--> Skip to main content

Lulus SMA Tak Kunjung Kerja Lakukan 5 Hal Ini

Lulus SMA Tak Kunjung Kerja Lakukan 5 Hal Ini-Lulus SMA tak jarang ada yang bisa langsung kerja karena memang perusahaan swasta atau pabrik memberikan kesempatan kepada lulusan SMA sederajat untuk menjadi tenaga kerja atau buruh pabrik seperti pabrik otomotif,garmen,elektronik,consumer goods dan lain-lain.Namun karena keterbatasan lapangan kerja yang ada membuat tidak semua lulusan SMA mendapatkan pekerjaan.

lulus sma
Bisnis Mainan Anak

Jika anda belum beruntung mendapatkan pekerjaan seperti yang anda inginkan apa yang akan anda lakukan?pilih menganggur saja apalagi jika anda sudah kesana kemari.Menurut saya menganggur bukanlah pilihan yang tepat karena justru akan membuat anda semakin tidak produktif.Ada 5 hal yang bisa anda lakukan selama belum mendapatkan pekerjaan dan saya yakin jika anda melakukannya anda bisa tetap produktif walaupun belum bekerja dan waktu luang anda tidak terbuang sia-sia.Berikut ini ulasan selengkapnya

1.Mengikuti Pelatihan/Kursus

Untuk menambah skill anda bisa mengikuti pelatihan atau kursus seperti desain grafis,teknisi,montir,wirausaha,bahasa Inggris.Jika anda memiliki keahlian,peluang usaha akan semakin terbuka lebar meskipun anda belum mendapatkan pekerjaan.Alangkah baiknya jika anda akan mengikuti pelatihan/kursus sesuaikan dengan bakat dan minat agar lebih mudah mengikutinya jangan cuma ikut-ikutan teman.
Baca juga : Cara Belajar Elektronika Secara Cepat

2.Magang Kerja

Jika anda memiliki keahlian tertentu seperti otomotif,elektronika,desain grafis tidak ada salahnya untuk magang kerja ketempat-tempat usaha yang membutuhkan keahlian anda contohnya Bengkel motor,reparasi elektornika,percetakan.Tidak masalah jika anda tidak dianggagap karyawan atau istilahnya hanya bantu-bantu karena setidaknya anda mendapatkan pengalaman yang bisa anda gunakan untuk merintis usaha sendiri atau bekerja ditempat lain.

3.Usaha Sendiri

Banyak peluang usaha yang bisa anda lakukan meskipun anda hanya lulusan SMA karena untuk merintis usaha sendiri tidak memerlukan pendidikan yang tinggi yang penting ulet dan sabar anda bisa meraih kesuksesan.Amati lingkuangan disekitar anda usaha mana yang paling cocok untuk anda rintis misalnya rumah anda dekat dengan sekolah anda bisa berjualan makana ringan seperti cimol,cireng,cilor,batagor,es teh atau jika rumah anda berada diperumahan pada penduduk anda bisa berjulan roti keliling dan lain-lainnya.
Baca juga : Peluang Usaha Paling Cocok Buat Lulusan SMA

4.Menekuni Hobi

Jika anda memiliki hobi yang bisa mendatangkan uang kenapa anda tidak menekuninya misalnya anda jago masak,jago desain grafis,jago desain rumah,kerajinan tangan,menanam bunga,memelihara hewan.Jika anda mampu menghasilkan produk unik dari hobi anda misalnya jajanan unik peluang untuk menjadi bisnis akan semakin besar dan biasanya bisnis yang didasari hobi akan lebih bersemangat menekuninya jadi jangan remehkan hobi anda.

5.Belajar ngeblog

Jika anda memiliki seperangkat komputer dan koneksi internet kenapa anda tidak mencoba ngeblog? itu lebih bermanfaat dari pada waktu anda cuma dihabiskan untuk facebookan atau kegiatan lain yang kurang bermanfaat.Blog sendiri merupakan aplikasi web berbentuk artikel yang dmuat dihalaman web.

Perlu anda ketahui jika anda sudah menguasai blog peluang untuk menekuni bisnis online sangat terbuka lebar misalnya google adsense,afiliasi sampai toko online.Untuk menguasai ilmu blog membutuhkan waktu yang  tidak sebentar makanya jika sedini mungkin anda sudah belajar ngeblog peluang sukses dibisnis online semakin besar.
Baca juga : Blog Pintu Gerbang Menuju Bisnis Online

Demikianlah informasi seputarLulus SMA Tak Kunjung Kerja Lakukan 5 Hal Ini Semoga bermanfaat untuk anda terutama yang sampai detik ini belum mendapatkan pekerjaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar