Tutorial, Review, Tips&Trik

Luar biasa! Tradisi Memberi Angpau Lebaran Tetap Lestari

Luar biasa! Tradisi Memberi Angpau Lebaran Tetap Lestari-Tradisi lebaran di Indonesia terbilang cukup unik,lihatlah ada tradisi mudik,ziarah kemakam,halal bihalal,silaturahmi keliling,makan ketupat atau memberi angpau.Tradisi tersebut secara turun temurun terus dilakukan  oleh umat muslim di Indonesia.

angpau lebaran
Angpau pakai uang baru
Dari sekian banyak tradisi menyambut Lebaran ada satu tradisi yang paling ditunggu anak-anak yaitu tradisi memberi angpau atau bisa juga disebut uang lebaran atau eidiyah.Tradisi ini hanya terjadi saat lebaran Idul fitri dimana angpau ini akan diberikan khusus kepada anak-anak ketika orang tua mereka bersilaturahmi kepada tetangga atau saudara yang jumlah uangnya tergantung pemberinya ada yang Rp.2000 sampai Rp.5000.Menariknya lagi biasanya uang yang diberikan nerupakan uang baru makanya jangan heran kalau menjelang ramadhan banyak jasa penukaran uang baru.
Baca juga : Awas! Jangan Nodai Puasa Anda dengan Riba

Wajar saja jika kemudian saat lebaran anak-anak bersemangat jika diajak bersilaturahmi ketetangga atau jika ada paman atau tantenya yang datang kerumah.Jika dihitung-hitung jumlahnya lumayan besar untuk ukuran anak-anak apalagi jika yang memberi angpau saudara niliainya biasanya lebih besar dibandingkan dengan yang diberikan tetangga contohnya keponakan saya jumlahnya bisa ratusan ribu.

Angpau ini umumnya digunakan untuk keperluan anak-anak seperti jajan atau membeli barang,orang tua juga tidak tega jika uang tersebut diminta pokoknya biarlah hari itu mereka bergembiara dengan uang tersebut.Paling-paling orang tua hanya mengarahkan untuk membeli sesuatu yang bermanfaat misalnya buku,tas atau keperluan sekolah lainnya.

Jika anda perhatikan sebenarnya memberi angpau merupakan bagian dari syariat islam yang dianjurkan.Angpau merupakan salah satu bentuk hadiah dan memberikan hadiah kepada tetangga memiliki keutamaan dalam islam karena akan menumbuhkan rasa saling mencintai dan menghilangkan kedengkian.
Baca juga : Sudahkah Anda Memberi Hadiah Kepada Tetanggamu Hari Ini?

Saya sendiri merasa takjub bagaimana tidak meskipun dihari-hari biasa saya jarang bertemu dengan tetangga karena rata-rata mereka kerja dipagi hari bahkan mungkin namanya saja saya tidak tahu namun ketika lebaran mereka dengan suka rela memberikan angpau kepada anak saya walaupun jumlahnya tidak seberapa

Namun agar pemberian angpau bernilai ibadah niatkanlah pemberian itu semata-mata untuk ibadah bukan karena hal lainnya misalnya ingin dipuji atau menunjukkan kekayaan.Ingatlah amal itu tergantung dari niatnya kalau niatanya untuk ibadah Insya Allah akan dicatat sebagai kebaikan.

Bagaimana dengan Anda sudahkah memberi Angpau kepada anak-anak tetangga atau saudara anda?

2 comments:

  1. dengan angpau kita para om-om, pakde, bude, kedatangan dan kehadiran kita ditungguin oleh para keponakan di kampung halaman...

    Met Lebaran, Mohon maaf lahir batin ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kang kadang datangnya rombongan...maaf lahir bahin juga saya kang

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB