Tutorial, Review, Tips&Trik

Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress?

Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress?-Saya baru pertama kali ngeblog sebaiknya pakai blogspot atau wordpress? pertanyaan semacam ini sering ditanyakan oleh orang yang baru akan terjun ke dunia blogging.Meskipun keduanya fungsinya sama yaitu sebagai mesin blog dimana nantinya anda akan mengisi blog yang sudah anda buat dengan artikel namun secara teknis ada perbedaan yang mendasar.

Blogspot

Meskipun sebenarnya ada mesin blog lainnya seperti Live journal,Weebly,Tumblr,Webs dan lain-lain namun yang paling populer adalah mesin blog blogspot dan wordpress.org.Menurut pendapat saya berdasarkan pengalaman selama 4 tahun ngeblog mesin blog terbaik untuk pemula adalah blogspot berikut alasannya:


  • Blogspot gratis cukup dengan bermodalkan akun gmail anda sudah bisa membuat blog.
  • Caranya cukup mudah meskipun anda baru pertama kali membuat blog.Anda cukup mengunjungi blogger.com Buat blog tentukan url,judul blog serta templatenya dalam beberapa menit anda sudah bisa memiliki blog.
  • Cara posting artikelnya cukup mudah
  • Anda bisa bebas memilih desain blog(template) sesuka anda dan cukup mudah untuk menggantinya selain itu templatenya banyak pilihan dari yang gratis sampai yang berbayar..
  • Bisa dimonetisasi dengan PPC seperti google adsense dan sejenisnya
  • Jika ingin tampil lebih profesional bisa menggunakan domain berbayar(Custom domain)
  • Jika sudah menggunakan domain berbayar bisa migrasi ke Wordpress.org dengan mudah


Dengan menggunakan blogspot anda bebas bereksperimen dan berlatih mulai dari melatih skill menulis,Belajar SEO dan belajar html atau desain blog tanpa dipusingkan biaya karena semuanya serba gratis bahkan anda bisa membuat blog sebanyak-banyaknya untuk berlatih misalnya membuat blog niche atau gado-gado jika hasilnya kurang bagus anda bisa menghapusnya kapan saja dan jika blognya ramai anda tidak dipusingkan dengan Diskspace atau bandwidth.
Baca juga : Perbedaan Posting Blogger dan Wordpress

Meskiopun blogspot memiliki kelebihan-kelebihan namnun tetap saja memiliki kelemahan diantaranya anda tidak memiliki kontrol yang penuh dalam artian anda harus memenuhi TOS yang sudah ditentukan oleh google misalnya tidak boleh melanggar hak cipta,AGC,pengalihan trafik,konten yang dilarang dan lain-lain.Jika anda melanggar,blog anda berpotensi akan dihapus oleh google.

Jika anda sudah mahir ngeblog dan blog anda akan digunakan untuk mencari uang dari blog sangat disarankan untuk menggunakan domain berbayar meskipun hostingnya masih di blogger.Hal ini untuk keamanan dan antisipasi jika blog dihapus google asalkan anda memiliki back upnya anda bisa segera memulihkannya berbeda jika anda menggunakan domain gratisan dengan embel-embel blogspot.com dibelakangnya jika sudah terhapus berarti sudah tamat riwayatnya.

Bagaimana dengan Wordpress.org( Self hosting)?

Mesin blog wordpress banyak digunakan oleh blogger dunia karena memang memiliki banyak kelebihan diantaranya anda benar-benar menguasai sepenuhnya blog anda sendiri dan bebas mengoptimalkan untuk kebutuhan anda.Sayangnya mesin blog ini tidak gratis anda harus merogoh kocek untuk membeli domain dan hosting jika akan membuat blog dengan mesin wordpress dan dari sisi teknis wordpress lebih komplek sehingga kurang cocok untuk pemula.

Melihat kelebihan-kelebihan yang ada pada mesin wordpress dan faktanya banyak blogger lokal dan luar negeri yang menggunakan wordpress,saya pribadi saat ini sedang mendalami wordpress tentu saja dengan cara membangun blog dengan mesin wordpress meskipun serba bayar karena saya yakin dengan menguasai wordpress akan banyak manfaat yang akan saya dapatkan.

Demikianlah informasi seputar Mesin Blog Terbaik Pemula,Blogspot atau Wordpress? berdasarkan pengalaman saya selama ngeblog mudah-mudahan bisa membantu anda dalam memilih mesin blog yang tepat blogspot atau wordpress.

38 comments:

  1. Blogspot atau-pun Wordpress.org sebenarnya sama-sama bagus ya Mas...
    Tinggal tergantung pemakainya saja, mana yang lebih familiar...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat banget dengan juragan Dedy, ...
      Jika ingin ternak blog kayaknya lebih familiar Blogspot

      Alasannya kurang lebih sama dengan ulasan mas Dwi di atas

      Dalam konteks seperti ini, saya cenderung hobi pakai blogspot karena dari segi penggunaan lebih enak dan murah.

      Biaya 1 tahun untuk sewa WP bisa untuk ternak blog di Blogger dengan domain TLD minimalnya 3 blog.

      Delete
    2. Ya mas Dedy bagi pemula yang utama melatih kemampuan menulis terlebih dulu.@Syamsu memang blogspot enak buat ternak blog

      Delete
    3. Yoi mas, maaf ini dikit di luar topik tentang blogspot,,,mohon keiklasannya mas,,,saya telah membuat artikel terkait Blog Media Kompilasi di Infocarabisnis.

      Delete
    4. Silahkan mas makasih sudah mereview blog ini semoga blog infocara bisnis makin maju

      Delete
    5. Aamiin. Makasih banget mas atas izinnya

      Delete
    6. tapi alangkah baiknya saya coba dua - duanya mana yang pas dikantong.... eh, mudah penggunaannya

      Delete
    7. menurut saya mah, apa apa ge, tergantung niat dan kebiasaan juga sih mang

      Delete
    8. tapi menurut saya mah Mang... yang mana yang menghasilkan uang itu yang langsung dikerjakan dan ditekuni :)

      Delete
    9. Lebih baik kalau penghasilan belum stabil menggunakan blogspot dulu dengan custom domain tentunya.

      Setelah penghasilan kita memungkinkan baru deh beli hosting.

      Delete
  2. Blogspot sepertinya lebih familiar ya mas ketimbang wordpress, saya pernah nyoba WP namun kurang begitu lancar saat mau posting artikel, jadi sementara ini blm saya teruskan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi posting blogspot memang lebih praktis tapi kalau sudah terbiasa wordpress nyaman juga sebenarnya bahkan ada fitur yang tidak dimiliki blogspot.Kapan kapan bsia diperdalam lagi wp nya mas minimal dasar dasarnya jika suatu saat terjun ke wp sudah familiar

      Delete
    2. baik mas, terimakasih masukannya :)

      Delete
  3. Saya setuju dengan mas Akas,Blogspot ataupun Wordpress sama bagusnya. Kan tidak mungkin ada blogger yang bermigrasi ke Wordpress tanpa alasan. Memang pada dasarnya masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemula blogspot sangat cocok namun jika sudah menguasai tidak ada salahnya mendalami WP

      Delete
    2. Saya sukanya sama Google mas Dwi, jadi saya pakai Blogspot. Mungkin kapan-kapan nyoba juga WP.

      Delete
    3. aku baru nyoba wp mas, ternyata ringan loadingnya :)

      Delete
    4. Ya jelas tinggal pasang plug in jadi wuuzz

      Delete
    5. betul mas, tapi aku masih meraba - raba belum tau bener tentang wp :)

      Delete
  4. iya mending dua - duanya mas .. blogspot punya terus wp.org juga punya ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya memang begitu kang harus serba bisa lah kalau mau sukses ngeblog

      Delete
    2. tapi jangan mikirin sukses dulu, yang penting mah berhasil ... itu juga bikin seneng... apalagi bisa menghasilkan uang :)

      Delete
  5. Saya sebagai blogger pemula setuju dengan Blogspot karena saya pun sekarang ini memakai Blogspot :) hanya bermodalkan Gmail .hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogspot memang cocok bagi pemula tapi jika sudah mahir pelajari juga WP

      Delete
  6. untuk saat ini aku juga masih pakai blogspot dulu mas,,
    kalau di WP masih gak ngatasi untuk biaya maintenance-nya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas kembangin saja yang ada dulu sambil kumpulin modal buat bangun Blog WP

      Delete
  7. Saya pribadi lebih milih blogspot kayaknya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana saja boleh yang penting intinya ngeblog yaitu menulis dan menulis

      Delete
  8. Memang bagus sih mas kalau wodpres dan blogspot dan juag punya kelebihan dan kekurangannya masing masing dan dari situlah kita bisa menilai mana yang bagus dan mana yang tidak, tapi kalau menurut saya mah mending ke blog walaupun sebenarnya pengen wodpres juga pokoknya bingung deh mas kalau suruh milih antara wodpres atau blogspot. Dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa wodpres dan blogspot memiliki kelebihan yang akan meningkatkan daya tarik seseorang untuk menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih saja yang paling sreg dihati mas biar enjoy ngeblognya

      Delete
  9. kelebihan blogspot memang gratisnya, tidak bayar hosting, tapi kalau buat pemula dan niat dalam dunia teknis blogging kayaknya setuju memulai dari wordpress lebih asik, karena banyak yang bisa di ulik2 nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok memang mas bagi yang suka oprak oprek blog

      Delete
  10. Blogspot dan wordpress memang punya kelebihan yang bisa diandalkan, tapi jangan sampai blog kita ga bisa berlanjut gara-gara ga bisa membayar tahun depannya.

    Banyak loh mas, entah blog wp maupun blogspot yang dijual oleh pemiliknya. Padahal kan sayang sebetulnya udah ia usahakan dari nol.

    Jadi saya pilih keduanya, tapi untuk saat ini dari blogspot dulu. Karena dana pembelian hosting unlimited belum ada jadi mengumpulkan dulu. tapi alhamdulillah blog adamsains udah diperpanjang tiga tahun ke depan jadi leluasa.

    Yang penting mah pengelolaannya. Betul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul mas blogger juga harus bijak jika memang biaya masih jadi kendala sebaiknya paling tidak satu dulu domain berbayar meski hostingnya gratis.Jujur saya juga karena mempertimbangkan biaya saya beli paket domain hosting yang termurah dulu dengan kalkulasi masih bisa ditutupi dari penghasilan blog yagn lainnya

      Delete
  11. kalo saya lebih familiar dengan blogspot mas, dan sepertinya bagi seorang pemula lebih mudah menggunakan blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogspot juga bagus kok mas asal artikelnya bermanfaat bisa juga tinggi trafiknya

      Delete
  12. Saya pernah nyoba bikin blog di WordPress, tapi menurut saya lebih rumit daripada blogspot. Karena saya belum terbiasa aja kali ya, akhirnya blognya terbengkalai entah kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum terbiasa kali mas,Untungnya yang gratisan kalau pake hosting berbayar rugi banget

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB