--> Skip to main content

Banyak Lahan Kosong diPerumahan? Tanam Pohon Pisang Saja!

MEDIAKOMPILASI.COM-Diperumahan-perumahan besar dimana areanya cukup luas tidak selalu seluruh unit rumah langsung terjual,tidak jarang yang dibiarkan kosong baik yang berupa tanah kavling atau tanah hook(Pojok).Pemandangan lahan kosong banyak saya jumpai diperumhan Mega Regency Cikarang Bekasi.Umumnya Lahan kosong tersebut dibiarkan begitu saja oleh pengembang kadang ada juga pemilik rumah hook yang tidak menempati rumahnya sehingga lahan kosongnya banyak ditumbuhi rumput liar.
Baca juga : Rasa Kebersamaan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha
Pohon Pisang
Pisang siap panen
pohon pisang
Kebun pisang ditanah hook
Padahal sebenarnya lahan-lahan kosong itu bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon pisang sehingga kesannya tidak kumuh atau Rungsep(Bhs.Jawa).Pohon pisang termasuk tanaman yang mudah tumbuhnya terbukti diperumahan saya ada warga yang menanam pohon pisang bisa berbuah dengan baik meski tanpa perawatan yang memadai seperti layaknya petani pohon pisang.Warga tersebut awalnya hanya menanam beberapa biji pohon pisang tapi lama lama menjadi banyak dan perawatannya paling-paling dengan penyiangan atau membersihkan rumput-rumput disekitar pohon pisang.

Apalagi  tanaman pisang tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk berbuah yaitu sekitar 1 tahun.Untuk menghasilkan buah pisang yang bagus memerlukan beberapa perawatan diantaranya pemupukan 2-3 bulan sekali, penyiraman setiap hari agar tanahnya subur,penyiangan(membersihkan rumput liar disekitar tanaman),pemangkasan daun pisang yang kering.

Banyak jenis pohon pisang yang bisa anda tanam seperti Pisang raja,badak,kapas,lampung,ambon,tanduk,nangka,kapok,mas,raja sereh atau batu/klutuk.Pohon pisang memiliki nilai ekonomis yang bisa diambil dari buah atau daunnya.Jika anda menginginkan daunnya untuk dijual sebagai pembungkus kue tradisional sepeti kue pisang,lontong anda bisa menanan pohon pisang batu/klutuk karena daunnya lebih lebar namun jika ingin memanfaatkan buahnya anda bisa menanam pisang ambon,lampung ,mas atau lainnya.

Kegiatan menanam pohon pisang dilahan kosong bisa dilakukan saat anda memiliki waktu luang misalnya hari libur.Bagi anda yang menyukai bercocok tanam kegiatan berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan walaupun hanya menanam pisang dan tentu saja sebelum menaman pohon pisang sebaiknya izin dulu kepengembang atau kepemilik rumah.

Semakin banyak lahan kosong diperumahan yang ditanami pohon  membuat  suasana perumahan lebih hijau dan rapi dari pada hanya ditumbuhi rumput liar atau pohon yang tidak bernilai ekonomis selain tidak enak dipandang bisa juga menjadi sarang nyamuk atau hewan yang berbahaya seperti ular.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar