Tutorial, Review, Tips&Trik

Kata Kunci Masuk Halaman 1 Modal 10 Artikel

Kata Kunci Masuk Halaman 1 Modal 10 Artikel-Bisa masuk halaman 1 google merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu blogger karena dengan masuk halaman 1 peluang mendapatkan trafik organik dari google semakin besar.Umumnya blogger membidik kata kunci tertentu agar cepat masuk halaman 1 google terutama yang pencarian bulanannya tinggi.

Apalagi jika blog tersebut berjenis blog niche(1 topik) pemilihan kata kunci yang tepat sangat berpengaruh terhadap trafik.Untuk membuktikan apakah kata kunci bisa membuat blog tampil dihalaman 1 google saya melakukan studi kasus yang mana saya membuat blog baru yaitu infopojok.com dimana saya menargetkan kata kunci tertentu.Saya ingin tahu apakah dengan cara yang saya lakukan bisa menembus halaman 1 google.
Baca juga : Studi Kasus Blog Niche Kata Kunci Persaingan Rendah

Studi kasus saya awali dengan membuat artikel pilar/utama dengan panjang 1000 kata dimana pada artikel tersebut saya masukkan kata kunci yang saya bidik yaitu "Toko Kelontong".Mungkin anda akan bertanya kok ambil kata kunci tersebut? alasannya sederhana biar saya bisa menulis artikel seunik mungkin karena itu profesi saya.Jika studi kasus ini berhasil saya akan mencoba kata kunci lainnya.

Kemudian saya membuat artikel pendukungnya dengan panjang artikel 300-500 kata yang mengandung kata kunci utama.Saya merencanakan akan membuat minimal 10 artikel jika kata kunci utama belum masuk halaman 1 saya akan menambahnya lagi.Karena blog baru tersebut bukan blog utama,saya hanya membuat artikel jika ada waktu makanya hingga bulan ke 4 artikelnya baru berjumlah 7 buah,Namun demikian ternyata kata kunci utama sudah masuk halaman 3 dan mulai mendapatkan trafik organik dari google.

Memasuki bulan ke-5 ketika jumlah artikel mencapai 10 buah terjadi perubahan yang signifikan,ketika saya mengecek digoogle melalui handphone ternyata sudah masuk halaman 1.Penasaran untuk memastikannya saya mengecek melalui situs whatsmyserp.com dengan mensetting region indonesia hasilnya memang sudah masuk halaman 1 peringkat 8.

Kata kunci
Hasil pengecekan peringkat

Dengan hasil ini saya bisa mengambil kesimpulan:


  • Panjang artikel sangat mempengaruhi posisi artikel dipencarian
  • Umur blog berpengaruh terindeksnya artikel
  • Artikel terkait(pendukung) ikut berpengaruh terhadap posisi artikel utama yang mengandung kata kunci bidikan dipencarian.
  • SEO On page ikut berperan masuknya artikel kehalaman 1
  • Blog dengan artikel sedikit tetap berpeluang masuk halaman 1

Studi kasus ini bisa dijadikan blue print (Patokan) jika saya ingin membagun banyak blog khususnya blog niche yang membidik kata kunci tertentu terutama yang pencarian bulanannya tinggi,harapannnya dengan sedikit artikel tapi trafiknya melimpah.Semoga bermanfaat!

19 comments:

  1. 5 hal yang perlu diperhatikan agar artikel masuk posisi 1 di serp ya mas. Terima kaih untuk penjelasannya mas :)

    ReplyDelete
  2. Wah, mengadakan penelitian sendiri nih, hehe, berguna banget buat menambah pengalaman blogging, terutama ilmu ini juga tidak pernah habis dibicarakan, karena blogger banyak mencarinya.. :)

    ReplyDelete
  3. Iya mas dwi senang sekali rasanya kalau artikel yang kita buat itu masuk dalam page 1, artikel saya juga ada yang masuk page satu tapi hanya sebagian mas dwi dan itu saja sudah cukup buat saya, walaupun cuman sebagian tapi pada kuat nongkrong terus dipage satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata kuncinya 2 kata dan pencariannya tinggi senang banget tapi kalo pencarian bulannnya rendah nggak signifikan trafiknya

      Delete
  4. Jadi intinya research keyword itu sangat penting ya mas untuk blog niche :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas karena biasanya blog niche artikelnya sedikit tidak seperti blog gado gado

      Delete
  5. Wah... selamat ya Mas... saya ceck di komputer saya juga masuk dalam halaman pertama...
    Dari mulai nama situs berikut judulnya dan kata kuncinya... dan dibawahnya ada 2 bawaan dari google plus...
    Totalnya ada 3 yang masuk dalam halaman pertama...
    Sekali lagi selamat ya :D

    ReplyDelete
  6. Wow jempol banget buat mas Dwi yang sudah melakukan penelitian sendiri.! Wah cukup lama juga ya mas,! Semoga penelirian kang Dwi ini akan menjadi patokan buat kita semua untuk membangun blog yang bonafit ya kang.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk blog WP memang agak lama terindeksnya kang krn pakai hosting sendiri jadi saya santai postingnya

      Delete
    2. Oo lebih enak ya kangvternyata pakai WP saya dulu pernah sih tapi ribet dulu kayaknya yah karena dulu kan madih baru kenal he he

      Delete
  7. Nice share mas. Tapi apakah template SEO juga mendukung mas Dwi??? Blog walking juga kah??

    Saya bertanya sama masternya SEO mas Dwi ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal fast loading dan responsive mas...blog walking baru mulai mas tapi dah keburu masuk halaman satu.Blog walking hanya membantu menaikkan peringkat blog tapi yang utama artikelnya

      Delete
  8. Luar biasa mas, artikel ini bisa menjadi acuan untuk menulis lebih baik lagi ke depannya agar bisa masuk halaman 1 Google Pencarian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kebetulan kang Maman baru bikin blog niche photografi bisa diterapin cara ini cari dulu kata kuci yang pencariannya tinggi mas biar dapat trafik organik

      Delete
  9. Wah, mas Dwi keren euy, sampai ke riset segala. Nyontek ah caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saja mba lagi build blog baru pake WP sekalian aja buat riset sendiri

      Delete
  10. Kalau menurut saya, kualitas artikel yang bikin posisi artikel nangkring di mesin pencari. Selain panjang artikel juga kualitasnya, tidak hanya sekedar membuat laman blog nampak penuh saja.

    Membidik kata atau frase kunci juga penting asal jangan sampai keyword stuffing:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups kualitas artikel no 1 jadi tidak hanya panjang tapi bertele tele tapi panjang berisi

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB