Monday, September 19, 2016

Cara Mengatasi Speaker Mati Sebelah pada Speaker Aktif

author photo
Cara Mengatasi Speaker Mati Sebelah pada Speaker Aktif-Halo Pengunjung Setia Blog Mediakompilasi.com…Menikmati musik dari Flashdisk atau Komputer menggunakan speaker aktif akan terasa mantap apalagi jika speaker aktifnya kuat bertenaga makin oke.Tapi apa jadinya jika suara yang mantap tersebut tiba-tiba spekernya mati sebelah? Tentunya Tidak enak dikuping bukan?

Speaker mati sebelah
Konektor bisa saja longgar
Seperti yang menimpa sahabat saya Mang Lembu yang mengeluhkan Speaker aktifnya mati sebelah melalui komentar diartikel yang membahas speaker aktif begini keluhannya,”Speaker Aktif saya Dapat Kreditan malah mati speaker yang sebelahnya Gimana kalo gituh coba mang?”.Sebagai sahabat yang baik saya berusaha membantu sebisanya.Idealnya untuk mengetahui bagian mana yang rusak harus membongkar langsung namun tidak ada salahnya saya memberikan prediksi atau solusi secara tertulis(teori) siapa tahu bisa membantu.
Baca juga : 5 Bagian Penting speaker Aktif Beserta kegunaannya

Beberapa Langkah untuk mengatasi Speaker mati sebelah pada speaker Aktif

1.Hidupkan speaker aktif dengarkan baik-baik pada bagian speaker yang diduga tidak ada suaranya apakah ada suara desis dari speaker tersebut? Jika ada menandakan bagian power masih bekerja dengan baik.

2.Jika speaker tidak berdesis sama sekali tapi speaker yang lainnya (Kanan/Kiri) berdesis ada beberapa kemungkinan  Pertama koneksi (kabel) dari output amplifier terputus,Cek kondisi kabelnya Kedua Fuse(Sekering) speaker putus(Jika menggunakan fuse) Ketiga Loudspeaker Rusak.Untuk Mengetahui Bagus atau tidaknya loudspeaker bisa menggunakan alat multitester.Keempat catu daya tidak bekerja dengan baik kelima Power amplifier rusak terutama pada bagian penguat akhir(Final).
Baca juga : 3 Jenis kerusakan Pada Speaker Aktif dan Cara mengatasinya 

3.Jika speaker berdesis tapi tidak ada suaranya ketika memutar musik ada beberapa kemungkinan Pertama tone control rusak terutama pada bagian pengatur balance(potensio) jika rusak ganti yang baru Kedua bagian selector untuk memilih sumber audio rusak Ketiga  Kabel penghubung RCA atau Jack rusak periksa putus atau tidaknya degnan multimeter atau bisa juga ditukar dulu yang tadinya kabel RCA dimasukkan ke terminal bagian kanan(R) ditukar untuk bagian kiri (L).

4.Cek file musiknya terutama jika file musiknya hasil dari download dan jenisnya karaoke karena biasanya salah satu kanal tidak ada suaranya.Coba putar kaset Dvd,Vcd atau mp3 jika tetap speaker tidak ada suaranya berarti masalahanya bukan dari file audionya.

Demikanlah informasi seputar Cara mengatasi Speaker Mati sebelah pada speaker aktif semoga bisa membantu anda dalam memperbaiki sendiri kerusakannya.Selamat mencoba!

This post have 18 komentar

avatar
Effendi Nurdiaman delete September 19, 2016 at 1:02 PM

Jadi bisa juga karena jenis File nya ya mas ? kalau begitu pantas saja punya saya disini ada yang hidup sebelah padahal pas udah di cek semua udah oke

Reply
avatar
Defi Purnama delete September 19, 2016 at 5:25 PM

Benar sekali mas, kalau speaker cuma hidup sebelah memang nggak enak di kuping. Oh ya, makasih buat tutorial cara mengatasi speaker aktif sebelah di atas, ini sangat bermanfaat bagi yang belum tahu bagaimana cara mengatasinya

Reply
avatar
Maman Achman delete September 19, 2016 at 5:48 PM

Emang cukup mengganggu kalau speaker aktif mati sebelah, suaranya jadi gak asyik.... perlu multitester dan sedikit keberanian untuk mengeceknya ya, mas..

Reply
avatar
Achmad Fazri delete September 20, 2016 at 3:28 AM

Saya pernah beli speaker nyalanya cuma sebelah, Saya coba balik ke tokonya. ngga taunya cuma salah pasang kabel Jacknya aja. saya jadi malu. bener tipsnya mas.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete September 20, 2016 at 7:46 AM

Bisa mas makanya yang penting ada desis berarti kemungkinan speakernya masih bagus

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete September 20, 2016 at 7:48 AM

Rasanya gimana gitu kalau bunyi sebelah nggak nyaman deh

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete September 20, 2016 at 7:49 AM

Sebenarnya kalau ngecek sepaker nggak susah asal ada alatnya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete September 20, 2016 at 7:50 AM

wah jadi pengalaman deh mas gara gara kabel doang

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete September 20, 2016 at 2:40 PM

Kalau yang pernah saya temukan karena permasalahan kabelnya misalnya karena terlipat, ada yang bekas sambungan, dan lainnya. Umumnya saya suka mengganti kabel sambungannya karena udah lama juga sih.

Makasih ilmunya.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete September 21, 2016 at 7:06 AM

Bisa juga karena kabel konektornya yang putus atau longgar

Reply
avatar
zelza grafika delete November 9, 2016 at 8:27 AM

speker aktif politon tiba tiba gak bunyi awalna ada suara kemresek dan sekarang juga bunyi kresek kresek gemana bro ngatasinya.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 9, 2016 at 10:59 AM

Kalau ada suara kresek kresek brarti ampli masih bagus coba diputar volume kalau suaranya membesar brarti potensio masih bagus kalo tdk potensio rusak/kotor

Reply
avatar
Unknown delete November 12, 2016 at 11:13 AM

Sya juga sperti itu mas, kira2 bagian yng rusak dimnanya y

Reply
avatar
said delete November 29, 2016 at 7:45 PM

saya punya speker aktif di rmh tapi speker satunya ngga bunyi solusinya gimn gan?

Reply
avatar
said delete November 29, 2016 at 7:48 PM

bagaimna mengatasi speker aktif yg ngga bunyi sebelah

Reply
avatar
Fariz Core 2 delete April 8, 2017 at 2:48 PM

Mas mau tanya saya punya speaker aktif kanan kiri,tapi speaker yang satunya suaranya keluar tapi kecil gk normal gitu gak kayak speker yg satunya. Trus kira2 itu apa penyebab. Mohon sarannya???

Reply
avatar
Unknown delete August 18, 2017 at 10:16 PM

Kalo speaker kirinya suaranya ada tapi kecil dan gak ada bunyi bass nya itu apaan yg rusak ya min?? Mohon pencerahan dari suhu2 semua...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete August 20, 2017 at 5:58 AM

Coba periksa Speaker Woofernya atau cek potensionya

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement