Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengalaman Sahur Tidak Makan Nasi Tetap Kuat

Pengalaman Sahur Tidak Makan Nasi Tetap Kuat-Makan sahur dibulan Ramadhan merupakan tuntunan oleh karena itu sebaiknya diamalkan.Namun terkadang karena sesuatu hal acara makan sahur tidak bisa dilakukan seperti biasanya misalnya bangun sudah mepet imsak sehingga serba buru-buru atau bisa karena kejadian yang tak terduga seperti yang baru saya alami saat sahur dihari ke-2.

Makan Sahur
Biskuit gandum

Kejadiannya sungguh diluar dugaan seperti biasanya saya kalau makan sahur selalu mepet waktu imsak sekitar 5 -10 menit sebelum imsak.Waktu itu saya bangun jam 4 kurang 15 menit dan sudah menjadi kebiasaan saya tidak langsung makan nasi tapi ngemil kurma dan biskuit gandum dulu sambil nyruput minuman sereal dan nonton acara TV.

Begitu petugas masjid mengumumkan waktu imsak akan jatuh sebentar lagi barulah saya bergegas menuju dapur untuk mengambil nasi di magicjar.Alangkah terkejutnya saya ternyata nasinya sudah basi padahal waktu buka puasa masih bagus nasinya dan dalam keadaan on.Sempat bimbang juga mau makan sahur pakai nasi atau tidak sebab kalau mau berarti saya harus keluar rumah mencari rumah makan dan istri saya juga menganjurkan supaya beli saja kerumah makan tapi saya malas takutnya tidak buka.

Akhirnya saya memutuskan untuk makan sahur pakai biskuit dan kurma kebetulan saya selalu siap biskuit gandum dan kurma.Saya beranggapan makan sahur tidak harus makan nasi bisa diganti dengan makanan lain yang terpenting mengandung karbohidrat dan protein.

Dari beberapa referensi yang saya baca ternyata gandum utuh mengandung karbohidrat komplek yang sangat bagus untuk makan sahur karena karbohidrat komplek yang terdapat pada nasi beras merah,roti gandum,gandum utuh,biji-bijian,buah dan sayuran mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama karena karbohidrat jenis ini lebih lama dicerna dalam lambung sehingga menghasilkan cadangan energi lebih lama.

Dan biskuit yang saya makan terbuat dari gandum utuh ditambah lagi kurma juga mengandung karbohiodrat,protein,lemak tumbuhan,vitamin,mineral serta serat belum lagi minuman serealnya yang terbuat dari gandum juga jadi saya rasa cukuplah kandungan Gizi dari biskuit gandum dan kurma yang saya makan untuk memenuhi kebutuhan gizi khususnya energi selama menjalankan ibadah puasa.Dan Alhamdulillah dari Subuh hingga Maghrib saya bisa beraktivitas seperti biasanya walaupun tidak bugar seperti biasanya tapi setidaknya masih kuat menjalankan ibadah puasa.
Baca juga : Keutamaan Menjamu Makan Orang yang Berpuasa

Demikianlah pengalaman saya sahur tidak makan nasi tapi tetap kuat mudah-mudahan bermanfaat untuk anda agar selalu mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara makan sahur jangan sampai acara makan sahurnya terganggu seperti saya.

10 comments:

  1. dirumah sendirian ya mas... nggak sama istri atau ibu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Istri mas cuma lagi repot krn harus ngurus baby yg kadang rewel

      Delete
  2. Wah... keren mas kuat sampai buka puasa lagi, mungkin karena kandungan buah kurma dan biskuit itu yah, banyak mengandung protein, sama seperti nasi...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kuat dong mas kan sudah niat dan makan biskuit dan kurma yang tidak kalah sama nasi

      Delete
  3. Kasihan sekali mas ini.. tapi untunglah kuat sampai waktu buka :) lain kali jangan kesiangan lagi mas usahakan makan dan minum yang cukup agar stamina tetap terjaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kesiangan kok mas cuma pas mau makan eh nasinya basi jadi nggak makan nasi

      Delete
  4. Sebenarnya nasi dan roti, terigu, gandum itu mengandung karbohidrat, tapi kalo kita kan belum dibilang makan kalo nggak makan nasi. Dan Kurma juga bagus buat menambah power, karena mengandung karbohidrat serta gula yang baik buat tubuh. Ditambah sereal pula... Itu aja udah cukup, yang penting mah niat ya mas Dwi. Percuma juga meskipun udah makan nasi sebakul, tapi kalo ujung-ujungnya niat puasanya setengah hati, eh tau2 malah batal, hahahahahahahahaahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalau nggak makan nasi rasanya belum kenyang padahal sih asal keculkuopan gizinya terpenuhi ya sama saja makan nasi

      Delete
  5. Yang penting itu niatnya mas, kalau sudah niat meski misalkan cuma sahur dgn 3 biji kurma saja Insya Allah pasti akan kuat sampai bedug Maghrib :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau sudah niat puasa selapar apapun akan kuat tapi sebaiknya makan sahur meskipun dengan beberapa butir kurma dan seteguk air krn makan sahur itu berkah

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB