--> Skip to main content

Masjid Tetap Penuh Meski Musim Mudik Lebaran

Masjid Tetap Penuh Meski Musim Mudik Lebaran-Memasuki hari ke-3 lebaran yang bertepatan dengan hari Jumat ada pemandangan yang cukup kontras diperumahan tempat saya tinggal dimana meskipun sebagian besar warga perumahan melakukan mudik lebaran sehingga perumahan nampak sepi namun nyatanya ketika sholat Jumat tiba ternyata Masjid tetap penuh jamaah bahkan meluber hingga teras masjid.

Sholat Jumat
Jamaah Sholat Jumat penuh meski musim mudik lebaran
Hal ini menunjukkan banyak juga warga perumahan yang memilih tidak mudik lebaran.Banyak alasan kenapa warga memilih tidak mudik misalnya saja tidak mau repot dijalan karena memiliki anak yang masih kecil,memilih mudik setelah lebaran atau tujuan mudik terlampau jauh sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tak sedikit jamaah sholat Jumat yang membawa anak-anak yang masih kecil seperti saya hal ini bisa terjadi karena memang pegawai atau karyawan sedang libur lebaran jika dihari biasa mereka sholat Jumat ditempat kerja,lain halnya jika libur mereka akan sholat Jumat dimasjid yang ada diperumahan.Itulah mengapa meskipun sebagian besar warga perumahan mudik namun jamaah sholat jumat tetap banyak seolah-olah seperti hari biasa.

Suasana Masjid yang tetap ramai jamaah meskpin sedang libur lebaran menjadikan ibadah tak berkurang kekhusuannya seperti hari-hari biasanya meskipun tidak bisa mudik lebaran.Fakta ini semakin menyadarkan kepada saya bahwa tradisi mudik tidak harus dipaksakan kalau memang tidak memungkinkan lebih baik tidak mudik dari pada nantinya repot dijalan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar