Tutorial, Review, Tips&Trik

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog Wordpress

MEDIAKOMPILASI.com-Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog Wordpress Self Hosting,Salah satu strategi untuk meningkatkan trafik blog adalah strategi Arsip.Setiap blog yang memiliki jumlah artikel yang banyak otomatis yang tampil dihalaman awal hanya 5-10 artikel terbaru oleh krena itu sangat disayangkan jika pengunjung blog anda hanya membaca 1 atau 2 artikel saja makanya dibutuhkan strategi arsip dimana dengan cara ini pengunjung bisa menjelajahi isi blog anda dengan bebas.

Secara default blogger atau wordpress telah menyediakan fitur arsip namun menurut saya kurang menark dan kurang cepat aksesnya karena pengunjung harus megklik bulannya atau tahunnya.Saya sendiri ketika megunjungi sebuah blog jarang sekali mencari artikel melaui arsip blog,saya lebih memilih menjelajahi isi blog melalui daftar isi atau sitemap.Dengan cara tersebut saya bisa dengan mudah mencari judul artikel yang saya butuhkan atau menarik untuk dikunjungi.

Jika di blogger untuk membuat halaman daftar isi cukup mudah tinggal copas kode tertentu kehalaman baru kemudian publikasikan jadi deh halaman daftar isi.Tapi bagaimana jika saya mengunakan mesin blog wordpress self hosting? kebetulan saya sendiri sedang membangun sebuah blog wordpress self hosting jadi saya perlu tahu bagaiamana cara membuat halaman daftar isi.Tadinya saya belum tertarik untuk membuat halaman datar isi karena artikelnya masih sedikiti saya pikir tidak terlalu bermanfaat.

Tapi sekarang artikel diblog wordpress self hosting saya yang beralamat di infopojok.com sudah hampir 40 artikel jadi untuk meningkatkan trafik blog saya butuh yang namanya halaman daftar isi.Karena saya belum pernah membuat halaman daftar isi saya mencoba mencari caranya ke goolgle dan ketemu cara yang paling mudah yaitu menggunakan plug in.Setelah mencari-cari dan melihat ke blog sahabat yang menggunakan Wordpress akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan plug in Dagon Design Sitemap Generator dari dagondesign.com.Saya tertarik menggunakan plug in ini karena tampilan daftar isinya per kategori bukan per tanggal.
Baca juga : Gawat! Blog Wordpress Rawan Diretas Cracker

Berikut cara mudah membuat daftar isi blog wordpress:

1.Kunjungi situs resminya Disini
2.Downolad plug in sitemap-generator.zip  kalau saya pilih versi yang terbaru atau coba cari didirektori plug in diwordpress anda siapa tahu ada kalau saya tidak ada makanya download dulu..
3.Upload filenya ke direktori plug in melalui dashboard wordpress anda

Cara membuat daftar isi

4.Aktifkan plug in nya
5.Buat halaman baru judulnya misalnya "daftar isi"
6.Copy code berikut ini pada area postingan dalam mode text bukan visual
   <!-- ddsitemapgen --> 
7.Terbitkan halaman.Selesai silahkan cek halamannya.

Bagaimana mudah bukan cara membuat daftar isi blog wordpress per kategori dengan plug in? Anda tertarik untuk mencobanya? Selamat Mencoba.

6 comments:

  1. Blog wordpress punya saya terbengkalai mas, belum sempet nengokin lagi, gak tahu kenapa kurang begitu mood ngeblog di sana mah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget mas padahal enak loh pakai WP self host terutama dari sisi Seo karena ada plug in

      Delete
  2. Duh kalau wodpres punya saya mah sudah lama mas jarang diurus jadi kalau buka wodpres lagi jadi lupa deh.

    ReplyDelete
  3. hmm,, jadi pengen belajar wp nih, kebetulan dapat sponsor hosting dari jasa webhosting sebelah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buruan di bikin blognya mas sayang kan dah ada hostingnya

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB