dari sensus ekonomi ini adalah seluruh usaha/perusahaan non pertanian yang mencakup beberapa sektor.Hal ini juga dijelaskan oleh petugas sensus yang mendatangi rumah saya bahwa tidak semua rumah disensus hanya bagi mereka yang  memiliki usaha sedangkan karyawan atau pegawai tidak ikut disensus.Kebetulan saya memiliki usaha toko sembako jadi ikut disensus ekonomi.

This post have 11 komentar

avatar
Uda Awak delete May 5, 2016 at 8:34 PM

Dengan memberikan data yang benar pada petugas akan lahir data akurat untuk pengambilan kebijakan selanjutnya, mas Dwi...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 6, 2016 at 8:35 AM

seharusnya memang data yang diberikan seakurat mungkin jadi pemerintah tahu kondisi yang sebenarnya

Reply
avatar
Kang Nurul Iman delete May 6, 2016 at 2:05 PM

Wah saya belum pernah nih mas dwi nyobain, soalnya belum datang ke tempat saya nih.

Reply
avatar
Kang Oim delete May 6, 2016 at 4:26 PM

owh jadi ini ya yang rame-rame di desa saya, maklum waktu itu saya ndak ikutan, kata tetangga pendataan ekonomi gitu. makasih kang infonya. kegiatan itu juga dilakukan di desa saya

Reply
avatar
Amri Evianti delete May 6, 2016 at 10:12 PM

baru hari ini pak rumah saya juga kedatangan tamu dari SE. Semoga manfaat, dan data yang kami berikan bisa tergolong dalam ikut mensukseskan sensus ekonomi 2016 ini.

Reply
avatar
Heru Notodirjo delete May 6, 2016 at 10:29 PM

Dua hari lalu di rumah juga kedatangan petugas sensus...dipersilahkan masuk tidak mau...akhirnya hanya berdiri di depan pintu.
Nunjukin surat tugas...nanya nama...trus jenis usahanya apa. Trus pamit pergi tuk lanjut. Gitu doank!!! ^_^

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 7, 2016 at 6:50 AM

Kalau memang punya usaha siap siap saja didatangi petugas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 7, 2016 at 6:50 AM

Kalau punya usaha silahkan berpartisipasi mas biar sukses

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 7, 2016 at 6:52 AM

Ketahuan dong mba amri pengusaha juga

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 7, 2016 at 6:52 AM

Lha pengeluaran sama pemasukan usaha nggak ditanya mas?

Reply
avatar
Iman Lukman NulHakim delete May 7, 2016 at 2:07 PM

Saya baru denger dari bos saya bakalan ada orang yang datang dari SE, kalo beneran mau datang harus berhati-hati nih .. hehehe

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement