Tutorial, Review, Tips&Trik

Mudik Tanpa Sholat Idul Fitri Dikampung Kurang Lengkap

Mudik Tanpa Sholat Idul Fitri Dikampung Kurang Lengkap-Pernahkah anda bertanya-tanya kenapa orang-orang sampai rela bersusah payah agar bisa mudik sebelum lebaran tiba? Salah satunya menurut saya karena ingin melaksanakan sholat Idul fitri dikampung karena mudik lebaran kurang lengkap tanpa melaksanakan sholat Idul fitri.Mudik lebaran acara puncaknya ya sholat Idul fitri disusul dengan sungkeman ke kedua orang tua,berziarah ke makam leluhur,besilaturahmi dengan famili atau tetangga dan yang paling unik dan ditunggu anak-anak adalah memberikan uang angpau.

Sholat idul fitri
Suasana sholat idul fitri

Dan umumnya tradisi tersebut berlangsung dihari pertama lebaran kecuali silaturahmi bisa keesokan harinya,Itulah mengapa para pemudik mengejar waktu sebelum lebaran pokoknya sampai dirumah masih sempat sholat Idul fitri.Namanya juga sudah tradisi meskipun sebenarnya sholat Idul fitiri tidak harus dikampung bisa juga diperantauan dan baru mudik setelah lebaran tapi rasanya kurang lengkap kalau mudik lebaran tidak melakukan tradisi tersebut.
Baca juga : Cerita Lucu Ketinggalan Sholat Idul Fitri

Tak heran dinegeri kita ini menjelang hari H lebaran lalu lintas mengalami kepadatan atau arus puncak bahkan terkadamg sampai macet panjang.Namun nyatanya tak menyurutkan keinginan para pemudik meskipun sudah tahu resikonya macet dijalan.Tak sedikit para pemudik yang memilih memesan tiket jauh jauh hari sebelum lebaran misalnya kereta api begitu pula dengan armada mudik bus menurut pengalaman saya ada PO Bus tertentu yang bisa pesan tiket untuk hari H sebelum lebaran.Bahkan ada pemudik yang memilih cara ekstrem yaitu mudik menggunakan sepeda motor baik yang riding sendiri atau mengajak anak dan istri.

Namun begitu tetap saja karena para peemudik memilih mudik beberapa hari sebelum lebaran karena memang bisanya libur kerja tanggalnya mendekati lebaran tiket untuk hari menjelang lebaran biasanya sudah habis terjual mau tidak mau menggunakan bus reguler dan tentu saja harus berebut tiket.Saya pernah merasakan bagaimana repotnya kalau mudik lebaran pas arus puncak untuk mendapatkan 1 tiket saja harus berjuang mati-matian.

Akibatnya tidak semua pemudik bisa pulang sebelum lebaran tak sedikit yang akhirnya memilih pulang setelah lebaran khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki  anak kecil.Makanya beruntung sekali jika anda bisa mudik dan merasakan sholat Idul fitri dan tradisi lainnya walaupun anda harus bersusah payah semua itu akan terbayar dengan rasa bahagia menyambut hari kemenangan.
Baca juga : Pengalaman Ketiduran Saat Mudik Lebaran

Bagi anda yang akan mudik lebaran tahun ini selalu hati-hati dijalan terutama yang mudik menggunakan motor jangan lupa selalu berdoa agar selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT sehingga selamat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapaun.

2 comments:

  1. persisnya memang demikian, jika mudik yang diniatkan bisa sholat ied di kampung bersama keluarga dan temen-temen kecil, malah masih berkutat dengan kemacetan, tapi sisi dan hikmahnya tetep ajah asiek bisa mudik lebaran walau nggak afdol ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh pernah juga toh kang malam takbiran tapi masih dijalan.

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB