Tutorial, Review, Tips&Trik

3 Angkutan Mudik Paling Nyaman Buat Keluarga

3 Angkutan Mudik Paling Nyaman Buat Keluarga-Mudik lebaran merupakan tradisi yang sayang jika terlewatkan begitu saja karena hanya dilakukan setahun sekali khususnya bagi kaum urban seperti saya walaupun sudah ber KTP Bekasi namun tradisi mudik lebaran tetap menjadi momen yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya.

Mudik atau pulang kampung halaman menjadi lebih bermakna karena dilakukan menjelang hari kemenangan atau Idul fitri setelah sebulan berpuasa dan setelah sekian lama tidak mudik karena rata-rata kaum urban libur panjang ketika lebaran makanya jangan heran tradisi mudik lebaran selalu ramai walaupun harus rela antri membeli tiket atau macet dijalan karena memang rata-rata mudiknya serentak beberapa hari menjelang lebaran
Baca Juga: 5 Tujuan Mudik yang Membuat Rela Macet dijalan

Angkutan Mudik
Stasiun kereta Api

Bedasarkan pengalaman saya berulang kali mudik lebaran dari zaman saya masih jomblo sampai sekarang sudah berkeluarga,tradisi mudik hampir selalu disertai dengan berdesak-desakan baik ketika membeli tiket atau masuk kebus dan kemacetan dijalan sehingga tradisi mudik buat saya merupakan sesuatu yang melelahkan karena umumnya menggunakan armada Bus baik bus umum atau pariwisata sehingga bagi pemudik yang memiliki keluarga terutama anak balita menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan sehingga lebih memilih untuk tidak mudik lebaran.

Saya sendiri sejak memiliki anak sudah jarang mudik kalau tidak salah baru sekali itu saja saya bela-belain pesan tiket jauh-jauh hari dan sekarang sudah punya anak 3 keinginan untuk mudik semakin berkurang pertimbangannya kasihan sama anak-anak apalagi sekarang saya memiliki anak bayi.

Namun demikian menurut saya sebenarnya ada 3 angkutan mudik yang cukup nyaman digunakan untuk keluarga terutama yang memiliki balita seperti saya.Berikut ulasan selengkapnya:

1.Mobil Travel
Mobil travel atau istilahnya mobil sewaan bisa menjadi pilhan mudik lebaran yang nyaman karena pemudik tidak harus pergi keterminal atau Pool Bis apalagi jika pemilik travel tetangga sendiri dan penumpangnya juga tidak terlalu banyak dan biasanya dicarter(Pesan) oleh satu keluarga sehingga lebih nyaman.Kelebihan dari mobil travel ini jika kondisi jalan macat bisa mencari jalan alternatif dan sewaktu-waktu anak rewel bisa beristirahat sebentar,Namun sayangnya tarif armada travel ini lebih mahal dibandingkan bus umum.

2.Kereta Api
Jika pemudik tidak ingin terjebak macet angkutan mudik kereta api solusinya trafiknya juga tidak terlalu mahal bahkan tiketnya juga bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum lebaran disamping itu tempat duduknya juga nyaman tidak terlau rapat seperti pada angkutan bus.Karena kelebihan inilah membuat angkutan kereta api jadi rebutan untuk mudik sehingga tak heran lebaran masih lama tapi tiketnya sudah habis dipesan.

Disamping itu karena lokasi stasiun besar hanya ada dikota-kota tertentu biasanya 1 kota 1 stasiun akan cukup merepotkan jika lokasi tujuan jauh dari stasiun karena harus nyambung angkutan lagi berbeda dengan angkutan bus yang bisa turun dimana saja

3.Pesawat terbang
Angkutan ini sangat nyaman digunakan untuk angkutan mudik karena sangat cepat dan aman bayangkan saja pesawat jenis boeing 747 mampu terbang landas dengan kecepatan mencapai 909 Km per jam(Wikipedia).Namun kecepatan dan kenyamanan tersebut harus dibayar dengan tarif yang lumayan mahal misalnya saja berdasarkan info dari situs tiket online tarif Jakarta-Solo dipatok dengan harga mulai dari Rp.323.300 jika mudik sendirian mungkin tidak terlalu berat namun jika satu keluarga yang berjumlah 5 orang tentu menjadi beban tersendiri apalagi yang berkantong pas-pasan bisa-bisa uang THR habis buat ongkos saja.

Selain itu lokasi Bandara udara hanya ada dikota-kota tertentu saja misalnya Bandara udara internasional Husein satranegara di Bandung,Adi Sumarmo Solo Achmad Yani di Semarang,Juanda di Surabaya.Jadi cukup merepotkan jika domisilinya jauh dari bandara contohnya saya tinggal di Bekasi kalau mau naik pesawat  harus kebandara Sukarno Hatta dulu di Tanggerang dan karena tujuan saya Tegal otomatis harus memilih tujuan yang  terdekat dengan Tegal yaitu Bandara Achmad Yani Semarang artinya saya harus nyambung angkutan lain menuju ke Tegal.

Bagaimana menurut penglalaman Anda Angkutan Mudik apa yang  paling nyaman buat keluarga?

16 comments:

  1. loh kalo ga mudik lagi emang di kampung udah ga ada orang tua atau keluarga mas? ga kangen? Saya aja sebagai mahasiswa rantau di jawa selalu pulang dua kali setahun minimal ke kalimantan, enakan naik pesawat sih murah juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada ortu mas cuma gimana lagi kalau punya bayi repot kalau harus naik bus kangen sih kangen

      Delete
  2. Keluargaku paling rental mobil atau naik bus untuk pergi wisata atau hanya sekedar silaturhami ke kampung halaman alm. ayah sudah biasa seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak memang mobil rental lebih nyaman

      Delete
  3. kalo mobil travel kira2 bisa pesen pas deket deket hari h ga ya, was was saya, tiket kereta ga dapat lagi huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau deket deket lebaran biasanya sudah dibooking makanya harus pesen jauh jauh hari

      Delete
  4. Kalo saya dulu waktu masih kerja dijakarta dan masih bujangan biasanya mudik naik sepeda motor mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya nggak belum pernah mas mudik pakai motor nggak kebayang capeknya apalagi sekarang sudah berkeluarga

      Delete
  5. Karena saya mudiknya deket, jakarta-bogor jadi saya lebh nyaman naik kertea, mas... paling lama 3 jam sampe kampung halaman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mudiknya ke bogor mah bisa tiap hari dong mas

      Delete
  6. Kalau pakai kereta api untuk saat ini sepertinya beberapa tiket untuk tujuan tertentu udah ludes terjual..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas harus jauh jauh hari sudah pesan kalau mau pakai kereta

      Delete
  7. Kalau saya sepertinya travel mas, biar bisa sampai langsung tujuan ga perlu naik turun hehe. Insya Allah mudik ke Majalengka minggu depan, mohon doa.

    Makasih mas tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang enak mas pakai travel nggak perlu nyambung lagi,Hati hati dijalan mas

      Delete
  8. paling mantep dan nyaman emang nggak ada lain selain travel juga kereta api, bahkan jika mungkin mah pesawat, mahal sedikit nggak apa-apa kan setahun sekali....tapi dari semua angkutan tersebut saya justru lebih memilih diem di rumah, pulkamnya pas arus balik, jadi lebih nyaman...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini patut ditiru orang orang pada balik si akang baru pulang mudik ya terang lancar

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB