Tuesday, August 30, 2016

Gawat! Blog Wordpress Rawan Diretas Cracker

author photo
MEDIAKOMPILASI.com-Membangun sebuah blog bermesin wordpress self hosting(WP org) memiliki banyak keuntungan diantaranya memiliki kontrol yang penuh,mendukung plug in dan selalu diupdate.Wajar saja jika kemudian mesin WP.org banyak digunakan oleh blogger dunia bahkan perusahaan pun ikut menggunakannya.

Blog wordpress

Saya pribadi tertarik untuk menggunakan mesin blog WP.org semata-mata karena faktor kontrolnya yang penuh sehingga saya tidak takut lagi blog saya dihapus sehingga lebih nyaman untuk mencari penghasilan dari blog dalam jangka panjang meskipun berbayar dan saya juga ingin menguasai WP.org dari sisi teknis karena sebagai blogger yang ingin maju saya dituntut untuk bisa menguasai semua mesin blog.
Baca juga : Membeli Paket Domain hosting baru itulah pilihan saya

Namun dibalik semua kelebihan WP.org nyatanya masih ada kekuarangannya terutama dari sisi keamanannya.Menurut informasi yang saya baca secara default keamanan WP.org kurang aman pengguna perlu melakukan tindakan tertentu agar bebas dari serangan cracker.Cracker adalah pihak yang masuk kesistem orang lain secara sengaja untuk melawan sistem keamanan,mencuri data,bahkan menghapus data.

Sebagai pengguna baru terus terang saya tidak terlalu memperhatikan sisi keamanan(Security) karena nggak mudeng urusan teknisnya saya hanya menambahkan plug in yang kabarnya bisa mengantisipasi celah keamanan tersebut yaitu dengan menggunakan plug in Wordfence Security yang berfungsi sebagai anti virus,firewall dan High speed cache.Saya memilih plug in ini berdasarkan referensi sahabat blogger yang menggunakan WP.org.

Sejak membangun blog Infopojok.com yang bermesin Wp.org 8 bulan yang lalu saya tidak terlalu memperhatikan sisi keamanannya dalam hati saya masa iya blog sederhana yang artikelnya masih sedikit mau diretas oleh cracker? Namun anggapan seperti itu sepertinya harus saya hilangkan mengingat beberapa waktu yang lalu ketika membuka dashboard WP.org saya mendapatkan laporan dari Wordfence security mengunakan bahasa Inggris yang intinya kurang lebih ada pihak tertentu yang mencoba meretas blog infopojok.com Nah loh !.

Ada sekitar 3 user ilegal (cracker) yang sering mencoba log in ke blog infopojok.com(lihat gambar) bahkan berkali-kali sehingga menjadi top failed log ini,Aneh! Ternyata ada yang suka iseng.Untungnya saya dari awal memang menggunakan user admin dan password yang susah ditebak misalnya saja usernya saya tidak menggunakan nama user default WP yaitu admin atau menggunakan nama blog seperti infopojok.

Dengan kejadian ini sepertinya saya harus mulai hati-hati dan selalu menjaga keamanan blog saya jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi sehingga menyesal dikemudian hari.Bagaimana dengan anda cara apa yang anda lakukan agar blog anda aman dari retasan cracker? Monggo dishare!

This post have 8 komentar

avatar
Syamsu delete August 30, 2016 at 2:07 AM

Jadi, baik ngeblog pakai platform blogger maupun wordpres dan/atau lainnya ternyata kita harus tetap waspada ya mas?

Ahaa, blog wordpressku sampai saat ini belum bisa terawat dengan baik mas, karena masih sibuk ngurusi ternak blog di blogger

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete August 30, 2016 at 7:07 AM

Iya mas terlebih platform open source seperti WP .org.Waduuh sayang dong mas ntar ada sarang laba labanya blognya he he he

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete August 30, 2016 at 8:34 AM

iseng banget ya tuh orang kang, kita harus berhati-hati lagi nih kang.. jangan buat password yang mudah di tebak dong kalau gtu mh mending yang sulit dan panjang aja asal kita ingat :-)

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete August 30, 2016 at 3:37 PM

saya pernah mengunjungi blog wordpress yg telah di retas. hasilnya muncul iklan tiba-tiba di blognya yg diretas secara bertubi-tubi.

kasihan yg punya blog. dia yg bikin blog. tapi iklannya terganti milik orang lain.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete August 31, 2016 at 8:12 AM

Demi keamanan memang sebaiknya yang panjang jadi nggak mudah ditebak oleh orang iseng

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete August 31, 2016 at 8:14 AM

Nah itu repotnya kalau bisa diretas masih untung gak diambil alih

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete August 31, 2016 at 9:03 AM

Tapi kita harus ingat juga ya kang, biar gak lupa kata sandi :) kalau bisa padukan antara Nomor dan huruf biar tambah aman :)

Reply
avatar
Kang Jay delete August 31, 2016 at 8:28 PM

waw, sampai sebegitunya..blogspot juga kalau tidak hati-hati sama saja mas.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement