Tutorial, Review, Tips&Trik

4 Teknologi Membantu Kelancaran Puasa Ramadhan

4 Teknologi Membantu Kelancaran Puasa Ramadhan-Apakah anda pernah bangun kesiangan sehingga tidak bisa makan sahur? hal ini bisa terjadi salah satunya karena anda tidak memasang jam alarm.Jika anda amati ternyata teknologi sangat membantu umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan.Dengan keberadaan teknologi sesuatu yang tadinya agak repot untuk melakukannya sehingga butuh waktu lebih lama namun dengan bantuan teknologi semuanya bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Teknologi puasa
Magic jar

Menurut pendapat saya ada 4 teknologi yang sangat membantu kelancaran umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang sebagian besar berhubungan dengan pengolahan makanan.Beikut informasi selengkapnya:

1.Jam Alarm

Dengan adanya jam alarm yang disetting untuk berbunyi dijam-jam tertentu tentunya sangat membantu agar bisa selalu terbangun dari tidur diwaktu sahur walaupun sebenarnya kalau sebelum tidur diniatkan untuk makan sahur Insya Allah akan terbangun.Namun terkadang karena mungkin terlalu capek bekerja atau tidur terlalu malam bangunnya jadi kesiangan kalau sudah begitu merupakan kerugian karena tidak bisa makan sahur.

Saya sendiri pernah mengalami bangun kesiangan sehingga tidak makan sahur namun saya tetap berpuasa dan itu terasa berat saya rasakan menjalankan puasa makanya agama menganjurkan untuk makan sahur karena mengandung keberkahan dan jam alarm bisa digunakan untuk mengantisipasi bangun kesiangan.Jaman dulu jam alarm masih berupa jam analog tapi sekarang cukup dengan sebuah Handphonme sehingga lebih praktis

2.Penanak nasi listrik

Sebelum ada teknologi penanak nasi listrik biasanya orang memasak nasi menggunakan kompor dan panci khusus kalau orang jawa menyebut cara ini dengan ngliwet.Cara ini cukup merepotkan karena harus ditunggu jangan sampai gosong dan jika nasinya sudah dingin perlu dihangatkan lagi.Saya pernah merasakan cara memasak nasi menggunakan panci sewaktu masih kos kalau pas buka puasa sih enak masih hangat tapi kalau mau makan sahur perlu dihangatkan lagi kalau tidak makannya jadi kurang nikmat.

Tapi sekarang sudah enak sejak adanya alat penanak nasi listrik atau biasa disebut magic jar,saya cukup memasukkan beras kemudian ditambah air sesuai takaran colok,tekan tombol cook lalu ditinggal saja tidak sampai 1 jam nasinya matang dan anti gosong bahkan alat ini juga secara otomatis berfungsi sebagai penghangat jika nasinya sudah matang.Jadi kalau masaknya sore sampai makan sahur nasi masih tetap hangat.

3.Kompor Gas.

Sebelum ada konversi minyak tanah ke gas sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kompor minyak tanah karena katanya lebih aman.Namun menggunakan kompor minyak tanah banyak kelemahannya karena kurang praktis kalau mau menggunakan harus menghidupkan sumbunya satu persatu dan meninggalkan bekas dialat masak kalau tidak buru-buru dibersihkan alat masaknya menjadi hitam bahkan kadang-kadang masakannya bau asap.

Berbeda jika menggunakan kompor gas semua bisa dilakukan serba cepat dan tidak perlu repot karena tinggal putar knopnya langsung menyala dan apinya juga biru sehingga minim asap sehingga masakannya terhindar dari bau asap.Dengan mengunakan kompor gas memasak jadi lebih cepat dibandingkan kompor minyak tanah.

4.Mesin Pendingin

Pada saat bulan Ramadhan rutinitas yang harus dilakukan adalah belanja kebutuhan pokok untuk berbuka puasa dan makan sahur.Berbeda dari hari-hari biasa dimana kebutuhan pokok tersebut langsung diolah entah untuk sarapan atau untuk makan siang namun karena bulan puasa otomatis masaknya sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Diantara kebutuhan pokok tersebut biasanya membutuhkan perlakuan khusus kalau tidak bisa rusak atau basi seperti sayuran atau daging.Disinilah peran mesin pendingin atau kulkas dibutuhkan karena bisa membuat sayuran atau daging dan bahan lainnya bisa tetap segar sampai diolah nanti.Bahkan beberapa sayuran atau bumbu dapur bisa bertahan berhari- hari jika disimpan dalam mesin pendingin atau kulkas sehigga tidak harus belanja tiap hari.
Baca juga : Cara Kerja Mesin Pendingin Ruangan(AC) Beserta Gambarnya

Bagaimana menurut anda teknologi apa lagi yang sangat membantu kelancaran puasa dibulan ramadhan? Silahkan Share disini.

18 comments:

  1. Boleh di tambahin? Aplikasi Ojek Online bisa jadi pilihan ketika malas keluar, seperti saya yang anak kos dan kebetulan jauh untuk beli makanan. Dengan adanya fasilitas tersebut, kita tinggal order saja :D

    Salam Kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas,,
      iya mas saya setuju.. :)

      Delete
    2. Oh ya Bisa juga Ojek online karena bisa order makanan tanpa perlu keluar rumah.Salam kenal juga

      Delete
  2. Kok komentar krmarin belum muncul ya... Apa masuk ke spam .?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada kok mas belum kekirim kali

      Delete
  3. Kemajuan Teknologi kenyataannya memang sangat membantu beragam kebutuhan nyatanya.

    ReplyDelete
  4. Bagi saya jam alarm tidak terlalu membantu mas karena saya sudah setting di jam tertentu tapi tetep aja gak mau bangun kalau gak di bangunin sama orang tua :D
    Penanak nasi listrik tuh sangat membantu banget apalagi buat saya yang tidak mau makan kalau nasi nya dingin :) hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pules banget berarti tidurnya gimana nanti kalau tinggal sendiri?

      Delete
    2. Bener mas bukan hanya pules sih tapi karena capek kerja nya sip malem, Mungkin kalau nanti 3-4 tahun ke depan akan di bangunkan istri . whaha

      Delete
  5. Betul sekali mas, dengan persiapan yang siap pasti puasa Ramadhan kita jadi lebih afdhol dan lebih khusyu. Mudah-mudahan dengan praktisnya hal tersebut konsentrasi ibadah kita semakin meningkat.

    ReplyDelete
  6. Jujur saja mas kalau saya mah gak terlalu suka kalau masak nasinya menggunakan mejikom karena rasanya tidak memiliki ciri khas kalau menurut saya, dan saya sukanya masak nasi itu menggunakan cara tradisional atau yang sering digunakan oleh orang tua kita jaman dahulu itu nasinya jauh lebih nikmat mas dan rasanya juga enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari segi rasa memang enak kalau masak nasi pakai kayu bakar dikukus pakai bambu dan pancinya juga khusus tapi dari sisi kepraktisan Magic jar tetap unggul

      Delete
  7. Satu lagi mas, Handphone, hehehe buat ngehubungin orang-orang terdekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya bisa juga mas buat membangunkan kerabat atau teman siapa tahu kesiangan

      Delete
  8. mantap mas, selamat menjalankan ibadah Puasanya ya mas

    ReplyDelete
  9. Sepertinya kita tidak bisa dipisahin dengan ke-4 teknologi ini ya mas, semua sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

    ReplyDelete
  10. Betul mas dengan adanya benda benda diatas kita memang menjadi sangat terbantu bukan hanya saat bulan ramadhan tapi juga pada kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB